Home Printer Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer Laserjet Bergaris

Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer Laserjet Bergaris

5/5 (1)

Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer Laserjet Bergaris – Bagi Anda yang pernah mengalami hasil cetakan dari printer laserjet yang bergaris apa yang Anda lakukan? Jika langsung membawanya ke tukang servis maka bisa jadi Anda salah dalam mengambil keputusan, kenapa? Karena mungkin saja printer laserjet yang memiliki hasil cetakan bergaris sebenarnya bisa dibetulkan dengan cukup mudah dan tentunya tidak perlu mengeluarkan uang tambahan hanya untuk mengatasi printer yang bergaris.

Garis-garis yang cukup mengganggu pada hasil cetakan printer ini biasanya adalah garis vertikal atau memanjang ke atas karena memang sewajarnya karet wiper blade pada printer memang memiliki cara kerja untuk menghasil cetakan dari atas ke bawah dan tentu saja akan membentuk vertikal. So, untuk masalah printer laserjet yang bergaris biasanya memang ada pada karet wiper blade yang biasanya sudah aus atau mungkin tergores serta lecet. Sebenarnya bisa saja Anda langsung menggantinya dengan yang baru namun jika masih bisa diperbaiki kenapa tidak? Dan berikut ini adalah cara untuk mengatasi hasil cetak printer laserjet yang bergaris.

Langkah-Langkah Mengatasi Hasil Cetak Printer Laserjet Bergaris

Mengatasi-Laserjet-Bergaris
(illustrasi printer laserjet bergaris, foto : dokumentasi pribadi)

Baca juga : Cara Print atau Cetak Hasil Scan Seperti Asli

1. Siapkan Peralatannya

Sebelumnya disini kita hanya melakukan percobaan untuk membaliknya dari posisi bawah ke sisi atas saja jadi apabila nanti cara ini gagal maka Anda memang harus mengganti karet wiper tersebut. Untuk peralatannya ada obeng atau screwdriver kemudian double tape siapkan juga air dan tisu muka serta spidol permanen.

2. Proses Pembongkaran

Setelah Anda menyiapkan peralatannya langsung saja untuk melakukan pembongkaran pada printer, pertama matikan dulu printer-nya kemudian lepaskan cartridge toner dari printer-nya.

Setelah cartridge toner dilepas langsung saja dibongkar kembali pada cartridge toner-nya, jika sudah dibongkar langsung saja untuk melepas OPC drum, Primary Change Roller (PCR), dan Wiper Blade. Untuk cara melepasnya sendiri dengan mencopot bautnya.

Baca juga : Cara Mengatasi Printer yang Ready Tapi Tidak Bisa Nge-print

3. Proses Memperbaiki atau Membalik Wiper Blade

Langsung saja untuk proses membalik wiper blade, pertama tandai garis batas menempelnya karet wiper di besi wiper blade dengan spidol permanen (berguna untuk proses mempermudah penempelan agar lebih presisi). Setelah itu lepaskan karet wiper-nya dari besi wiper, lakukan dengan pelan dan hati-hati karena jika sobek artinya Anda harus membeli wiper blade baru.

Jika sudah dilepas maka karet dan besi wiper dibersihkan dari lem menggunakan air dan tisu, bersihkan sebersih mungkin. Setelah itu karet wiper dipasang kembali namun kali ini dibalik dari posisi awal, untuk memasangnya gunakan double tape yang sudah dipotong pas dengan tanda yang ditandai dengan spidol tadi.

4. Pemasangan Kembali

Langkah terakhir Anda harus memasangnya kembali muka dari OPC, PCR dan Wiper ke cartridge toner serta pasang pada printer kembali. Tapi sebelum dipasang pastikan kita memasang karet wiper-nya tepat dengan posisi awal karena jika tidak akan bermasalah, setelah dipasang coba kembali untuk Nge-print. Jika hasilnya tidak bergaris lagi maka selamat printer Anda sudah betul.

Baca juga : Printer Anda Tidak Bisa Mencetak? Begini Cara Mengatasi Printer Pending

Nah, itulah cara untuk mengatasi hasil cetakan pada printer laserjet yang bergaris dari LiputanTeknologi. Jika cara diatas ternyata hasilnya malah tambah buram atau garisnya masih ada maka terpaksa harus mengganti wiper blade-nya dan pada intinya Anda harus berani untuk mencoba hal-hal baru agar skill Anda bertambah tentunya.

Nilai Kualitas Konten :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here