Home Android Tips Sebelum Membeli HP Bekas, Agar Gak Nyesel!

Tips Sebelum Membeli HP Bekas, Agar Gak Nyesel!

Tips Sebelum Membeli HP Bekas Agar Hal Nyesel – Bagi Anda yang memiliki budget pas-pasan tapi ingin punya hp atau smartphone murah maka salah satu caranya adalah dengan membeli hp bekas. Dengan membeli hp bekas setidaknya kita akan punya hp yang bisa kita gunakan, namun membeli hp bekas terkadang juga akan membuat kita kecewa seperti mengalami kerusakan pada hardware maupun software-nya.

A
Tips sebelum membeli hp second atau bekas
Hak cipta pribadi

Disisi lain tak selamanya membeli hp atau smartphone bekas merupakan hal yang buruk. Jika memang kita teliti dan juga memperhatikan betul-betul hp bekas yang akan dibeli maka memiliki hp bekas tetapi kualitasnya bagus bukanlah hal yang mustahil dan dibawah ini Saya dari LiputanTeknologi akan membagikan tips sebelum membeli hp bekas agar gak nyesel.

Baca juga : Cara Menonaktifkan Akun Instagram untuk Sementara

Tips Sebelum Membeli HP Bekas Agar Hal Nyesel :

1. Cek Langsung HP-nya dengan Detail

Jika kamu memang membeli hp tersebut dengan cara COD atau Cash On Delivery maka itu artinya akan bertemu langsung dengan penjualnya. Ketika kamu sudah bertemu sebaiknya langsung mengecek kondisi hp-nya dengan detail dan jika penjual tidak mau disarankan untuk mencari yang lainnya saja. Anda bisa mulai mengeceknya dari bagian-bagian yang terlihat seperti casing, layar, port yang ada seperti jack audio atau USB, slot kartu SIM apakah berfungsi, cek juga baterainya dan lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa juga untuk mengecek harga pasarannya agar nanti memudahkan pada proses penawaran.

2. Perhatikan Umur dan Garansi HP

Sebelum membeli hp Anda juga harus memperhatikan umur hp tersebut, dimana semakin tua hp tersebut jelas ini merupakan hal yang kemungkinan besar adalah hal buruk. Karena pada dasarnya jika kita punya hp yang tua maka akan banyak software yang nantinya tidak kompatibel dengan hardware-nya, akibatnya hp tersebut tidak layak lagi digunakan. Selain itu, jika kamu membeli hp kemudian terlihat masih baru dan tidak ada minus kamu boleh loh minta garansi, dengan garansi ini kamu akan tahu apakah hp yang akan kamu beli pernah mengalami masalah atau tidak.

Baca juga : Inilah Penemuan Ilmiah dan Teknologi yang Dianggap Mengubah Dunia

3. Cek IMEI dan Nomor Serial

Sebelum membeli hp bekas sebaiknya harus membeli hp yang fullset atau lengkap dengan box atau dus-nya. Hal ini jika kamu membeli hp batangan memiliki banyak resiko, siapa tahu hp tersebut adalah hasil pencurian dan apabila kamu memegang hp tersebut bisa dianggap sebagai penadah dan ini bisa jadi berbahaya untuk diri kamu sendiri. Kamu bisa mengecek terlebih dahulu nomor IMEI dan serial number yang ada pada dus apakah sesuai atau tidak dengan yang ada di hp.

4. Jangan Sampai Tertipu dengan HP Cicilan

Sekarang banyak orang yang menjual hp yang masih dalam masa cicilan. Alasannya bisa jadi mereka sudah tidak kuat lagi membayar cicilannya dan salah satu caranya adalah menjual dengan harga pasaran dari hp tersebut. Sebagai orang yang membeli tentunya kamu harus ekstra waspada akan hal ini, apalagi pihak pemberi pinjaman online biasanya akan memasukkan software khusus yang kemudian bisa mengunci hp dan memunculkan tulisan pedas agar kamu membayarnya. Tentu saja hal ini sangat tidak enak apabila terjadi pada kamu.

Baca juga : Spesifikasi Kunci dan Fakta Huawei Matepad, Cocok untuk Sekolah?

Akhir Kata

Jika melihat semua poin-poin diatas dijelaskan bahwa sebelum membeli hp bekas haruslah sangat hati-hati dan perlu banyak hal yang menjadi pertimbangan. Berbeda halnya jika kamu akan membeli hp baru, dimana kamu hanya perlu tahu spesifikasinya saja dan tinggal mencocokkan dengan budget yang kita miliki. Mungkin itu saja dari LiputanTeknologi dan tetaplah simak Liputan dari dunia Teknologi lainnya disini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here