Home Epson Cara Mudah Reset Printer Epson L110, L210, L300, L350 Dan L355

Cara Mudah Reset Printer Epson L110, L210, L300, L350 Dan L355

0
5/5 (4)

Pada kesempatan kali ini admin ingin membagikan cara mereset printer epson L110, L210, L300, L350 dan L355, beserta download software resetter epson. Kelima jenis printer tersebut memiliki cara yang sama dalam hal mengatasi error dan softaware resetternya juga sama.

Error yang sering terjadi bisa ditandai dengan lampu berkedip bersamaan atau bergantian pada indikator tinta. Maka dari itu untuk mengatasi permasalahan yang sering terjadi pada jenis printer epson ini tidaklah sulit hanya butuh keberanian dan kecermatan saja.

Untuk mengatasai error pada printer epson L110, L219, L300, L350 dan L355 sudah banyak yang membuat tutorial atau panduan yang bisa anda jadikan refrensi. Namun jika anda kesulitan dan belum nemu tutorial yang pas, maka admin ingin membuatkan tutorial untuk anda supaya anda lebih paham. Jangan terburu-buru membawa printer anda ke jasa tukang service, alangkah indahnya anda mencoba tutorial terlebih dahulu.

Baca Juga : Cara Setting Printer Epson Untuk Cetak Photo Berkualitas Tinggi

Jenis printer epson L110/L210/L300/L350/L355 ketika sedang mengalami masalah, biasanya ditandai dengan kedipan lampu indikator power dan resume berulang-ulang yaitu warna orange. Dan kebanyakan biasanya penyebabnya antara lain :

  • Tinta sudah habis,
  • Cartridge kotor atau tidak rapat,
  • Paper jam/kertas nyangkut/kertas habis,
  • Pemakaian print telah mencapai batas maksimal dan over print.
  • Penutup Printer Kurang Rapat.
  • Terdapat Benda yang menghalangi Pegerakan Head Cartridge Seperti isi staples atau benda lain yang masuk keruangan printer.

Jika printer epson anda mengalami kedip-kedip lampu indikator oranyenya, maka anda bisa mengambil langkah-langkah awal untuk mengetahui apa penyebabnya terlebih dahulu. Berikut beberapa langkah untuk memeriksa error printer epson anda :

  • Priksa apakah tinta di tabung printer anda habis dan priksa selang infusnya apakah ada yang tersumbat. Selang bisa jadi tersumbat akibat tinta yang mengering, cara bersihinnya lepas selang dan cuci dengan air dan keringkan. Jangan lupa isi ulang tinta dengan tinta original epson hal ini untuk membuat printer awet dan taha lama.
  • Periksa head carridge printer epson anda, pastikan rel head cartridge berjalan lancar, bersihkan dari debu2 dan benda-benda yang mengganggu. Pastikan pergerakan cartridge berjalan normal. Dan pastikan cartridge terpasang dengan baik dan benar.
  • Pastikan tidak ada kertas yang nyangkut atau terjepi di roller printer, karena masalah ini bisa menyebabkan error nyala orange. Jika ada kertas yang nyangkut silahkan diambil dengan ditarik perlahan-lahan sampai keluar.
  • Langkah yang terakhir pengecekan sambungan kabel dengan komputer dan sumber listrik. Pastikan kabel usb printer normal dan dapat dioperasikan, anda bisa mencoba dengan kabel lain untuk memastikan kabel usb printer dalam keadaan baik.

Namun setelah anda melakukan langkah-langkah diatas dan masalah error lampu indikator printer epson masih berkedip-kedip, maka langkah terakhir anda harus melakukan Reset printer dengan menggunakan software resetter. Cara untuk mereset printer epson ini ada dua cara yang bisa anda lakukan sendiri, cara pertama dengan Reset Manual/Tanpa aplikasi dan kedua Reset Otomatis dengan menggunakan Software Resetter Epson.

Baca Juga : Download Driver Printer Epson L120 Gratis Untuk Windows 7 & 10

Tujuan dilakukan reset adalah untuk merefresh sistem yang disetting default oleh epson dan mengembalikan lagi ke settingan awal. Dengan cara ini maka permasalahan error printer epson yang tidak bisa ditangani secara manual bisa teratasi. Salah satu error yang bisa teratasi dengan mereset printer epson ini adalah masalah Over Print atau printer sudah mencetak mencapai batas maksimal print, jika itu terjadi maka printer akan blink-blink tidak bisa print.

Cara Reset Printer Epson Secara Manual dan Dengan Menggunakan Software.

1. Reset Printer Epson Secara Manual/Tanpa Aplikasi.

Salah satu cara reset printer epson yang paling mudah adalah reset manual, cara ini juga bisa diterapkan di printer L110, L210, L300, L350, L355. Untuk cara meresetnya anda bisa mengikuti tutorial yang ada di bawah ini :

  • Cabut kabel power selama kurang lebih 3 – 5 menitan.
  • Nyalakan kembali printernya dan tunggu sampai posisi printer epson anda menyala dengan sempurna.
  • Langkah selanjutnya tekan dan tahan tombol resume (logo tinta) selama 5 detikan dan lepaskan.
  • Tekan dan tahan lagi tombol resume selama 3 detikan dan lepaskan lagi.
  • Setelah anda melakukan langkah diatas maka printer epson akan melakukan proses reset secara otomatis dengan sendirinya, tunggu hingga proses reset selesai dengan ditandai tidak ada bunyi head cartridge bergerak.
  • Apabila cara reset manual ini berhasil maka lampu indikator tidak akan berkedip lagi dan printer bisa anda gunakan untuk mengeprint.

Namun terkadang pada kenyataan yang pernah admin alami sendiri sudah melakukan cara manual diatas dan printer tetap masih error maka langkah selanjutnya harus menggunakan software resetter epson.

Baca Juga ; Cara Merubah Font Pada Printer Dot Matrix Epson [SEMUA SERI]

2. Reset Printer Epson dengan Menggunakan Software Restter.

  • Sebelum anda melakukan reset dengan software resetter silahkan anda download dahulu software Resetter Epson dan Ekstrak Filenya dikomputer anda.
  • Pastikan printer sudah tersambung dengan komputer dengan benar.
  • Buka aplikasi resetter dengan klik 2x atau klik kanan Run pada icon Resetter.axe.
  • Setelah terbuka aplikasinya klik Select untuk memilih jenis printer yang akan direset yaitu pada bagian Model name dan Port Usb pilih Auto Selection. Setelah itu Klik OK. Jenis Printer Epson Yang akan direset
  • Langkah selanjutnya Klik Particular Adjusment Mode dan pilih Waste ink pad Counter, kemudian klik OK. Cara Reset Printer Epson
  • Pada menu selanjutnya yaitu menu reset printer centang pada Main Pad Counter, kemudian klik Check. Untuk tahap ini printer akan memberikan informasi penting tentang printer epson anda, seperti sudah berapa banyak printer anda mencetak.
  • Setelah proses Check selesai selanjutnya centang lagi Main Pad Counter dan Klik Initialization dan tunggu hingga proses selesai. Cara Reset Printer Epson dengan Resetter
  • Jika proses reset printer selesai maka pada layar komputer akan memberikan notifikasi Please Turn On dan Turn Off your Printer. Dan silahkan anda matikan dan hidupkan printer epson anda untuk restat printer.
  • Selesai.

Jika dalam proses reset menggunakan software restter epson ini berhasil dan tereset dengan baik, maka tidak akan ada lagi error seperti lampu indikator berkedip dan printer berhasil direset untuk digunakan untuk aktifitas ngeprint lagi seperti sedia kala.

Demikianlah cara reset printer epson L110, L120, L210, L300, L350,L355 yang mengalami lampu indikator berkedip-kedip/blink dengan cara manual atau dengan menggunakan software resetter, Semoga tutorial diatas dapat membantu menyelesaikan masalah anda.

Baca Juga :

Nilai Kualitas Konten :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here