Home Game The Walking Dead: A New Frontier | Game Zombie Mobile

The Walking Dead: A New Frontier | Game Zombie Mobile

5/5 (4)

The Walking Dead: A New Frontier – The Walking Dead adalah game drama interaktif dari petualangan grafis seri survival horror, The Walking Dead: A New Frontier dirilis oleh Telltale Games di akhir 2016 lalu dengan sebuah jalan cerita, harapan dari Telltale adalah ini akan menjadi sebuah soft reboot dari entri The Walking Dead yang berfokus pada karakter baru: Javier.

Sosok yang sudah dimainkan oleh gamer semenjak entri pertama itu tetap akan ada di dalam game ini tetapi ia kembali pada peran sidekick ketimbang aktif seperti halnya game kedua.

Baca Juga :

Game ini diambil dari seri buku komik The Walking Dead oleh Robert Kirkman, dimana seri ini terdiri dari dua musim dengan lima episode masing-masing, dan satu episode yang bisa di unduh dari Season 1.

Ketika The Walking Dead dirilis pada tahun 2012 dahulu, game ini menjadi sebuah game groundbreaking yang membuat banyak gamer dan kritikus terkesima, bahkan merebut penghargaan sebagai game terbaik di beberapa ajang penghargaan tahun 2012 lalu.

PLOT

Cinematic storytelling yang dikembangkan oleh Telltale praktis mengubah dunia point and click adventure dan mengangkat nama Telltale Games menjadi salah satu developer kecil terkenal.

Permainan ini berlangsung di dunia fiksi yang sama seperti komik, dengan peristiwa yang terjadi tak lama setelah terjadinya bencana zombie di Georgia. Namun, sebagian besar karakter memang sudah dikhususkan untuk permainan ini.

Sebelumnya, The Walking Dead: Season One (2012) berfokus pada cerita seorang profesor dari universitas dan dihukum pidana yakni Lee Everett, yang menyelamatkan dan merubah nasib seorang gadis muda bernama Clementine. Ia berusaha untuk melindunginya dari bahaya zombie dan orang-orang disekitarnya yang berbahaya.

The Walking Dead: Season Two (2013-14) berfokus pada Clementine, yang secara emosional dan fisik masih lemah ditantang oleh bahaya dunia baru, baik itu dari dunia Zombie, juga drama dari orang-orang sekitarnya hingga kadangkala ia harus membuat pilihan sulit yang akan membuat jalan berbeda dari setiap ceritanya.

Sedangkan Season 3 direncanakan ini bisa mengakhiri dari game ini dan mengikat dari semua pemain dari musim sebelumnya yang mungkin telah diambil, tetapi juga untuk menarik pemain baru untuk seri tersebut.

Telltale menyatakan bahwa musim ketiga ini akan membawa game ini lebih dekat dengan kerangka waktu dari buku komik pada saat rilis yang direncanakan. Kejadian Season terbaru ini akan berlangsung beberapa tahun setelah musim kedua, dan juga akan mencakup Clementine yang lebih tua bersama dengan AJ, bayi yang dia selamatkan di akhir Season Two.

Clementine akan menjadi karakter yang dapat dimainkan bersama dengan karakter baru yaitu javier, Telltale tampaknya telah bekerja keras untuk bisa beradaptasi dengan Data sebelumnya tentang pilihan pemain dari dua musim pertama, yang disimpan secara lokal ke komputer pemain atau konsol. Ini untuk bekerja dengan pendekatan tabungan berbasis cloud baru mereka, sehingga pilihan-pilihan sebelumnya akan mempengaruhi bagaimana cerita di musim ketiga terbaru ini.

Pilihan Cerita The Walking Dead: The New Frontier

Game The Walking Dead: The New Frontier sepertinya akan memberikan kamu dua pilihan baru dalam cerita yang saling terkait ini. Tergantung pada keputusan anda, dimana pada episode awal kamu bisa memilih melanjutkan cerita sebelumnya atau alur cerita baru.

Dalam alur cerita sebelumnya, kamu akan melanjutkan cerita Clementine yang berakhir dengan Kenny dan AJ berangkat untuk bertahan hidup sendiri. Namun, jika kamu memilih cerita baru, Clementine bukan peran utama dalam cerita ini.

Kamu akan bertemu Javi (Javier) di Episode 1, seorang pecandu judi yang memiliki masalah dengan keluarganya, terutama kakaknya David. Setelah kejadian yang menimpa ayahnya yang menjadi Zombie, Javi kemudian bertahan hidup dengan istri David, Kate dan dua anaknya, Gabe dan Mariana.

Ada lima episode yang akan kamu lalui, dimana pada episode awal kamu akan melihat bagaimana kronologis cerita sebelumnya, khususnya jika kamu memainkan episode baru sebagai Javi. Dan tentunya, setiap keputusan yang kamu buat dalam permainan ini akan membuat seluruh cerita berbeda yang mungkin juga bisa menjadikan kamu sebagai pemilik keputusan yang tepat atau emosional.

Dan tentu saja, kami tidak akan merusak cerita untuk anda lebih detail. Namun para pengembang dari game ini melakukan pekerjaan yang sangat baik antara korelasi Javi saat ini dan bagaimana hal itu akan memiliki keterkaitan hubungan dengan yang lain.

Grafis The Walking Dead: The New Frontier

Kualitas dari A New Frontier sendiri terbilang standar. Jalan cerita dalam game ini tidak buruk dengan beberapa pilihan moral yang kadang masih membuatku kesulitan memutuskan. Akan tetapi semakin banyak memainkan game Telltale, semakin kamu sadar juga dengan formula lawas yang mereka pakai. Ambil contoh dua karakter yang bisa kamu selamatkan dalam episode tertentu, hampir pasti dalam episode-episode berikutnya karakter tersebut kemudian akan mati, menjadikan keputusanmu untuk menyelamatkannya di episode sebelumnya seakan tak berkesan.

Baca Juga :

Ini terjadi lagi dalam A New Frontier, ending The Walking Dead season kedua yang menunjukkan jalan cerita yang berbeda-beda praktis dibuang begitu saja, mengembalikan Clementine kepada status quo yang kamu lihat di dalam game ini di episode pertama.

Untung saja dalam Javier Telltale Games memberi gamer kesempatan menjajal sebuah cerita baru. Konflik yang dihadapi oleh Javier dan konflik yang dihadapi Clementine jauh berbeda sehingga dilema dan moralitasku dalam mengambil keputusan pun berbeda. Selain itu, usia Javier dan gendernya yang sama denganku membuat mengambil keputusan lebih mudah dibandingkan Lee (yang jauh lebih tua dibandingkanku) maupun Clementine (yang jauh lebih muda dibandingkanku).

Tema brotherhood dan family yang diangkat dalam game ini pun bisa dibilang cukup berbeda dengan kedua entri The Walking Dead sebelumnya yang lebih mengedepankan father-daughter relationship dan survival.

Kualitas grafis dalam The Walking Dead: A New Frontier sudah mengalami lebih banyak upgrade dibandingkan season pertama dan bahkan kedua dulu. Akan tetapi saya tidak bisa tidak merasa bahwa kualitas cel shading dari Telltale sudah semakin ketinggalan jaman saja.

Saya mengerti bahwa cel shading adalah ciri khas Telltale tetapi setelah melihat SETIAP entri mereka memakai engine grafis yang sama, rasanya melelahkan juga. Lagipula engine ini semakin lama semakin kesulitan menggambarkan adegan-adegan aksi yang hendak ditampilkan oleh Telltale di layar. Saya punya teori akan kenapa Telltale masih bersikeras menggunakan engine ini: jawabannya adalah pasar mobile dan handheld, Telltale ingin menjangkau konsumen sebanyak mungkin dan suka atau tidak fanbase mereka ada di platform iOS dan Android (dua season dari The Walking Dead sebelumnya terjual jutaan kopi di sana).

Pada akhirnya The Walking Dead: A New Frontier adalah entri yang solid – kalau tidak mau dibilang tidak berkesan dari Telltale Games. Memainkan game ini membuat saya rindu kapan Telltale Games benar-benar berfokus untuk menggarap sebuah game masterpiece seperti The Walking Dead Season One.

Game ini tetap setia dengan tindakan cepat dan waktu yang kurang menjengkelkan. Anda dapat dengan mudah pergi ketujuan dengan berjalan kaki untuk membawa mereka ke bawah dan Anda tidak akan mati dengan mudah seperti di game terakhir.

Download The Walking Dead: The New Frontier

Link Download : Play Store

Nah, itulah Review Game The Walking Dead: A New Frontier. Kunjungi terus Liputan Teknologi agar tidak ketinggalan review game terbaru selanjutnya.

Nilai Kualitas Konten :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here