Home Laptop Bahaya Memakai Laptop Tanpa Baterai

Bahaya Memakai Laptop Tanpa Baterai

5/5 (2)

Bahaya Memakai Laptop Tanpa Baterai – Mungkin anda pernah menggunakan laptop tanpa baterai untuk melakukan aktivitas dengan berbagai alasan, mulai dari kualitas baterai menurun atau baterai laptop rusak.

Memang kebanyakan pengguna lebih memilih menggunakan aktifitas laptop tanpa baterai dari pada harus membeli baterai baru atau dengan kata lain user lebih memilih menggunakan arus listrik dengan adaptor secara langsung.

Perlu diketahui, padahal hal tersebut sangat membahayakan dan dapat mengakibatkan kerusakan pada laptop, untuk mengetahui kerusakan apa saja jika menggunakan laptop tanpa baterai, silahkan perhatikan ulasan berikut ini.

Bahaya Menggunakan Laptop Tanpa Baterai Yang Tidak Disadari

Berikut ini adalah beberapa kerusakan yang bisa dialami laptop jika tidak menggunakan baterai.

1. Motherboard Cepat Rusak

Bahaya memakai laptop tanpa baterai yang pertama adalah dapat memicu kerusakan pada bagian motherboard. Perlu diketahui bahwa komponen pada komputer dan laptop memiliki sedikit perbedaan. Jika pada komputer sumber arus listrik tidak langsung diterima pada komponen komputer namun arus listrik akan melewati power supply terlebih dahulu. Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa fungsi power supply pada komputer adalah untuk memberikan kestabilan sumber listrik pada semua komponen komputer.

Hal tersebut sama dengan laptop yang memiliki baterai. Fungsi baterai pada laptop itu bukan hanya untuk memberikan daya listrik pada laptop saja, namun juga sekaligus berfungsi sebagai penyaring arus daya, sehingga motherboard laptop bisa menerima daya listrik dengan stabil.

Jika laptop dihidupkan tanpa menggunakan baterai, maka secara otomatis arus listrik akan diterima motherboard laptop secara langsung tanpa adanya penyaringan terlebih dahulu. Dan hal itu akan menjadi salah satu penyebab motherboard laptop rusak karena menerima daya listrik secara berlebihan.

2. Sistem Inverter Tidak Bisa Berfungsi

Disaat anda beraktiftas dengan laptop tanpa menggunakan baterai maka sistem inverter pada laptop juga tidak berfungsi dengan baik. Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa fungsi sistem inverter adalah untuk mengatur tegangan listrik masuk ke dalam komponen laptop. Dan sistem inverter ini berada didalam bagian baterai laptop. Jadi sistem inilah yang bertugas menjaga tegangan listrik dari arus listrik kemudian disaring dan dikirim ke komponen laptop.

Jadi bisa diambil kesimpulan, apabila baterai laptop tidak digunakan dan arus listrik langsung ke laptop, maka arus listrik tidak akan mendapatan penyaringan terlebih dahulu dari sistem inverter. Dan akibatnya komponen laptop akan menerima tegangan listrik yang tidak stabil dan kemudian bisa menjadi penyebab beberapa komponen laptop mati atau rusak hingga bisa menyebabkan laptop terbakar dengan mudah.

3. Beberapa Chipset Laptop Bisa Rusak

Menggunakan aktiftas laptop tanpa baterai bukan hanya mengakibatkan motherboard cepat rusak saja namun juga bisa membuat beberapa chipset didalam laptop pun akan mengalami kerusakan, hal itu dikarenakan chipset menerima arus listrik secara langsung tanpa ada penyaringan dari baterai laptop terlebih dahulu. Komponen chipset seperti RAM, Processor, VGA, Harddisk dan lain-lain juga akan terkena dampaknya. Meskipun kebiasaan ini tidak langsung dirasakan namun dalam waktu dekat akan membuat kerusakan pada beberapa komponen laptop didalam.

Kualitas adaptor juga berpengaruh terhadapap beberapa komponen laptop. Jika anda menggunakan adabtor yang bukan original atau memiliki kualitas adaptor yang tida bagus maka dapat memicu kerusakan laptop lebih cepat.

4. Laptop Dapat Mati Saat Mati Listrik

Dampak yang paling terlihat disaat anda menggunakan laptop tanpa baterai ialah disaat listrik PLN padam maka laptop akan tiba-tiba mati mendadak. Seperti yang sudah kita ketahui bersama jika komponen laptop dan komputer mati mendadak dapat merusakan hardware lebih cepat.

Meskipun hal tersebut dampaknya tidak langsung terlihat, namun dalam jangka panjang hardware yang dimakan usia sangat mudah rusak. Bahkan anda perlu menggantu hardware lama dengan hardware yang baru.

5. Rawan Terjadinya Korsleting Listrik

Dampak yang paling bahaya disaat memakai laptop tanpa baterai ialah rawan terjadi konsleting listrik yang bisa membuat kebakaran pada laptop, hal itu terjadi karena komponen laptop menerima arus listrik secara langsung tanpa melalui penyaringan dan membuat komponen laptop panas.

Baca Juga:

Demikianlah beberapa efek buruk yang terjadi apabila anda memakai laptop tanpa menggunakan baterai, semoga setelah anda mengetahui bahaya memakai laptop tanpa baterai ini dapat membuat anda lebih hati-hati didalam penggunaannya. JIka kondisi daya baterai laptop sudah menurun alangkah baiknya jika anda membeli baterai laptop baru.

Nilai Kualitas Konten :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here