Home Tips & Triks Penyebab Beserta Cara Mengatasi Email Masuk Spam

Penyebab Beserta Cara Mengatasi Email Masuk Spam

5/5 (1)

Penyebab Beserta Cara Mengatasi Email Masuk Spam – Pada kesempatan kali ini liputanteknologi akan membahas mengenai penyebab dan cara mengatasi email masuk spam dengan mudah. Bagi sebagian orang mungkin email masuk spam adalah sesuatu hal yang harus dihindari, terutama bagi pelaku bisnis yang menggunakan email sebagai saluran pemasaran usahanya. Tentu sangat berpengaruh sekali jika email masuk ke spam.

Seperti yang sudah diketahui bersama bila email sudah masuk ke spam, maka kemungkinan besar email itu tidak dibaca oleh penerima. Tentu hal itu sangat berpengaruh sekali terlebih bila isi email berisi sebuah pesan atau konten penting dan sangat mendesak. Sebagai contoh isi emailnya sebuah promo yang memiliki keterbatasan waktu, tentu hal itu membuat promo menjadi sepi sebab orang yang membuka dan membaca email yang dikirim sangat sedikit.

Selain itu stigma sosial tentang spam tersebut dapay mempengaruhi reputasi bisnis yang anda kerjakan. Tentu hal itu tidak anda inginkan bukan? Bisnis yang kita bangun tiba tiba memiliki reputasi jelek gara-gara email masuk ke spam.

Maka dari itulah saya akan menjelaskan penyebab email masuk ke spam. Dengan anda mengetahui penyebabnya, maka kemungkinan besar anda akan tau cara untuk mengatasi atau memperbaiki email yang masuk ke spam tersebut.

Ok kita langsung saja kebeberapa penyebab dan solusi mengatasi email masuk ke spam dengan mudah. Silahkan perhatikan ulasan dibawah ini secara seksama agar ke depan email yang dikirim tidak masuk ke spam lagi.

Penyebab dan Cara Mengatasi Email Masuk Spam

Untuk bagian pertama ini admin akan membagikan beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab email masuk spam. Kenapa email masuk ke spam? Berikut ini adalah permasalah yang sering di hadapi oleh para pengguna kirim email.

Inilah Penyebab kenapa email yang dikirim masuk spam :

  1. Cara mendapatkan alamat email yang dituju.
  2. Ip addres masuk dalam daftar blacklist spam.
  3. Masuk ke email filter.
  4. Terjerat konten filter.
  5. Email satu arah.

Cara Mendapatkan Alamat Email Tujuan

Penyebab pertama yang sering terjadi kepada email masuk spam ialah cara mendapatkan alamat email tujuan. Perlu anda ketahui cara yang paling aman untuk mendapatkan alamat email ialah dengan list building lewat opt in form. Hal itu disebabkan karena subcribers telah memberikan alamat emailnya secara sadar.

Apabila disaat anda mendapatkan alamat email tujuan dengan membeli dari pihak ketiga atau jalan scrapping, maka hal itu bukan saja membuat email masuk spam namun juga membuat email menjadi bounced.

Bounced merupakan suatu kondisi dimana email yang dikirimkan kembali ke email pengirim. Dan perlu diketahui bahwa bounced ini jauh lebih berbahaya dibandingkan dengan email masuk ke spam.

Untuk cara mengatasi email masuk spam permasalah tersebut ialah dengan tidak membeli list email atau melakukan aktivitas scrapping. Namun silahkan dapatkan alamat email melalui cara benar. Dengan anda mendapatkan alamat email yang halal maka akan menjadi solusi tepat agar email tidak masuk kembali ke spam. Anda bisa liat artikel berjudul cara membuat email yang benar.

IP Address Masuk Dalam Daftar Blacklist Spam

Penyebab kedua email masuk spam adalah karena ip address yang anda gunakan sudah masuk dalam daftar blacklist spam. Lebih jelasnya alamat server/IP address atau domain untuk mengirim email memiliki reputasi yang sangat buruk dan sudah masuk dalam blacklist spam. Hal itulah yang menyebabkan email yang ada kirim secara otomatis akan masuk dalam spam meskipun anda mengirimkan email banyak sekalipun.

Cara mengatasi email masuk ke spam permasalah ini ialah dengan melakukan delist atay menjadikan IP anddres ke dalam whitelist. Untuk langkahnya silahkan liat dihalaman liputanteknologi.com

Masuk Ke Email Filter

Penyebab selanjutnya yang membuat email masuk ke spam adalah karena masuk ke email filter. Maksutnya, email yang di kirimkan tidak masuk ke primary atau kotak inbox, melainkan masuke ke spam, forum, promotion atau mungkin update.

Email filter ini adalah salah satu kebijakan dari server penerima email. Jadi secara teknis sebagai pengirim email tidak dapat memiliki email yang dikirim akan masuk ke bagian tab mana, apakah email yang dikirimkan akan masuk ke spam atau update.

Nah untuk mengatasi atau solusi email masuk ke spam dengan penyebab tersebut ialah dengan anda meminta kepada penerima email untuk memasukan email yang anda kirim kedalam tab inbox.

Terjerat Konten Filter

Penyebab email masuk ke spam lainnya ialah karena terjerat konten filter. Artinya bahwa isi atau subjek email yang di kirimkan berisi kata-kata atau kalimat yang mengandung jargon spam. Contoh jargon spam adalah free, gratis, voucer, diskon, persen dan lain sebagainya. Selain itu kata-kata yang mengandung kekerasan dan promosi juga dapat menjadi indikator penyebab email yang dikirimkan masuk ke folder spam.

Cara untuk mengatasi email masuk spam permasalah tersebut ialah dengan selalu menghindari jargon-jargon, apalagi jika domain yang digunakan untuk mengirimkan email masih baru. Jadi solusi tepat untuk memperbaiki email yang masuk ke folder spam adalah mengindari kata-kata jargon.

Email Satu Arah

Penyebab terakhir email masuk ke spam ialah karena email satu arah, yang artinya bahwa disaat Anda mengirimkan email tanpa meminta penerima email untuk membalas email yang anda kirim. Hal itu bisa menjadi penyebab email masuk spam sebab pada dasarnya email berfungsi sebagai alat komunikasi dua arah.

Nah untuk cara mengatasi email masuk spam dalam hal ini adalah dengan mengajak penerima email untuk selalu membalas email yang dikirimkan.

Baca Juga:

Demikianlah beberapa penyebab beserta cara mengatasi email masuk ke spam. Semoga setelah anda membaca artikel ini bisa di jadikan solusi agar email yang dikirim tidak lagi masuk ke folder spam.

Nilai Kualitas Konten :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here