Home Printer Cara Scan Dokumen Beserta Tips Menyimpan Hasil Scanning

Cara Scan Dokumen Beserta Tips Menyimpan Hasil Scanning

0
5/5 (1)

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara seputar scan dokumen menggunakan printer dan menyimpan hasil scan dalam bentuk PDF di windows 7, liputanteknologi.com akan menjelasakan secara detail tetang cara scanning dokumen dengan mudah namun sebelum itu silahkan anda baca artikel mengenai Cara Edit Tulisan Hasil Scan PDF.

Untuk menyimpan hasil scanner ke format PDF di windows 7, kita membutuhkan aplikasi buatan pihak ketiga. Tidak sama seperti versi Windows versi terbaru sudah di lengkapi fax dan scan, di windows 7 Microsoft tidak menanamkan aplikasi Fax and Scan jadi kita harus instal driver printer terlebih dahulu anda bisa download google sesuai merk dan tipe printer, berbeda dengan windows 10 sekarang sudah di tanamkan Fax and scan yang anda bisa gunakan tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga  sehingga kita dapat memanfaatkan untuk menghubungkan antara windows 10 dengan scanner.

Cara Scan Dokumen ke Format PDF

Cara scan dokumen ke PDF ini terdapat dua cara yaitu dengan cara scan langsung ke format pdf  atau dalam format png dan jpg, lalu kita merubah format png dan jpg menjadi format pdf, berikut cara scan dokumen dengan printer.

  • Nyalakan printer anda
  • Siapkan dokumen yang akan di scan
  • Letakkan dokumen di dalam tempat scan  dengan posisi yang pas agar hasil scan bagus
  • Buka driver printer lalu pilih scan dalam bentuk pdf
  • Tunggu proses nya sampai selesai secara otomatis akan di save di picture.

Dan apabila anda sudah terlanjur scan dalam bentuk jpg,png dan lain nya anda tidak usah scan ulang karena kita bisa merubah format menjadi pdf tanpa harus scan ulang, karena tidak semua orang punya printer sehingga kita harus scan lagi berikut cara merubah file dalam bentuk PNG dan JPG menjadi format pdf, kita bisa mennggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu dengan nitro pdf  aplikasi ini bisa merubah format jpg dan png dan lain nya menjadi bentuk pdf dengan cara buka file yang akan kita rubah lalu pilih convert pilih to pdf lalu save.

Bila anda tidak ingin mengistal aplikasi di atas anda juga bisa merubah jpg dan png ke pdf secara online salah satu nya ilove pdf free, cara menggunakan nya nyapun sangat mudah cukup kita upload dokumen yang akan di jadikan pdf lalu pilih menu jpg pdf atau png ke pdf tunggu proses nya lalu dowload dokumen anda akan menjadi format pdf.

Tips Menyimpan Hasil Scan

Ada banyak cara untuk menyimpan hasil scan dokumen kita agar aman dan bisa sewaktu waktu kita membutuhan bisa kita gunakan, berikut cara menyimpan hasil scan, akan tetapi perlu kita ketahui ada kelebihan dan kekurangan yang perlu kita perhattikan dan ketahui.

Ada banyak cara untuk menyimpan hasil scan dokumen kita agar aman dan bisa sewaktu waktu kita membutuhan bisa kita gunakan, berikut cara menyimpan hasil scan.

1. Compact Disc ( CD )

CD adalah cakram optik digital yang digunakan untuk menyimpan data.

Kelebihan menyimpan dokumen dengan CD

  • Aman dari virus.
  • CD mudah disimpan dan tidak memakan banyak tempat.
  • Data dalam CD tidak bisa dihapus begitu saja. Tidak bisa menggunakan perintah “delete” langsung dari komputer. Jadi tidak akan ada file terhapus secara tidak sengaja.
  • Ketika CD sudah penuh, bisa membeli lagi yang baru karena harganya murah. Jadi tidak perlu menghapus data yang ada didalamnya. Kalau flashdisk ketika sudah penuh harus dihapus dulu agar bisa diisi lagi.

Kekurangan menyimpan dokumen dengan CD

  • Mudah tergores dan menyebabkan data tidak bisa dibaca oleh komputer. Jadi simpan dengan baik CD-nya agar bagian dalamnya tidak tergores, sehingga lebih awet.
  • CD bisa saja rusak jika disimpan dalam waktu lama, sehingga data didalamnya tidak bisa dibaca oleh komputer.

Cara menyimpan dokumen ke CD tanpa aplikasi sebagai berikut :

  • Pastikan komputer atau laptop sahabat memiliki CD/DVD Drive
  • Siapkan CD kosong yang akan di gunakan menyimpan dokumen
  • Masukan CD ke komputer
  • Copy files atau data-data yang akan disimpan di CD
  • Tunggu sampai proses selesai, kemudian klik [Finish]

2. flasdiks  

Flashdiks adalah sebuah alat penyimpanan data eksternal yang dihubungkan port USB yang mampu menyimpan berbagai format data dan memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Flashdisk dapat menyimpan data secara permanen walaupun aliran listrik pada rangkaian flashdisk diputuskan.

Cara menyimpandokumen ke dalam flashdiks sangatlah mudah dan gampang cara nya  dengan masukan  flashdiks ke port USB di komputer atau laptop anda lalu cari file yang akan di dismpan ke flashdiks dengan cara klik kanan pada dokumen yang akan di simpan lalu buka flasdiks anda lalu klik kanan pilih paste tunggu proses pemindahan sampai selesai maka selamat file dokumen anda sudah di save di flashdiks.

Kelebihan menyimpan dokumen di flashdiks

Sudah jelas ukuran nya sangat kecil simpel bisa di bawa kemana-mana dan sangat mudah di gunakan.

Kekurangan menyimpan dokumen di flashdiks

Karena ukuran nya sangat kecil seringkali kita lupa menaruhnya, rawan terkena virus atau corup, tidak mampu menyimpan file ukuran besar.

3. Hard disk

Hard disk adalah adalah sebuah komponen perangkat keras (hardware) untuk mendukung komputer atau laptop dalam menyediakan ruang untuk menyimpan data atau output dari berbagai proses data di komputer.

Cara menyimpan dokumen ke hard diks tidak jauh berbeda dengan flashdiks dengan cara masukan kabel hard disk ke lubang usd di komputer anda cari dokumen yang akan di simpan klik kanan pilih copy lalu masuk ke hardiks anda klik kanan pilih paste tunggu proses nya sampai selesai dokumen sudah di simpan di hardiks.

Kelebihan menyimpan dokumen di dalam hard diks

Ukuran nya simple bisa di bawa kemana-mana, kapasitas penyimpanan nya sangat besar sehingga mampu menyimpan file dalam ukuran besar.

Kekurangan menyimpan file di dalam hard diks

Harga nya relatif mahal, rentan terkena virus, sedikit lambat mengolah data .

4. Google drive

merupakan layanan penyimpanan online (cloud) milik Google. Google Drive memudahkan pengguna untuk menyimpan file melalui internet, sehingga dokumen Anda tidak akan hilang selama Anda mengetahui email dan password anda.

Cara menyimpan dokumen di google drive sangatlah mudah dan saat kita melakukan proses penyimpanan dokumen layanan internet dalam keadaan aktif dan anda harus mempunyai account google langkah nya sebgai berikut :

  • Buka browser di komputer anda ketik di pencarian Sig In Gmail
  • log in ke email masukan alamat email dan pasword google.
  • Setelah masuk klik pojok kanan pilih google drive maka akan terbuka jendela baru di halaman google drive.
  • Klik tambah lalu pilih upload file cari dokumen yang akan di simpan tunggu proses nya sampai selesai.

Kelebihan menyimpan dokumen di google drive

Memory penyimpanan yang sangat besar, dan dapat di akses gratis serta bisa di akses kapanpun menghemat karena anda tidak usah membeli flashdik atau hard diks yang harganya lumayan mahal.

Kekurangan nya menyimpan dokumen di google drive

Kelemahan penyimpanan data online adalah ketergantungan kita dengan jaringan internet. Untuk wilayah Indonesia tidak semua tempat memiliki akses internet yang memungkinkan dapat berjalan dengan lancar.

Baca Juga: Cara Mudah Scan Dokumen Dengan Scanner, Printer dan Aplikasi Scanner

Itu tips menyimpan dokumen, semua ada kelebihan dan kekurangan nya semoga artikel di atas dapat membantu anda dalam menyimpan file berharga anda dan juga dapat membantu anda di dalam melakukan scan atau scanning dokumen dengan mudah.

Nilai Kualitas Konten :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here