Home Android Tips Baterai HP Tidak Cepat Rusak dan Awet

Tips Baterai HP Tidak Cepat Rusak dan Awet

5/5 (1)

Tips Baterai HP Tidak Cepat Rusak dan Awet – Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa kekuatan pada baterai HP tergantung dari penggunaannya. Apabila kita sebagai pengguna mampu mengatur penggunaan baterai HP maka kemungkinan besar kondisi baterai akan awet dan tidak berubah dari sejak pembelian hingga 6 tahun mendatang.

Oleh karena itu, sebesar apapun kapasitas baterai HP yang anda gunakan, jika penggunaannya buruk maka baterai juga akan cepat habis. Untuk mengetahui cara membuat baterai HP awet dan tidak cepet rusak silahkan perhatikan ulasan dibawah ini.

Tips Baterai HP Tidak Cepat Rusak

Berikut ini tips yang bisa anda gunakan, agar baterai ponsel HP awet dan tahan lama.

1. Jangan Charger HP Dalam Keadaan Panas

Tips agar baterai HP tidak cepat rusak yang pertama ialah silahkan anda cas HP dalam keadaan suhu stabul atau dingin. Ingat janganlah melakukan pengecasan ketika dalam keadaan panas, sebab hal tersebut dapat mengakibatkan kondisi baterai HP memburuk. Apalagi diwakti pengecesan berlangsung, daya listrik yang sudah terhubung ke dalam baterai HP tersebut sudah memberikan hawa panas terhadap HP.

Jadi jika anda melakukan pengecasan saat kondisi HP sedang panas maka secara otomatis HP akan mudah rusak. Solusi terbaik agar baterai HP tidak cepat panas ialah dengan memanfaatkan aplikasi pendingin HP yang sudah tersedia di Playstore atau sejenisnya.

2. Mengurangi Aktivitas Menggunakan HP Disaat Data Baterai Mulai Habis

Salah satu penyebab yang membuat baterai HP boros dan rusak ialah dari cara pemakaiannya. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa kebiasaan buruk beberapa orang didalam menggunakan HP adalah selalu melakukan aktivitas bermain hinga baterai habis, padahal hal tersebut membuat baterai Handphone cepat rusak.

Nah jika anda ingin performa baterai HP selalu baik dan stabil jangan lakukan hal tersebut, meskipun baterai HP memang dirancang untuk melakukan isi ulang. Tentu hal ini berbeda dengan jenis baterai HP jaman dulu yang diperbolehkan memanfaatkan baterai hingga habis.

Jadi apabila indikator baterai sudah mencapai 20% silahkan anda berhenti melakukan aktifitas mengggunakan HP dan segera lakukan isi ulang dayanya. Karena hal tersebut dapat membuat baterai tahan lama dan awet serta tidak membuat baterai HP rusak.

3. Jangan Menggunakan Charger Sembarangan

Sesuatu hal yang sering dilakukan pengguna ponsel ialah selalu melakukan charger asal atau yang bukan aslinya, padahal setiap charger mempunya output yang berbeda-beda, meskipun bisa digunakan untuk mengisi baterai namun hal itu akan membuat baterai HP cepat rusak jika menggunakan output yang berbeda dan tidak sama dengan arus input baterai HP.

Jadi bila anda ingin baterai HP tahan lama, silahkan menggunakan charger yang original yang sudah tidak diragukan kualitasnya. Namun jika charger asli atau original sudah rusak, alangkah baiknya jika anda membeli charger orginal yang baru di counter terdekat.

4. Mematikan HP Saat Dicas

Pada umumnya orang akan mengeces HP dalam keadaan masih hidup, walaupun pada saat ini teknologi HP sangat memungkinkan untuk pengecasan HP dalam keadaan hidup.

Akan tetapi alangkah baiknya jika disaat melakukan pengecasan HP posisi HP dalam keadaan mati, hal tersebut agar baterai bisa fokus di lakukan pengisian daya.

Dengan anda mematikan HP disaat melakukan pengisian baterai dapat membuat usia baterai berlama lama karena tidak mudah rusak.

5. Isi Baterai Sampai Benar-Benar Penuh

Mungkin kita pernah mencabut charger saat pengisian baterai HP belum mencapai 100%, dengan berbagai alasan, padahal kebiasaan buruk tersebut sangat mempengaruhi kondisi HP.

Jika hal tersebut hanya dilakukan sekali-kali mungkin tidak mempengaruhi kondisi daya baterai HP, namun jika hal buruk tersebut sering anda lakukan maka akan membuat kualitas baterai HP menurun bahkan rusak.

6. Tidak Melakukan Aktivitas ketika HP sedang Dicas

Kebiasan buruk yang dapat membuat baterai HP cepat rusak lainnya adalah menggunakan HP saat cas sedang berlangsung. Padahal hal tersebut bukan hanya mempengaruhi kinerja baterai saja namun juga perangkat HP.

Jadi usahakan jangan melakukan pengecasan baterai sambil melakukan aktifitas HP, seperti bermain game sambil cas dan lain sebagainya. Lebih baik matikan HP disaat proses cas baterai sedang berlangsung.

Baca Juga:

Itulah beberapa tips agar baterai HP tidak cepat rusah dan awet atau tahan lama saat digunakan. Jika anda pengguna xiaomi, silahkan baca cara mengatasi HP xiaomi yang cepat habis dan boros. Semoga bermanfaat

Nilai Kualitas Konten :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here