Home Printer Penyebab Hasil Scan Miring dan Solusinya

Penyebab Hasil Scan Miring dan Solusinya

Hasil scan miring memang sering dialami oleh para pengguna scanner. Mesin scanner yang seharusnya dapat merubah kertas dokumen menjadi file namun kenyataannya hasilnya tidak sesuai yang diharapkan. Tentunya hal itu akan membuat pekerjaan kita menjadi terhambat.

Apalagi anda yang bekerja di perusahaan swasta maupun pemerintah tentunya sering menggunakan mesin scanner ini untuk membantu pekerjaan anda khususnya didalam memindai dokumen ke bentuk digital.

Selama ini kita kenal Jenis Scanner hanya untuk melakukan scanning saja, padahal pada saat ini ada juga scanner yang bergabung dengan mesin printer.

Faktor penyebab yang membuat hasil scan miring atau tidak pas ini tentunya berbeda dengan penyebab scanner tidak bisa scan yang pernah kita bahas sebelumnya. Jika anda penasaran dengan hasil scan miring, silahkan anda simak ulasan dibawah ini, agar anda bisa mengatasi hasil scan tidak pas atau miring.

Penyebab Hasil Scanner Miring Beserta Solusinya

Scanner memang suatu perangkat yang dapat membantu kita didalam melakukan pekerjaan akan tetapi bila mesin scanner tidak bisa memberikan hasil scan yang baik maka akan menghambat pekerjaan kita. Berikut ini merupakan faktor yang membuat hasil scan dari mesin scanner miring.

1. Salah Meletakan Dokumen Penyebab Hasil Scan Miring

Didalam menempatkan sebuah dokumen didalam melakukan scanning, memang hal yang utama yang mempengaruhi hasil scan. Apabila disaat anda meletakan dokumen yang ingin di scan tidak pas, maka kemungkinan besar hasil scan juga miring.

Mesin scanner pada umumnya memiliki ukuran kertas kecil yaitu A4, jadi jika anda ingin melakukan scanning dengan ukuran yang lebih besar, maka anda harus memegang dokumen tersebut agar dokumen yang ingin di scan tidak bergerak.

Jadi solusi untuk mengatasi hasil scan miring yang pertama ialah dengan anda meletakan dokumen di kaca scanner secara tepat dan jangan sampai bergerak. Karena jika dokumen bergerak sedikitpun disaat proses scan berjalan, maka hasil scan akan buram atau miring.

2. Terdapat Penghalang Saat Melakukan Scanning

Hal ini bisa terjadi bagi mesin scanner yang jarang digunakan untuk melakukan scanning. Pada umumnya mesin scanner yang tidak pernah dipakai akan terdapat sebuah debu kecil atau penghalang di bagian kaca scanner yang akan bikin hasil scan miring.

Selain dapat menyebabkan hasil scan miring, adanya penghalang di bagian kaca scanner juga bisa mengakibatan hasil scan bergaris lho.

Maka dari itu untuk memperbaiki hasil scan yang miring kedua ialah dengan membersihkan kaca scanner terlebih dahulu dan pastikan bahwa kaca scanner tidak ada penghalang dan bersih dari debu atau kerikil kecil.

3. Buru Buru Mengambil Dokumen disaat Proses Scanning

Penyebab ketiga dari hasil scan miring ialah karena anda terlalu cepat mengambil dokumen disaat proses scanning berlangsung. Hal ini sering dialami oleh kebanyakan penggunannya dengan alasan untuk mengejar waktu atau lain sebagainya.

Maka dari itu jika anda ingin mendapatkan hasil scan bagus dan tidak miring, maka anda jangan terlalu cepat mengambil dokumen, biarkan proses scanning selesai terlebih dahulu, hingga lampu mesin scanner padam.

4. Lampu Scanner Miring

Jika anda merasa bahwa kaca scanner bersih dan tidak ada penghalang atauoun anda sudah meletakan dokumen di posisi yang tepat di bagian kaca scanner. Maka langkah selanjutnya ialah dengan anda memeriksa pada bagian lampu scanner.

Silahkan anda pastikan jika lampu scanner dalam keadaan tegak lurus, bila lampu scanner dalam keadaan miring maka secara otomatis hasil scan juga miring.

Cara memperbaiki lampu scanner miring ini sama disaat kita menggatasi scanner macet. Jadi anda harus membokar mesin scanner bila ingin memperbaikinya.

5. Salah Setting Scanner

Salah melakukan setting scanner bukan hanya dapat membuat Printer tidak bisa scan namun juga bisa mengakibatkan hasil scan miring. Karena hal ini terjadi pada mesin yang memiliki tools seperti pada mesin printer epson L220 atau pada mesin foto copy.

Jadi cara mengatasi hasil scan miring pada hal ini, ialah dengan melalukan setting ulang pada scanner khususnya pada bagian resolusinya.

6. Salah Save Hasil Scan

Pemicu yang dapat mengakibatkan hasil scan miring ialah karena kita salah melakukan save hasil scan pada komputer. Memang disaat proses scanning selesai file tidak langsung tersimpan secara otomatis pada komputer/laptop.

Hal itu dikarena agar anda bisa melakuian preview terlebih dahulu mengenai hasil scan yang anda lakukan, jadi silahkan anda pastikan terlebih dahulu bahwa anda telah melakukan penyimpanan hasil scan secara benar. Karena dengan begitu maka anda bisa mengatasi hasil scan yang miring.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai penyebab hasil scan miring atau buram. Semoga setelah anda mengetahui penyebab ini anda dapat mengatasi hasil scan miring tersebut. Sekian dan trimakasih atas kunjungannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here