Home Laptop Penyebab Laptop Mati Saat Cas DiCabut

Penyebab Laptop Mati Saat Cas DiCabut

5/5 (2)

Penyebab Laptop Mati Saat Cas Dicabut – Apakah anda pernah mengalami laptop tiba-tiba mati setelah dicas? Meskipun lampu indikator baterai sudah menunjukan 100%, namun setelah charger di cabut malah laptop mati. Hal itu memang sesuatu yang teramat menjengkelkan karena seakan-akan baterai laptop tidak berfungsi sama sekali.

Mungkin sebagian orang mengira bahwa laptop mati karena baterai laptop sudah menurun atau rusak, padahal hal tersebut bukanlah satu-satu penyebab laptop mati setelah cas dicabut. Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan perhatikan ulasan dibawah ini.

5 Penyebab Laptop Mati Saat Cas Dicabut

Berikut ini adalah beberapa penyebab laptop mati setelah cas dicabut dari power listrik.

1. Terdapat Masalah Pada Controller

Mungkin selama ini anda menganggap indikator baterai laptop merupakan isi keterangan daya baterai yang sebenarnya. Perlu diketahui bahwa dengan melihat indikator bukan jaminan keadaan baterai laptop yang sebenarnya, sebab terdapat dua kemungkinan presentase baterai yang telah menunjukan hal itu.

Pertama ialah terdapat permasalahan pada bagian controller, Jika controller mengalami kerusakan maka ia akan memberikan keterangan palsu mengenai presentase baterai laptop dan yang kedua adalah baterai tidak bisa melakukan presisi terhadap sensor.

Nah untuk mengetahui cara mengatasi laptop mati saat cas dicabut pada bagian ini, silahkan bawa laptop ke tempat service yang anda percaya, sebab untuk bagian ini ada didalam laptop dan memperlukan keahlian.

2. Menggunakan Baterai Dengan Kualitas Rendah

Baterai laptop tentu sama seperti baterai pada HP smartphone android maupun barang elektronik lainnya. Yaitu kualitas baterai bisa diliat saat perangkat elektronik tersebut dipergunakan selama bertahun-tahun. Nah jadi apabila baterai laptop langsung drop setelah dilakukan pemakaian normal dan anda sering melakukan cas, maka bisa di pastikan bahwa penyebab-nya adalah kualitas baterai rendah.

Baterai dengan kualitas tinggi akan mengalami penurunan daya secara bertahap disaat pemakaian normal sekalipun. Maka dari itu, saat baterai di cas, daya listrik secara otomatis akan mengalir pada komponen komputer dan tidak akan mengisi daya pada laptop lagi.

Cara mengatasi laptop mati saat cas dicabut dalam hal ini ialah dengan mengganti baterai laptop dengan baru dan original. Anda bisa dapat baterai laptop baru yang dijual di toko khusus komputer. Namun jangan lupa beli batarei laptop yang original dan jangan beli baterai second.

3. Umur Baterai Laptop Menurun

Penyebab laptop mati saat cas dicabut selanjutnya adalah karena umur baterai sudah lama maka daya semakin melemah. Tentu hal ini sama seperti poin sebelumnya bahwa baterai yang berkualitas baik akan memiliki waktu lama dibandingkan dengan baterai laptop yang berkualitas rendah.

Jika baterai sudah mencapai batasanya maka secara otomatis baterai sudah tidak lagi dapat menampung daya listrik kembali, jadi sudah tidak herah apabila cas dicabut maka daya listrik akan terputus dan laptop akan mati.

Apabila baterai laptop masih dalam kondisi bagus, maka anda dapat mempelajari cara memperbaiki baterai laptop agar lebih optimal kembali agar laptop tidak mati lagi disaat cas dicabut. Selain itu cara memperpanjang umur baterai laptop juga perlu anda pelajari agar anda dapat menghemat baterai laptop.

4. Sering Melakukan Overcharger

Penyebab laptop mati saat cas dicabut ke empat adalah karena anda sering melakukan overcharger. Usahakan setelah lampu indikator sudah mencapai 100% segera cabut charger, agar baterai laptop awet dan tahan lama.

Perlu diketahui jika lampu indikator baterai laptop sudah menampilkan 100% namun charger tidak dicabut maka bisa membuat baterai mengalami overscharger dan mengakibatkan baterai laptop mengalami kebocoran. Tentu hal itu akan membuat kualitas baterai didalam menjaga daya listrik akan melemah dan akibat-nya baterai rusak.

5. Kerusakan Pada IC Charger

Penyebab laptop mati saat cas dicabut yang terakhir adalah terdapat kerusakan pada bagian IC Charger. Perlu diketahui bahwa motherboard terdapat IC charger yang memiliki fungsi sebagai alat kontrol bagi perangkat yang sedang melakukan charging.

Nah jika pada bagian IC charger ini mengalami kerusakan, tentu hal ini bisa menjadi penyebab laptop mati saat cas dicabut karena baterai laptop tidak terisi meskipun sudah dilakukan pengecesan dan hal ini pula yang dapat menjadi penyebab baterai mengalami kerusakan.

Cara mengatasi hal ini, ialah dengan membawa laptop ketempat service komputer yang dipercaya, karena untuk memperbaiki kerusakan pada bagian ini memperlukan tenaga ahli. Jika laptop anda masih garansi, alangkah baiknya jika anda memanfaatkan garansi tersebut untuk memperbaikinya.

Baca Juga:

Dari uraian diatas maka dapat kita simpulkan bahwa penyebab terjadinya permasalahan tersebut berasal dari baterai dan juga beberapa komponen yang berhubungan dengan baterai laptop. Tentu hal ini hampir sama dengan penyebab baterai laptop baru cepat habis.

Oleh karena itu, silahkan anda merawat kualitas baterai laptop dan perangkat elektronik lainnya sebaik mungkin, agar baterai laptop bisa tahan lama dan tidak mudah rusak. Demikianlah artikel mengenai penyebab laptop mati saat cas dicabut. Semoga bermanfaat.

Nilai Kualitas Konten :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here