Home Laptop Cara Cas Baterai Laptop Secara Manual Agar Awet

Cara Cas Baterai Laptop Secara Manual Agar Awet

5/5 (2)

Cara Cas Baterai Laptop Secara Manual Agar Awet Saat Digunakan – Salah satu kendala yang sering dihadapi disaat menggunakan laptop ialah pada ketahanan baterai yang tidak bisa lama. Sebagai contoh saat kita menggunakan laptop untuk beraktivitas tiba-tiba muncul notifikasi baterai sudah habis atau menerangkan bahwa daya baterai tinggal 20% padahal baru beberapa menit yang lalu sudah dicas.

Sebagian orang beranggapan bahwa baterai laptop telah rusak dan mereka akan memilih untuk membeli baterai yang baru dengan harga yang mahal meskipun mereka belum mengetahui secara jelas apakah baterai laptop beneran rusak atau tidak.

Dari pada menduga-duga baterai rusak atau tidak, alangkah baiknya jika anda mencoba cara agar baterai laptop dapat awet saat digunakan yaitu dengan menggunakan cas baterai laptop secara manual. Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan perhatikan ulasan berikut ini.

Cara Cas Baterai Laptop Secara Manual Agar Awet

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan pengecasan baterai laptop secara manual agar tahan lama saat digunakan.

1. Lakukan Pengecasan Seperti Biasa

Perlu diketahui bahwa cara manual merupakah langkah paling mudah dan sederhana untuk membuat baterai laptop tidak mudah nge-drop dan baterai tetap awet. Dengan menggunakan cara pengecesan baterai laptop secara manuai ini, kita tidak perlu menginstal program maupun software tertentu.

Cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pengecesan seperti biasa hingga mencapai 100 persen / baterai full. Nah disaat pengecesan baterai laptop sudah full, maka jangan langsung cabut chargernya, namun membiarkan laptop tersambung dengan arus listrik sekitar 2 jam. Dalam hal ini anda diperbolehkan menggunakan aktivitas laptop sambil menunggu proses ini hingga selesai, namun aktivitas yang penting saja ya.

Baca Juga: Cara Mencairkan Tinta Printer Yang Kering [TERMUDAH]

2. Masuk Pada Bagian Power Option

Apabila anda telah selesai melakukan pengecasan laptop sekitar 2 jam seperti langkah diatas, maka selanjutnya ialah dengan membuka control panel kemudian silahkan anda masuk ke bagian menu power option. Cara untuk membukanya ialah dengan mengarahkan kursor ke ikon baterai yang letaknya di pojok kanan bawah disamping icon wifi.

Jika anda sudah menemukan ikon baterai laptop silahkan klik kanan, maka secara otomatis anda akan melihat menu power option dan klik saja untuk membukanya. Apabila sudah berhasil membukanya maka anda akan melihat halaman windows power option, pada bagian tersebut terdapat berbagai menu pilihan atau opsi mengenai baterai laptop. Silahkan pilih dan klik menu Create Power Plan dibagian kiri, kemudian beri nama sesuai keinginan lalu tekan lanjutkan / Next.

Baca Juga: Bahaya Memakai Laptop Tanpa Baterai

3. Setting Pada Bagian Display

Langkah selanjutnya untuk cas baterai laptop secara manual ialah dengan melakukan setting pada bagian display. Caranya ialah dengan masih menuju ke bagian windows power option kemudian arahkan kursor pada setting Turn Off The Display, Dim the display dan Put The Computer To Sleep. Kemudian anda tinggal lakukan Turn OFF untuk mematikan setting yang disebutkan diatas, selanjutnya klik pada bagian create agar baterai bisa dipakai secara penuh tanpa halangan.

Baca Juga: Penyebab Laptop Mati Saat Cas DiCabut

4. Membiarkan Laptop Menyala Sampai Baterai Habis

Cara cas baterai laptop secara manual selanjutnya ialah dengan membuat baterai habis secara alami. Apabila sudah selesai mengatur settingnya, maka anda dapat kembali lagi ke menu awal kemudian membiarkan laptop menyala hingga benar-benar kehabisa baterai. Hal tersebut bertujuan untuk menghabiskan baterai secara alami dan tidak dipaksakan. Oleh karena itu anda bisa menggunakan laptop untuk beraktifitas namun jangan digunakan yang berat-berat seperti bermain game, desain grafis maupun untuk membuka aplikasi.

Baca Juga: Tips Baterai HP Tidak Cepat Rusak dan Awet

5. Diamkan Laptop Setelah Baterai Habis

Cara cas baterai laptop secara manual agar awet digunakan yang kelima ialah dengan membiarkan laptop sejenak setelah baterai habis. Setelah laptop sudah digunakan hingga baterai benar-benar habis, silahkan anda diamkan atau istirahatkan. Waktu yang digunakan untuk mengistiratkan atau mendiamkan laptop sekitar 5 jam lama. Hal itu dilakukan karena baterai akan kalibrasi sehingga memperlukan waktu lama agar sel-sel pada baterai laptop bisa berfungsi secara normal kembali.

Baca Juga: Ciri Ciri Kipas Laptop Rusak Yang Mudah Diketahui

6. Lakukan Pengecesan Laptop Kembali

Langkah terakhir untuk cas baterai laptop secara manual agar bisa bertahan lama ialah melakukan pengecesan ulang setelah laptop didiamkan selama 5 jam lamanya. Silahkan lakukan pengecesan laptop hingga baterai mencapai full 100% dan perlu diingat disaat proses ini berjalan, Anda dilarang untuk menggunakan laptop untuk melakukan beraktifitas, tentu hal ini berbeda dengan langkah pertama tadi. Hal ini bertujuan agar arus listrik bisa fokus untuk melakukan pengecesan atau pengisian baterai laptop tanpa ada hambatan.

Apabila baterai sudah full 100 persen, maka itu pertanda bahwa proses cas baterai laptop secara manual telah selesai dan anda bisa melakukan aktifitas seperti biasanya. Dan perlu diingat, silahkan lakukan pengecesaan kembali ketika laptop telah melihatkan notifikasi pengisian baterai sudah mulai melemah.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Laptop yang Restart Lama

Demikianlah cara cas baterai laptop secara manual agar awet digunakan dan tahan lama. Perlu diketahui bahwa penyebab baterai laptop cepat habis itu banyak sekali faktor yang mempengaruhinya. Mulai dari cara penggunaan yang berlebihan hingga umur baterai laptop sudah terlalu lama dan sudah dimakan usia.

Cara Pengesecan baterai laptop manual ini adalah merupakan salah satu cara untuk memperbaiki baterai laptop yang cepat habis. Sebetulnya masih banyak cara yang dapat digunakan untuk memperbaiki baterai laptop yang cepat habis mulai dari menggunakan software maupun dengan cara lain. Semoga cara cas baterai laptop secara manual ini dapat membantu anda untuk semakin mencintai dan merawat leptop dengan baik agar perangkat awet dan tahan lama saat dipergunakan. Oh ya anda juga bisa melihat artikel mengenai cara menghemat baterai laptop di halaman liputanteknologi.com

Nilai Kualitas Konten :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here