Home Printer Printer Anda Tidak Bisa Mencetak? Begini Cara Mengatasi Printer Pending

Printer Anda Tidak Bisa Mencetak? Begini Cara Mengatasi Printer Pending

No ratings yet.

Cara Mengatasi Printer Pending – Saat melakukan proses printing atau mencetak dokumen terkadang akan mengalami sebuah masalah yakni printer pending atau mengalami penundaan saat akan mencetak dokumen atau apapun yang Anda cetak lewat mesin printer Anda tentu saja. Nah, untuk Anda yang mengalami masalah printer pending tersebut jangan khawatir dulu atau langsung membawanya ke tukang servis karena bisa jadi itu hanya masalah simple.

Saat Anda mengalami printer pending biasanya ada dua hal yang harus perlu di cek yang pertama laptop atau komputer dan yang kedua adalah mesin printer tentunya, oleh karena itu lah kali ini LiputanTeknologi akan memberikan solusi untuk mengatasi masalah printer pending atau eror tersebut. Dan yang harus Anda ingat bahwa ini adalah cara yang umum di gunakan dan akan bekerja pada Windows 7 sampai seterusnya atau mungkin juga OS lainnya, berikut ini 3 cara untuk memperbaiki masalah printer yang pending / eror.

3 Cara Mengatasi Printer Pending

Cara Mengatasi Printer Pending
(contoh printer, foto : referensi pihak ketiga)

1. Restart dan Cabut Kabel pada Printer

Untuk cara yang pertama paling simpel untuk mengatasi printer yang eror / pending yakni cobalah untuk melakukan restart atau mematikan kemudian menghidupkan kembali laptop atau komputer Anda, karena dengan Anda restart Laptop atau Komputer akan memberhentikan sistem yang berjalan dan juga me-refresh sistem kembali.

Di samping Anda melakukan restart, Anda juga bisa untuk mencabut kabel USB pada printer (dimatikan) kemudian dipasang (dinyalakan) lagi beriringan dengan restart tersebut. Jika sudah lakukan restart silahkan coba melakukan print atau mencetak pada printer, apakah printer sudah bisa digunakan untuk mencetak atau masih pending, jika masih belum bisa silahkan liat langkah berikutnya.

Baca juga : Sejarah Singkat Printer dan Jenis-jenisnya

2. Memberhentikan Queue Printer

Printer queue adalah merupakan antrean dokumen atau file yang akan dicetak, terkadang saat kita melakukan pencetakan queue ini akan mengalami sedikit masalah misalnya antrean macet dan ketika macet yang terjadi adalah biasanya printer akan pending untuk mencetak. Dengan memberhentikan kemudian memulai dari awal lagi pada queue maka antrean tersebut akan terbarukan dan bisa jadi masalah printer pending tersebut sudah selesai.

Seperangkat elektronik
(alat elektronik komputer, laptop, dan printer. foto : referensi pihak ketiga)

3. Printer Spooler

Jika cara pertama dan kedua untuk mengatasi printer eror atau pending gagal cobalah untuk menggunakan printer spooler, printer spooler sendiri merupakan perintah yang berjalan di latar belakang atau background service. Pada dasarnya printer spooler sendiri merupakan perintah yang berfungsi untuk mengatur kerja printer di sistem operasi Windows. Nah, dengan kita me-reset pada bagian latar belakang, maka akan me-refresh sistem kerja printer dari laptop atau komputer.

Baca juga : Cara Setting Scan agar Tidak Terpotong

Untuk cara menggunakan printer spooler sendiri, yang pertama langsung saja klik Windows + R (program run) kemudian ketikan services.msc lalu klik ok. Setelah jendela terbuka kemudian cari menu pengaturan lalu klik kanan kemudian klik saja stop atau diberhentikan.

Setelah berhenti lakukan minimize jendela service, kemudian buka Explorer dan masuk ke folder C:WindowsSystem32spoolPRINTERS. Setelah itu langsung hapus saja file yang ada di dalamnya, dengan itu otomatis akan menghapus file corrupt tadi.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Merk Printer dengan Kualitas Terbaik

Nah, itulah 3 cara untuk mengatasi masalah printer pending. Jika Anda telah melakukan ketiga cara untuk memperbaiki printer eror tersebut dan masalah pending belum bisa untuk mencetak Anda bisa coba saja meng-install ulang saja pada laptop atau komputer, terakhir jika memang belum bisa serahkan saja pada ahlinya hehehe.

Nilai Kualitas Konten :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here