Home Printer Cara Setting Scan Agar Tidak Terpotong Termudah

Cara Setting Scan Agar Tidak Terpotong Termudah

5/5 (1)

Cara Setting Scan Agar Tidak Terpotong Dengan Mudah – Seiring kemajuan jaman atau bahasa keren nya digitalisasi, di jaman serba modern sekarang ini yang dulu nya dokumen berupa lembaran atau kolektif sekarang sudah bisa menjadi soft copy, sudah terbukti sudah banyak orang yang menggunakan soft copy pada dokumen yang dia punya tentunya karena banyak alasan dan kemudahan yang di tawarkan tentunya, salah satu kemudahan nya kita bisa menyimpan dokumen kita di flashdiks, CD serta juga di google drive atau media penyimpanan lain nya tanpa kita harus membawa dokumen lembaran.

Soft copy adalah file atau dokumen yang sebelum nya di buat dengan komputer atau dokumen yang sudah di print out lalu di scan, kemudia di simpan melalui media penyimpanan CD atau media penyimpanan lain-nya.

Cara Setting Scan Agar Tidak Terpotong

Majunya teknologi digitalisasi tidak di imbangi perangkat tersedia atau mendukung seperti  banyak kasus yang dialami saat melakukan scanner sebagian data ada yang terpotong atau tidak semua dapat di scan hal ini dapat mengurangi kelengkapan dari dokumen tersebut. Karena rata-rata scanner yang kita miliki hanya bisa scan di ukuran kertas A4, untuk kertas A4 mungkin kita bisa langsung melakukan scan karena sudah ada pengaturan di alat scanner kita akan tetapi kalau kita scan F4 tentu saja dokumen kita akan terpotong.

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi trik dan tips untuk mengatasi permasalahan dia atas, sehingga dokumen yang ukuran nya lebih dari A4 bisa kita memiliki soft copy nya tanpa terpotong karena kendala printer kita ukuran nya kurang besar untuk F4 berikut cara nya :

Baca Juga : Cara Scan Dokumen F4 Agar Tidak Terpotong

Scan Dokumen Menjadi Dua Bagian

Langkah pertama yang kita lakukan adalah kita harus scan dokumen F4 menjadi dua bagian yaitu 1 untuk bagian atas 2 untuk bagian bawah dengan format PDF.

Buka program photoshop  lalu klik menu file geser kebawah cari photomerge cari file yang sudah di scan klik browser masukan file 1 dan 2 lalu tekan OK. Untuk photoshop portable tidak bisa menjalankan pertintah ini pakai photoshop yang bukan portable.

Tunggu proses penggabungan selesai dokumen tidak akan terpotong lagi.

Kalau proses sudah selesai silahkan save sesuai ke inginan anda bisa PDF,PNG, JPG dan lain nya.

Atau bisa juga menggunakan cara alternative untuk scan dokumen adar tidak terpotong bila langkah di atas gagal

Masukan dokumen F4 yang akan di scan ke dalam printer lalu buka program photoshop masuk ke file pilih import pilih scanner yang ada punya susai tipe, lalu lakukan scanner pada dokumen F4 tadi dan hasil nya akan terpotong karena kapasitas nya hanya untuk A4, cara scan nya scan ke 1 posis menghadap ke atas yang ke 2 posisinya mengahap ke bawah.

Nah kita sudah mempunyai dua file yang berbeda yang bagian atas full yang bagian bawah terpotong lalu buat dokumen baru di photoshop dengan cara buka menu file lalu pilih new atau CTRL+N pada keyboard. Buat ukuran kertas F4 dalam adalah 21,9×33,02 cm atur resolusi menjadi 300 pixel lalu klik OK. Lalu klik menu image cari rotate canvaspilih 180 derajat sebelum di save rapikan dulu file yang sudah di gabungkan jadi satu.

Riber emang tapi saya yakin anda pasti bisa kalau ada kesulitan silahkan tulis di kolom komentar di bawah.

Baca Juga:

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan agar hasil scan tidak terpotong. Semoga artikel mengenai cara setting scan agar tidak terpotong ini dapat bermanfaat. Aamiin.

Nilai Kualitas Konten :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here