Home Printer Cara Test Printer Untuk Cek Warna Dan Head Cleaning Printer

Cara Test Printer Untuk Cek Warna Dan Head Cleaning Printer

5/5 (1)

Cara Test Printer Untuk Mengecek Warna Dan Head Cleaning Printer – Salat satu perangkat teknologi canggih yang bisa dipergunakan untuk mencetak gambar atau tulisan yang kita buat adalah Printer. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa printer merupakan sebuah alat elektromekanis yang bisa merubah gambar maupun teks yang berbentuk digital menjadi bentuk fisik. Dengan ngeprint maka kita bisa mendapatkan hasil yang berbentuk fisik. Namun selama ini yang sering menjadi kendala adalah hasil print bergaris, nah agar hal itu tidak terjadi maka sebelum mencetak gambar atau dokumen anda harus melakukan test printer terlebih dahulu seperti cek pada bagian kondisi warna tinta / cartridge apa masih bagus atau tidak.

Printer adalah suatu alat mencetak yang paling sering dibutuhkan di sebuah perusahaan untuk mendapatkan hasil cetak dokumen yang telah kita buat. Nah jika suatu saat ingin membeli printer, maka anda harus bisa mengecek kondisi printer dengan jelas, pengecekan mulai dari cek bagian power hingga test kondisi tinta warna printer.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa hasil dari pencetakan oleh printer dapat berwujud dalam teks maupun gambar berwarna itu dipengaruhi oleh banyak hal salah satunya kondisi cartrigde tinta warna.

Tujuan dilakukan pengecekan pada printer sebelum kita membeli ialah agar anda dapat mengetahui kondisi printer bagus atau tidak dan apakah perangkat printer tersebut mampu untuk melakukan pencetakan semua warna dengan bagus?

Dengan anda melakukan test pada printer bertujuan agar hasil pencetakannya tidak akan terbuang sia-sia.

Baca Juga: Cara Memperjelas Hasil Cetakan Printer Dot Matrix Epson LX 310 / LX 300+ii

Cara Test Printer Untuk Cek Warna dan Head Cleaning Printer

Terdapat dua cara yang bisa anda lakukan untuk test pada printer dan untuk melakukan cek pada warna tinta, yaitu dengan menggunakan tombol printer yang terdapat di bagian unit printer (test printer dilakukan secara manual) dan dengan menggunakan nozzle check. Perlu diketahui bahwa semua jenis printer memiliki nozzle di dalam pengaturannya.

Untuk tutorial cara test printer untuk cek warna dan juga head cleaning printer ini bisa digunakan di berbagai printer mulai dari printer epson L550, canon, samsung, brother, HP dan lain sebagainya.

Lantas bagaimana cara melakukan test printer mulai dari cek warna dan lain sebagainya, untuk jawabannya silahkan perhatikan ulasan di bawah ini.

Cara Test Warna Printer Menggunakan Nozzle Check

  • Untuk melakukan test warna printer dengan nozzle check ini silahkan hidupkan printernya terlebih dahulu, kemudian pada bagian tray printer silahkan siapkan dan masukan kertas kosong ukuran A4 minimal 3 lembar.
  • Selanjutnya pada perangkat komputer atau laptop silahkan anda klik icon serach lalu ketik control panel untuk menuju pengaturan printer.
  • Nah pada halaman control panel, silahkan anda pilih dan klik view device and printer.
  • Kemudian di anda akan dibawah ke halaman device and printer, silahkan anda pilih printer yang akan di test kondisi warna tintanya.
  • Silahkan pilih printer yang diinginkan, lalu klik kanan pada icon printer tersebut, kemudian pilih Printing Preferences.
  • Jika anda sudah beranda di bagian halaman printing preferences silahkan pilih maintenance.
  • Lalu pilih atau meng-klik tombol nozzle check, maka akan muncul jendala halaman nozzle check lalu klik print.
  • Silahkan tunggu hingga proses selesai, jika proses test warna pada printer sudah selesai, maka secara otomatis printer akan mencetak hasil test warna tersebut.

Apabila hasil cetak printer dengan warna cetakan pada kertas tidah terdapat garis terputus-putus, itu pertanda bahwa cartridge printer dalam keadaaan baik atau masih bagus, namun jika hasil cetak meliki garis cetak putus-putus, itu pertanda bahwa kondisi atau keadaan cartidge bemasalah / rusak. Selanjutnya kita ke cara test warna printer kedua menggunakan head cleaning.

Baca Juga: Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Mengalir Dengan Mudah

Cara Head Cleaning Printer

Cara kedua yang bisa anda lakukan untuk test warna printer ialah dengan menggunakan head celaning printer. Oh iya cara cek warna printer ini langkah-langkahnya hampir sama dengan menggunakan nozzle check.

  • Silahkan masuk ke pengaturan printer di perangkat komputer atau laptop.
  • Lalu pada halaman printing preferences silahkan anda pilih dan klik bagian maintenance.
  • Selanjutnya pada halaman maintenance pilih dan klik menu head cleaning maka akan muncul jendela popup di halaman head cleaning, silahkan anda pilih start untuk memulai melakukan proses head cleaning.
  • Kemudian tunggu hingga proses head cleaning printer selesai. Apabila proses telah selesai silahkan anda coba test printer untuk ngeprint atau mencetak foto atau dokumen yang berwarna.
  • Nah apabila hasil cetak-nya bagus, maka bisa disimpulkan bahwa proses head cleaning telah berhasil dan apabila hasil cetaknya jelek atau kurang bagus, maka anda perlu mengganti cartridge printer dengan yang baru.

Catatan: Jika anda sudah test warna printer menggunakan nozzle check, maka silahkan beri waktu sekitar 20 menit apabila ingin melakukan cek warna tinta printer menggunakan head cleaning. Hal itu bertujuan agar catridge tidak panas dan mengurangi resiko kerusakan.

Baca Juga:

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk test printer dengan melakukan pengecekan pada warna tinta serta cek kondisi cartridge. Dengan melakukan test pada hasil warna printer diharapkan dapat memberikan hasil cetakan yang bagus dan berkualiatas. Silahkan lakukan pengecekan warna tinta minimal dua minggu sekali agar head printer tidak tersumbat.

Nilai Kualitas Konten :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here