Home Tips & Triks Cara agar Anak Kecil Tidak Kecanduan dengan Smartphone atau Gadget

Cara agar Anak Kecil Tidak Kecanduan dengan Smartphone atau Gadget

5/5 (2)

Cara agar Anak Tidak Kecanduan dengan Smartphone atau Gadget – Sudah menjadi rahasia umum bahwa sekarang Smartphone atau Gadget sudah menjadi mainan utama untuk anak kecil zaman sekarang, banyak alasan yang membuat orang tua memberikan fasilitas Smartphone atau gadget. Salah satu alasan tersebut adalah anak tersebut menjadi lebih ‘anteng’ ketika bermain Smartphone atau gadget ini.

Faktanya anak kecil memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi, karena hal inilah anak kecil menjadi sangat aktif ketika melihat hal-hal yang baru. Jika si orang tua memberikan Smartphone otomatis akan terus mencari dan membuka apa yang ada di hp atau Smartphone. Sampai pada akhirnya dan semoga saja tidak terjadi adalah membuka hal-hal yang terlarang seperti konten-konten dewasa atau yang negatif lainnya dan nantinya akan mengganggu tumbuh kembang si anak tersebut.

Karena alasan inilah sebaiknya memang anak kecil jangan diberi fasilitas seperti Smartphone ini tentu saja jika Anda tak mau hal diatas terjadi pada anak Anda. Lantas bagaimana jika anak sudah terlanjur kecanduan Smartphone? Oleh karena hal inilah LiputanTeknologi akan membahas tentang tips atau cara agar Anak tidak kecanduan dengan Smartphone ini.

Selain itu perlu dicatat juga bahwa jika anak kecil sudah kecanduan dengan Smartphone biasanya tidak mau untuk bermain dan bersosialisasi dengan alam serta lingkungan sekitarnya kemudian yang jadi catatan kecil juga bahwa radiasi dari Smartphone atau ponsel ini cukup berbahaya untuk anak. Dan berikut ini adalah 5 cara agar anak kecil tidak kecanduan dengan Smartphone atau hp tersebut.

5 Tips agar Anak Kecil Tidak Kecanduan dengan Smartphone :

1. Sosialisasikan kepada Anak Tentang Dampak dari Teknologi

Sebelum Anda melarang si anak untuk berhenti bermain Smartphone, Anda jangan sampai melarangnya begitu saja dengan langsung merebut atau menyembunyikan dari jangkauan anak maka berikanlah alasan mengapa Anda melarang untuk bermain Smartphone tersebut.

Jika keadaannya Anda melarang tanpa alasan maka akan membuat anak semakin bertanya-tanya dengan keadaannya bahkan yang terparah adalah si anak akan merasa bahwa orang tuanya tidak sayang kepadanya, hal ini lagi-lagi akan berbahaya untuk tumbuh kembang si anak.

2. Alihkan Perhatian Anak dari Smartphone

Cara yang kedua ini sebenarnya masih berhubungan dengan cara yang pertama intinya setelah anak dilarang untuk bermain Smartphone maka harus diberi gantinya yaitu dalam rangka pengalihan perhatian seperti diberikan mainan yang sesuai umurnya misal anak laki-laki maka bisa dikasih mobil-mobilan atau mainan robot dan sebagainya sedangkan untuk perempuan bisa saja dikasih boneka atau peralatan masak mainan.

Setelah itu jangan lupa pula untuk ajak anaknya bermain atau jika tidak maka diperbolehkan untuk main dengan anak seusianya, hal ini memang repot tapi bagaimanapun juga ini untuk anak Anda.

3. Cobalah untuk Menonton di samping Anak

tips-agar-anak-tidak-kecanduan-dengan-smartphone
(ilustrasi orang tua mendampingi anak bermain gadget, foto : referensi pihak ketiga)

Bagaimanapun jika anak memang sudah kecanduan akan sulit untuk menghentikannya, maka hal itu harus dilakukan dengan berangsur-angsur atau dikasih waktu main hp tapi saat si anak bermain hp harus diawasi seperti dengan cara ikut menonton di samping si anak.

Dengan cara ini maka secara tidak langsung Anda sebagai orang tua akan mengawasinya dengan penuh sehingga anak pun akan merasa diberikan perhatian lebih, hal ini juga bagus untuk anak yang memang sudah terlalu kecanduan dengan Smartphone atau hp apalagi jika sudah mencapai level ‘parah’ seperti membuka konten-konten negatif.

4. Ajak Selalu Si Anak untuk Berbicara atau Bercerita

Salah satu alasan orang tua memberikan fasilitas Smartphone adalah agar anaknya nurut atau anteng saat orang tuanya kerja, ya walaupun hal itu terlihat bagus tetapi jangan juga dibiarkan sampai kecanduan.

Maka orang tua disini sebaiknya harus sesekali atau sesering mungkin untuk mengajaknya bercerita atau mengobrol istilahnya, bisa Anda menceritakan dahulu masa kecil Anda yang telah dibuat agar anak mendapatkan sebuah pengajaran dengan Anda yang memulai bercerita maka si anak pun lama kelamaan akan terbuka dengan Anda sehingga waktu untuk bermain Smartphone-nya akhirnya berkurang.

5. Buatlah Aturan dan Pedoman

tips-agar-anak-tidak-kecanduan-dengan-smartphone
(ilustrasi anak yang dibiasakan untuk taat peraturan, foto : referensi pihak ketiga)

Cara yang terakhir adalah membuat aturan yang bijak serta pedoman untuk kehidupan anak Anda kedepannya, peraturan-peraturan disini adalah tujuannya sama dengan yang peraturan biasa yakni untuk menertibkan anak agar perilakunya tidak menyimpang sebagai orang tua yang baik saya yakin Anda semua tahu mana yang baik dan tidak untuk dijadikan peraturan buat anak tersebut, berilah hukuman jika tidak menaati dan hadiah jika taat pada peraturan yang Anda buat tadi.

Selain itu berikanlah pedoman, yakni anggapan anak ini nanti besar mau jadi apa. Contohnya Anda ingin anak Anda jadi seorang penghafal Al-Quran maka sejak kecil pun harus dibiasakan untuk membaca Al-Quran tersebut.

Nah, itulah 5 cara atau tips agar anak kecil yang Anda miliki tidak kecanduan lagi dengan yang namanya Smartphone atau gadget. Disini LiputanTeknologi seakan-akan memberi kesan merepotkan orang tua tetapi bagaimanapun juga jika Anda memang mempunyai impian agar memiliki anak yang baik serta dapat membanggakan Anda, maka anak pun harus dilatih agar selalu bisa dibanggakan. Selalu ingat pula bahwa jika hal yang berlebihan pasti tidak akan baik, contohnya seperti kecanduan dengan Smartphone. Itu saja dari LiputanTeknologi dan sampai jumpa di artikel berikutnya, Anda juga bisa membaca artikel tentang 5 Teknologi Terbaru yang Berdampak Buruk bagi Manusia dan Lingkungan.

Nilai Kualitas Konten :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here