Home Laptop Ciri Ciri Kipas Laptop Rusak Yang Mudah Diketahui

Ciri Ciri Kipas Laptop Rusak Yang Mudah Diketahui

5/5 (2)

Ciri Ciri Kipas Laptop Rusak Yang Mudah Diketahui – Bagi pengguna laptop tentu pernah mendengar suara yang keluar di saat laptop dinyalakan. Taukah anda bahwa suara yang keluar dari laptop tersebut berasal dari kipas laptop. Kipas laptop ini memiliki fungsi untuk menjaga atau mengatur suhu processor agar tetapi stabil disaat hendak digunakan.

Akan tetapi didalam beberapa kasus terdapat beberapa masalah yang sering terjadi pada laptop dan salah satu permasalah yang sering dihadapi beberapa laptop ialah keluar suara pada bagian kipas laptop. Nah untuk mengetahui ciri-ciri kipas laptop jika mulai mengalami kerusakan, silahkan perhatikan ulasan berikut ini.

Ciri Ciri Kipas Laptop Rusak Yang Mudah Dideteksi

Berikut ini adalah tanda-tanda kipas laptop memulai mengalami kerusakan yang mudah diketahui:

1. Suara Kipas Laptop Berisik

Tanda-tanda kipas laptop mengalami kerusakan pada bagian pertama ialah kipas berbunyi cukup berisik. Hal itu bisa anda ketahui disaat menyalakan laptop pertama kali, jadi jika laptop dihidupkan akan berbunyi cukup keras dan bising kemudian di ikutin dengan suhu laptop hangat atau panas.

Silahkan anda cek suara laptop ketika pertama kali anda hidupkan. jika terdengar suara cukup kencang dan tidak mulus, mada dapat dipastikan jika kipas laptop bermasalah atau mengalami kerusakan

Untuk mengatasi suara kipas laptop berisik / rusak silahkan ganti kipas dengan yang baru.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Laptop yang Restart Lama

2. Laptop Sering Mengalami Overheat

Ciri-ciri kipas laptop rusak yang kedua ialah laptop sering mengalami overheat. Jika di saat anda memegang body laptop terasa panas atau laptop sering mengalami kepanasan maka bisa jadi terdapat permasalahan pada bagian kipasnya. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa fungsi kipas laptop adalah untuk pendingin sekaligus untuk membuat udara panas yang berada di dalam laptop.

Jika laptop sering mengalami overheat maka kemungkinan besar penyebab nya ialah kipas laptop tidak berfungsi / rusak. Anda dapat mengecek suhu laptop menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengetahui suhu laptop. Apabila suhu pada mainboard, GPU dan cpu yang ditampilkan menunjukan angka merah, maka dapat dipastikan bahwa laptop sedang mengalami overheat dan disebabkan oleh kipas tidak berfungsi secara maksimal.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas dan Mati Sendiri

3. Pada Bagian Pembuangan Tidak Ada Angin Yang Keluar

Jika belum mengetahui letak pembuangan angin pada laptop, anda bisa cek dibagian samping atau belakang body laptop karena disitu adalah letak pembuagan angin panas. Ciri-ciri untuk mengetahui kipas laptop rusak ialah dengan mendekati lubang pembuangan tersebut, jika tangan anda tidak merasakan udara keluar hangat atau panas maka bisa jadi kipas rusak, sebab lubang tersebut dibuat untuk mengalirkan udara panas keluar yang berada di dalam laptop. Dengan udara panas laptop keluar maka tidak bisa menjadi penyebab laptop mengalami overheat.

Silahkan anda coba rasakan dengan seksama apakah lubang tersebut terasa ada udara yang mengalir hawa panas pada telapak tangan anda? Pastikan bawah terdapat angin yang keluar dari lobang tersebut, seperti yang sudah diketahui bersama bahwa komponen komputer yang berfungsing untuk mengeluarkan hawa udara panas laptop ialah pada bagian kipas.

Baca Juga: Penyebab Komputer Sering Hang dan Cara Mengatasinya

4. Laptop Sering Mati Sendiri

Ciri ciri kipas laptop rusak selanjutnya ialah disaat anda beraktifitas menggunakan perangkat laptop namun tiba-tiba laptop mati sendiri. Banyak pengguna yang mengira jika penyebab laptop mati mendadak sendiri adalah karena laptop sedang mengalami overheat.

Meskipun secara fakta dilapangan memang benar adanya karena saat laptop disentuh terasa panas, akan tetapi hal itu tentu dapat terjadi karena terdapat beberapa komponen yang bermasalah. Tentu mainboard tidak akan mengalami permasalahan overheat apabila tidak terdapat penyebabnya. Nah satu satu penyebab laptop berlebihan panas yang menyebabkankan laptop mati ialah karena kompenen pada bagian kipas tidak berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Komputer Hang dan Penyebabnya

5. Kipas Laptop Tidak Berputar

Jika ingin memastikan apakah kipas laptop masih berfungsi dengan baik atau tidak, maka anda bisa membokar laptop dan menghidupkannya. Dengan begitu maka anda akan melihat secara jelas apakah kipas berputar dengan baik atau tidak. Apabila kipas berputar tidak terlalu kencang, tentu hal itu pertanda bahwa kipas bermasalah, karena pada umumnya kipas laptop harus bergerak dengan cepat agar processor tidak cepat panas.

Baca Juga: 5 Cara Memperbaiki Laptop Yang Rusak Dari Jenis Masalah KerusakanNya

6. Laptop Cepat Panas Ketika Menjalankan Program Berat

Apabila anda sudah memastikan bahwa kipas laptop tidak berjalan dengan baik, maka anda jangan terlalu kawatir karena laptop masih baik baik saja jika digunakan untuk beberapa program yang ringan. Namun hal itu akan berbeda jika anda menggunakan laptop dan menjalan program-program yang berat seperti membuka aplikasi grafis, bermain game atau menjalankan video.

Sebab jika anda menjalankan program yang berat pada laptop maka secara otomatis beberapa komponen akan bekerja lebih ekstra sehingga akan mengeluarkan hawa panas, dan untuk kipas laptop yang tidak berputar dengan maksimal atau rusak tentu dapat menjadi penyebab laptop cepat panas.

Jadi saya sarankan jika kipas laptop tidak bisa berfungsi dengan baik, jangan dipergunakan untuk menjalan program yang berat, agar kerusakan tidak menjalar ke komponen laptop lainnya.

Baca Juga:

Demikianlah ciri-ciri kipas laptop rusak yang mudah diketahui atau dideteksi. Perlu diketahui bawah kerusakan pada kipas laptop terjadi karena banyak faktor, salah satunya ialah usia laptop dan kondisi laptop di simpan atau digunakan. Usahakan anda jangan menyimpan laptop ditempat berdebu karena hal tersebut dapat membuat debu masuk kedalam kipas dan mengkibatkan kipas sulit berputar. Dan akibatnya kipas laptop akan mudah rusak. Semoga bermanfaat.

Nilai Kualitas Konten :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here