Home Printer Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Scan

Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Scan [TERLENGKAP]

Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Scan [TERLENGKAP]

LIPUTANTEKNOLOGI.COM – Pada saat ini perkembangan teknologi printer sangat pesat sekali. Jika dahulu printer digunakan hanya untuk mencetak dokumen, namun sekarang printer bisa digunakan untuk scanner. Hal itu dilakukan karena untuk menghemat biaya dan tempat. Dahulu mesin scanner dan printer terpisah, namun dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, mesin scanner dan printer bisa dilakukan dalam satu perangkat saja.

Seperti perangkat elektronik lainnya, kendala yang biasa terjadi dari printer ialah fungsi scanner yang tidak berfungsi. Apa sih yang menyebabkan hal itu terjadi dan bagaimana cara mengatasinya? Anda jangan terlalu kawatir dan buru-buru membawa ketempat service printer karena sebenarnya masalah ini tidak jauh berbeda dengan cara memperbaiki scanner tidak bisa scan atau dengan kata lain hampir sama dengan cara mengatasi scanner tidak terdeteksi, dan tentunya Anda bisa mengatasinya sendiri. Silahkan Anda perhatikan cara mengatasi printer tidak bisa scan yang bisa dilakukan oleh siapa saja.

1 Reset Printer

Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Scan

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk memperbaiki printer tidak bisa scan ialah dengan Anda mereset kembali printer. Perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  • Apabila printer belum menyala, maka silahkan anda tekan tombol power terlebih dahulu untuk menyalakan printer.
  • Setelah printer sudah menyala, silahkan Anda cabut kabel power dari sumber listrik.
  • Kemudian tunggu hingga 15 detik, setelah itu silahkan Anda colok kembali kabel power ke sumber listrik yang anda lepas tadi.
  • Apabila sudah dimasukan kembali ke sumber listrik maka secara otomatis printer akan menyala.
  • Jika printer belum bisa menyala otomatis, maka silahkan Anda tekan tombol power untuk menyalakannya.
  • Dan cobalah lakukan scanning kembali.

Apabila Anda sudah mengikuti cara pertama dengan benar, maka otomatis secara scanner di dalam printer dapat berjalan normal kembali.

Baca Juga: Cara Reset Printer Canon iP 2770 [MUDAH,CEPAT]

2 Instal Ulang Program Printer

Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Scan

Jika cara pertama untuk mengatasi printer tidak bisa scan yang sudah dijelaskan diatas tidak berhasil, maka silahkan Anda cobalah cara berikutnya, yaitu dengan menggunakan CD instal. Setiap printer tentunya memiliki CD instal masing-masing pada saat awal instalasi. Nah, dari sini Anda akan mencoba instal ulang printer. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama yang harus anda lakukan adalah dengan uninstal program printer di komputer Anda..
  • Setelah itu masukan CD instalnya ke dalam CD Driver.
  • Dan tunggu hingga muncul halaman instal
  • Lalu instal seperti biasa.
  • Setelah semua tahapan instal sudah Anda lakukan, maka sekarang cobalah untuk kembali menggunakan scanner. Langkah ini merupakan cara yang paling umum dilakukan apabila scanner pada printer tidak bisa digunakan.

Baca Juga:

3 Cek Driver

Cara Memperbaiki Printer Tidak Bisa Scan

Apabila cara kedua scanner masih belum bisa digunakan, maka kemungkinan ada salah satu instalasi yang tidak sempurna dan mengakibatkan driver corrupt. Oleh karena itu maka Scanner tidak bisa maksimal dalam melakukan scanning. Dan untuk memperbaiki hal tersebut, maka Anda hanya menginstal ulang kembali driver seperti yang sudah dilakukan pada tahap kedua. Apabila terjadi error pada saat instalasi, maka sebaiknya Anda segera batalkan. dengan uninstal terlebih dahulu program yang sebelumya sudah error kemudian kembali untuk menginstal ulang. Dan setelah Anda selesai menginstal ulang kemudian restart.

Baca Juga: Cara Sharing Printer Dengan Komputer Lain Pada Windows 10 [MUDAH]

4 Salah Penempatan Instalasi

Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Scan

Pada umumnya instalasi dilakukan pada drive C. Akan tetapi dari beberapa kasus ada juga yang menginstalnya pada drive selain C. Bukan sudah menjadi rahasia umum bahwa drive C merupakan drive default dari semua program yang di instal pada komputer. Apabila menginstal suatu program pada komputer selain drive C, maka secara otomatis akan berdampak pada aplikasi dan mengakibatkan aplikasi tidak akan maksimal dalam menjalankan programnya. Maka dari itu silahkan Anda periksa apakah program printernya diinstal pada drive C atau tidak. Apabila memang diinstal pada drive lain, maka segera uninstal dan lakukan instal ulang dan ditempatkan di drive C.

Baca Juga:

5 Cek Port Kabel

Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Scan

Apabila poin keempat masih belum berhasil juga, maka langkah selanjutnya ialah dengan periksa port kabelnya. Karena kabel yang rusak akan mempengaruhi mesin printer terutama pada bagian scanner. Maka dari itu, untuk mengetahui port kabelnya masih bagus atau tidak silahkan anda mencobanya dengan menggunakan port kabel lain. Apabila di saat menggunakan port kabel lain proses scanning dapat bekerja, maka dapat diambil kesimpulan bahwa permasalahan ada pada port kabel dan mesin printer tidak mengalami masalah. Dan untuk mengatasi hal ini, silahkan anda mengganti kabel yang sesuai dengan jenis kabel printernya.

Baca Juga:

6 Periksa Scannernya

Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Scan

Apabila semua cara memperbaiki printer tidak bisa scan yang sudah dijelaskan diatas dan anda sudah melakukannya namun printer masih tidak bisa untuk melakukan scanner, maka sudah dapat dipastikan bahwa terjadi sesuatu dengan scannernya. Kemungkinan besar scanner ada kerusakan di dalam sehingga tidak dapat melakukan proses scanning. Karena apabila ada kerusakan pada bagian scanner yang meliputi bagian cahaya, perangkat penangkap hasil scan, prosesor dan bagian-bagian yang membuat scanner tidak bisa berfungsi dengan baik. Dan apabila memang scannernya yang rusak maka ada dua cara untuk mengatasinya yaitu dengan membawanya ke tempat servis atau dengan Anda membelu scanner baru.

Apabila Anda membeli barang-barang elektronik seperti scanner, printer, komputer, dan barang elektronik lainnya, silahkan anda mengusahakan untuk membeli barang baru yang bergaransi dan jangan beli barang bekas. Demikianlan ulasan mengenai cara mengatasi printer tidak bisa scan yang bisa Anda tangani. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagia Anda semua khususnya yang sedang mengalami masalah pada printer tidak bisa scan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here