Home Tekno 11 Cara Menghasilkan Uang dari YouTube 2020 Terlengkap

11 Cara Menghasilkan Uang dari YouTube 2020 Terlengkap

LIPUTANTEKNOLOGI.COM – Tentu Anda sering menjumpai sebuah artikel yang menjelaskan tentang tata cara mendapatkan uang dengan mudah, para penulis selalu memberikan sebuah janji bahwa mampu membuat Anda mendapatkan uang sebagai contoh mereka membuat judul cara terjitu menghasilkan uang dari Youtube.

Akan tetapi anda perlu waspada karena kebanyak tips mencari uang hanya memberikan kata kata motivasi saja tanpa menjelaskan secara tuntas dan jelas tentang cara mendapatkan uang dari youtube.

Kata motivasi itu memang sangat diperlukan namun alangkah baiknya bila Anda mendapat motivasi sekaligus juga diberikan tata cara mendapatkan uang di youtube dengan jelas dan sedetail-detailnya agar anda bisa melakukan tata cara tersebut dan tentunya akan membuat anda mendapatkan uang dari youtube.

Maka dari itulah liputanteknologi akan memberikan 11 cara menghasilkan uang dari youtube dengan mudah kepada Anda semua secara sedetail-detailnya agar Anda juga dapat menghasilkan uang di youtube yang tentunya akan membantu perekonomian Anda.

Ingatlah bahwa video di youtube yang terkadang Anda anggap tidak berbobot itu bisa menghasilkan uang yang cukup besar apalagi jika anda bisa membuat sendiri video youtube yang berbotot tentunya uang akan mengalir dengan sendirinya. Silahkan ikutin tips mencari uang di youtube ini secara detail agar anda bisa memahaminya.

Baca Juga: Cara Download Video Youtube Di Android / PC Dengan Mudah

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

Ingin menghasilkan uang dari yuotube memang tidaklah mudah, penuh perjuangan dan keseriusan didalam pembuatan konten video. Namun apabila anda ingin menghasilkan uang dari youtube dengan mudah dan menjadi salah satu youtuber sukses silahkan Anda mengikutin 11 cara menghasilkan uang dari YouTube ini.

1. Membuat YouTube Channel

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

Langkah ini merupakan langkah pertama yang tak boleh Anda lewatkan, bila Anda ingin mendapatkan uang dari youtube segaralah anda membuat akun terlebih dahulu di YouTube. Apabila Anda belum memilikinya, silahkan anda Coba sign in ke YouTube.

Sebelum Anda membuat akun youtube, pastikan terlebih dahulu anda memiliki akun google, karena akun google yang bisa masuk dan mendaftar di chanel youtube apabila anda belum memiliki akun google silahkan baca Cara Membuat Email di HP.

Dan jika suka memiliki akun google Lalu buatlah channel youtube Anda. Dan ingan silahkan fikirkan nama apa yang menarik bagi saluran YouTube yang akan anda miliki (jangan asal asalan) dan bagaimana konsep salurannya terus bagaimana tema atau karakter channel Anda dibandingkan dengan channel atau saluran sejenisnya.

Baca Juga: 4 Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook Yang Semua Orang Bisa Lakukan

2. Monetisasi YouTube Channel

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

Selanjutnya sign in ke akun YouTube Anda, kemudian silahkan pilih menu “account information” yang terletak berada di sebelah kanan atas, lalu klik “Creator Studio”.

Setelah itu, pada menu di sebelah kiri, silahkan anda pilih “Channel” kemudian klik “Status and features”. lalu yang terakhir silahkan pilih “Enable Monetisation”. Dan setelah itu Anda tinggal menunggu chanel youtube di setujui agreement yang ada.

Baca Juga: 10 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Terbukti Berhasil

3. Menyambungkan YouTube Channel ke AdSense

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

Setelah Anda sudah mengaktifkan monetisasi pada YouTube channel Anda, Maka selanjutnya Anda harus melakukan associate dan approved AdSense account Anda ke YouTube account Anda.

Kemudian nantinya akan tersedia fitur YouTube Analytic yang bisa Anda gunakan untuk melakukan track penghasilan Anda, yang dimana video anda akan bisa terbayar hanya apabila Anda sudah melengkapi atau megikuti Youtube payment treshold yang ada.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang Dari Google Maps Yang Perlu Anda Tahu

4. Mengoptimalkan Fungsi Monetisasi pada YouTube Channel

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

Agar Anda dapat mengoptimalkan YouTube channel Anda, maka anda harus mengetahui beberapa kriteria berikut ini yang wajib Anda penuhi atau ikuti:

  • Video harus user-friendly.
  • Kontennya harus merupakan karya orisinil Anda (buatan diri sendiri) agar dapat di-promote.
  • Copyrighted videos yang Anda plagiasi dari internet tidak akan pernah menghasilkan uang sedikipun jadi lebih baik urungkan niat Anda untuk melakukan plagiasi.
  • Video harus memerhatikan Terms of Service dan juga Community Guidelines yang sudah dibuat oleh pihak YouTube
  • Sekalinya video Anda diaktifkan fungsi monetisasinya, maka beberapa iklan akan muncul di beberapa video Anda berikutnya

Baca Juga: 18 Aplikasi Penghasil Pulsa dan Penghasil Uang Gratis Tanpa Modal

5. Melakukan Conversion Rate ke Product Page

 link pada product page Anda di kolom deskripsi YouTube video

Apabila Anda bertanggung jawab pada sebuah bisnis ataupun perusahaan, Maka Anda bisa menjadikan saluran YouTube Anda sebagai suatu kesempatan untuk dapat meningkatkan conversion rate Anda.

Siapkan dan buat konten yang menunjukkan betapa bagus dan menariknya produk yang ingin ditonjolkan lewat soft promotion tersebut. Kemudian buatlah link pada product page Anda di kolom deskripsi YouTube video milik Anda. Hal ini sering sekali dilakukan para vlogger yang ingin menjual sesuatu secara halus.

Baca Juga: 7 Cara Mendapatkan Uang Dari Instagram Tanpa Modal

6. Menjual Video di Website Penjualan Video

Menjual Video di Website Penjualan Video

Anda juga bisa menjual video Anda di website komersial yang sudah memberikan sarana untuk Anda para video-maker untuk berjualan video hasil karya. Jadi, di YouTube, Anda bisa mengupload tayangan berupa teaser dan juga mengarahkan penonton untuk membayar apabila ingin menonton versi lengkapnya.

7. Mengarahkan Traffic untuk Afiliasi Link

Affiliate marketing jelas adalah sebua peluang untuk menghasilkan uang secara online yang sangat populer. Masalahnya ialah bahwa begitu banyak pemasar affiliate ini yang tidak mengemukakan bagaimana rincinya upaya yg diperlukan uutuk menghasilkan pendapatan yg lumayan besar.

Dibandingkan dengan mengandalkan blog yang ada untuk mengarahkan orang ke affiliate link, Silahkan anda coba membuat saluran YouTube yang keren dan juga menggunakannya sebagai katalis yang dapat mengarahkan ke affiliate link tadi.

Seiring dengan perkembangan niche visual yang semakin bertumbuh, yang di mana orang-orang mulai malas membaca teks yang panjang-panjang, Anda juga dapat mengembangkan bisnis Anda lebih pesat lagi.

Baca Juga: 4 Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Paypal Yang Mudah Dicairkan

8. Menarik Sponsorship

Apabila melihat video youtube dari YouTuber sukses dan terkenal di internet, Anda tentunya pasti mengetahui bahwa hampir semua konten video YouTube mereka selalu ada unsur sponsorship maupun advertisement.

Dua aspek ini selalu mereka manfaatkan untuk menghasilkan uang dari YouTube. (Menarik bukan? cara mendapatkan uang di youtube yang satu ini.

Baca Juga: 10 Aplikasi Penghasil Uang Dollar $ Terbaik dan Terbaru di Android dan IOS

9. Melakukan Live Speaking untuk Dapat Meningkatkan Customer Engangement

Nantinya, Apabila Anda sudah memiliki fanbase atau fans yang lumayan banyak, Anda bisa mengadakan meeting dan greeting. Atau mungkin saja membuat jadwal yang rutin agar komunitas Anda akan selalu bertambah /bertumbuh.

Kegiatan ini bisa dilakukan demi meningkatkan engangement Anda dengan para subscribers youtube anda. Nantinya, Anda juga bisa menjual produk ataupun mempromosikan konten-konten lainnya pada saat acara berlangsung.

10. Berpikir Out of The Box

Anda perlu berpikir di luar kebiasaan apabila Anda ingin menghasilkan video yang menarik untuk ditonton dari awal hingga akhir tayangan, kemudian dibagikan kembali oleh orang-orang sampai akhirnya menjadi konten yang viral.

Berikut ini liputanteknologi akan memberikan contoh-contoh jenis video yang paling banyak ditonton oleh orang-orang dan tentunya akan menghasilkan uang lebih dari YouTube.

Baca Juga: Nonton Video di Bayar Tanpa Modal Dan Terbukti Membayar

Tipe-tipe Video Penghasil Uang di YouTube

Seperti yang sudah liputanteknologi sebutkan di bagian sebelumnya, Anda perlu membuat konten yang menarik agar disukai penonton. Lantas bagaimana konten yang menarik itu? Pastinya yang membuat perhatian orang-orang beralih, dan ingin menonton tayangan video Anda.

Berikut ini merupakan beberapa jenis video yang dapat menghasilkan uang dan patut untuk Anda pertimbangkan untuk dibuat.

Tayangan Voice Over

  • Rekaman suara narasi Anda soal berbagai fakta menarik dan juga komentar Anda seputar berita terkini, pendapat Anda soal film atau musik yang dapat berupa visual menarik sehingga video Anda menarik untuk ditonton.

Tayangan List

  • Tayangan ini memuat daftar yang menarik untuk ditonton secara visual. List yang Anda buat dapat berupa list soal apapun yang dapat dirangkum ke judul menarik semacam, “10 Knockout Terbaik Petinju Wanita UFC” atau “10 Penemuan Tanda-tanda Alien di bumi”. Videonya bisa memuat suara dengan gambar bergerak, atau tulisan dan kolase foto-foto.

Tayangan Tutorial

  • Tutorial berarti panduan untuk membuat atau melakukan sesuatu. Pada tahun 2019 ini, sudah banyak video tutorial yang Anda temukan di internet. Contoh turotial merias diri anda bisa membuatnya dengan cara direkam disaat anda melukan periasan wajah kemudian dibagikan di YouTube channel Anda. Atau Anda ingin membuat video iseng soal cara membuat penangkal alien atau lainnya yang kira kira diluar logika. Cobalah untuk kreatif untuk membuat tayangan yang atraktif dan membuatnya viral.

Tayangan Unboxing

  • Manusia tentunya memiliki rasa keingintahuan yang tinggi.  Maka dari itulah yang menyebabkan kalau video-video unboxing sangat banyak dicari oleh pengguna YouTube. Mulai dari video Unboxing mainan anak maupun alat-alat teknologi bagi orang dewasa atau berumur. Semua orang dari berbagai kalangan usia menyukai sensasi “membuka” dalam artian menyuai sesuatu yang tersembunyi atau dibungkus. Sama seperti ketika Anda ingin berbelanja dan mengeluarkan barang belanjaan Anda di rumah.

Tayangan Ilustrasi

  • Sekarang banyak sekali suatu tayangan edukasi yang dibuat dengan ilustrasi yang menarik dan berkualitas luar biasa bagus.

Hal Yang Harus DiPahami Bila Mencari Uang dari YouTube

Berikut adalah hal-hal yang boleh Anda lakukan:

  • Membuat video yang tampilannya bagus (sudut pengambilan gambar, resolusi dsb)
  • Membuat video yang menarik kontennya bagi penonton.
  • Membuat video yang meningkatkan engangement, dengan cara mengajak penonton untuk berkomentar atau share video tersebut.
  • Mengajak para penonton untuk menjadi subscriber pada YouTube channel Anda
  • Memberikan nama atau judul yang sesuai dengan konten tayangan video Anda, memberikan deskripsi video yang sesuai pula karena akan berpengaruh pada rank karena telah sesuai SEO
  • Membuat banyak sekali video sesering mungkin
  • Mempublikasikan /mensosialisasikan YouTube video Anda di semua sosial media yang ada pada saat ini.

Baca Juga:

Berikut ini yang tidak boleh dilakukan dengan Youtube:

  • Jangan melakukan plagiasi semacam copy-paste konten YouTube video kemudian dishare di akun YouTube Anda sendiri. Tindakan semua kecurangan secara otomatis tertangkap oleh YouTube karena melanggar copyright, dan tentunya Anda akan dikenakan sanksi dari youtube.
  • Jangan melanggar Terms of Service YouTube

Mengenal Istilah CPM dan RPM

Apabila Anda serius ingin menghasilkan uang dari akun YouTube yang Anda kelola, ini pertanda bahwa Anda tidak hanya butuh untuk mengetahui cara-cara mendapatkan uang di youtube saja namun juga harus mengenal istilah-istilah yang dipakai dalam monetisasi video YouTube.

Berikut liputanteknologi akan memberikan definisi istilah-istilahnya!

Definisi CPM

CPM merupakan singkatan dari Cost per Mille . Istilah ini telah diadaptasi dari bahasa Latin yang secara harafiah berarti per seribu. Terkait dengan monetisasi video di YouTube, ada rumus yang dipakai untuk menentukan berapa pendapatan Anda adalah:

Pendapatan= CPM x (total impresi/ 1000)

Apabila anda membagi jumlah atau total banyaknya tayangan dengan angka 1000, karena harga CPM berlaku 1$ per 1000 tayangan. Bingung menghitungnya? Jangan khawatir, liputanteknologi akan memberikan contoh penghitungannya agar Anda bisa membayangkan berapa banyaknya uang yang Anda bisa hasilkan dari YouTube Anda dengan perumpamaan 1$ sejumlah 10.000 Rupiah:

1000 views/ $1 =kira-kira 10 ribu rupiah
10.000 views/ $10 = kira-kira 100 ribu rupiah
100.000 views/ $100 = kira-kira 1 juta rupiah
1.000.000 views/ $1000 = kira-kira10 juta rupiah
10.000.000 views/ $10,000 = kira-kira 100 juta rupiah

Jumlah uang yang dibayarkan juga naik naik apabila sedang hari raya semacam natal ataupun lebaran. Jumlah bisa dipengaruhi oleh waktu, konten dan gender dari visitor. Total uangnya juga bervariatif sebenarnya, mulai dari 50 cents sampai 10$ per thousand impressions.

Pada Google AdSense, impression merupakan jumlah halaman yang mengandung unit iklan yang tampil. Terakhir, bagi negara-negara yang telah menggunakan bahasa Inggris sebagai native language, CPM-nya lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak.

Definisi RPM

RPM merupakan singkatan dari Revenue per thousand impressions. Dalam hal ini, YouTube akan mengambil potongan sejumlah 45% pendapatan iklan yang dihasilkan lewat saluran YouTube Anda dari keseluruhan total RPM. Rumusnya ialah:

Pendapatan=Penghasilan÷Monetized playback video x 1000

Ketentuan Youtube Partnership – Update 2020

Youtube telah menentukan bahwa video harus memiliki durasi total video selama 4.000 jam dan juga 1.000 subscriber dalam waktu 12 bulan terakhir, ini ditujukan bagi suatu channel agar dapat masuk ke dalam YouTube Partner Program.

Benefit yang didapat dengan tergabung dalam program ini ialah sebuah Channel bisa memasukkan link ke website di akhir video. Selain itu juga, channel tersebut bisa memasang iklannya di video mereka yang mana saja.

Kesimpulan: 

Melalui dengan artikel inilah liputanteknologi memberikan sebuah panduan menarik untuk Anda simak Apabila Anda ingin menghasilkan pendapatan uang dari YouTube channel Anda.

Liputanteknologi memberikan info-info penting soal cara-caranya, apa yang boleh dan tak boleh dilakukan dalam melakukan monetisasi YouTube video Anda, dan juga istilah-istilah yang digunakan terkait jumlah uang yang mungkin Anda dapat dari YouTube.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here