Home Uncategorized Langkah-Langkah Membuat Iklan di Facebook Ads

Langkah-Langkah Membuat Iklan di Facebook Ads

0

Cara membuat iklan di facebook ads secara benar supaya iklan sesuai dengan target yang telah ditentukan. Bagi temen-temen yang kemarin setelah mengikuti MINI KOPDAR cara beriklan di facebook ads dan masih bingung dan atau malah lupa step by stepnya, maka di artikel ini saya ingin mencoba mengulas kembali dalam bentuk artikel.

Dalam artikel ini akan saya jelaskan beserta gambarnya supaya untuk mempermudah temen-temen dalam membuat iklan baru facebook ads yang bisa dicontoh persis atau bisa dikembangkan sendiri lebih luas. Teruslah mencoba dan jangan takut salah karena didalam dunia teknologi itu hanya ada dua pilihan Next atau Close.

Jika temen-temen memilih NEXT maka proses akan berlanjut dan jika temen-temen memilih CLOSE maka ya sudah cukup sampai disini saja dan tidak ada proses selanjutnya. Jadi sebelum membuat iklan pahami dulu alur-alurnya dan tools2nya.

Baca Juga : Cara Download Video Facebook Menggunakan HP

Cara membuat iklan facebook dari step by step dibawah ini :

A. Langkah Pertama. Log In Facebook

Masuk ke beranda Facebook di www.facebook.com dan log in dengan akun Anda, maka akan muncul halaman beranda atau home anda seperti gambar dibawah ini

cara membuat iklan di facebook

Langkah selanjutnya klik CREATE dan pilih AD seperti gambar diatas, maka akan terbuka jendela baru yaitu ADS MANAGER Facebook.

Baca Juga : Cara Membuat Tulisan Berwarna Di Facebook

B. Langkah Kedua Membuat Tujuan Iklan atau Campaign.

cara membuat iklan di facebook

Pada menu Ads Manager ini anda akan ditampilkan banyak pilihan namun yang harus anda pilih dan tentukan pertama kali adalah tujuan anda beriklan.

Didalam tujuan iklan atau Campaign ini anda akan tunjukkan menu-menu seperti gambar diatas dan disetiap menu memiliki tujuan yang berbeda-beda. Berikut penjelasan dari menu-menu campaign diatas dan anda harus paham dulu dari setiap menunya :

1. Kesadaran atau Awareness.

  • Kesadaran Merk/ Brand Awareness : Memperluas brand awareness kepada audience, dan menampilkannya pada audience yang tertarik.
  • Jangkauan / Reach : Menjangkau sebanyak-banyaknya audience dengan menyesuaikan budget Anda

2. Pertimbangan atau Consideration.

  • Lalu Lintas Kunjungan / Traffic : Meningkatkan jumlah kunjungan pada website Anda
  • Interaksi / Engagement : Jika Anda ingin memasang iklan untuk lebih berinteraksi dengan audience, seperti mendapatkan like atau tanggapan dari audience, maka ini adalah option yang tepat.
  • Pemasangan Apliaksi / APP Installs : Opsi ini berlaku jika Anda memiliki aplikasi di playstore atau platform manapun dan menarik audience untuk mengunduh aplikasi Anda.
  • Penayangan Video / Video Views : Jika Anda membuat konten berupa video, maka opsi ini akan menarik banyak audience untuk melihat video Anda.
  • Pembuatan Prospek / Lead Generations : Opsi ini berupa pengumpulan data dari audience yang tertarik dengan produk Anda, berupa email.

3. Konversi / Conversion.

  • Penjualan Katalog Produk : Untuk menampilkan katalog produk Anda, sesuai dengan minat dari audience
  • Kunjugan Toko : Opsi ini berlaku untuk Anda yang memiliki toko offline. Iklan ini akan menarik audience untuk mengunjungi toko offline Anda.

Nah untuk tahap selanjutnya sesuai dengan MINI KOPDAR Kemarin maka anda beriklan di facebook dengan memilih Interaksi / Engagement dan silahkan di Klik Engagement dan Scroll kebawah untuk mengisi data-data sebagai berikut.

cara membuat iklan di facebook

Pada Campaign Name silahkan isi sesuai dengan judul iklan yang akan diiklankan, sebagai contoh : Engagement – Merry Riana – Video, jika anda mau beriklan tokoh motivator dalam bentuk video.

Selanjutnya Klik Continue .

Baca Juga : Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook

C. Setting AD SET NAME

cara membuat iklan di facebook

Silahkan isi Ad Set Name sesuai dengan iklan yang akan anda buat, karena dari awal saya ingin mengiklankan Tokoh motivator Merry Riana dalam bentuk Video maka nama Awalan Ad Set Name samakan dengan nama Campaign. Pada nama Ad Set Name ini anda harus menambahkan keterangan Selanjutnya sesuai dengan settingan Audience Anda. Tujuannya untuk mempermudah anda dalam analisa settingan Ad Set Name iklan anda.

Jadi Format pemberian namanya adalah sebagai berikut : Nama Campaign – Umur – Lokasi – Target Iklan. atau Bisa Nama Campaign – Umur – Lokasi – Jenis Kelamin- Target Iklan.

cara membuat iklan di facebook
  • Langkah selanjutnya isikan data Locations secara regional yaitu Indonesia atau bisa secara spesifik yaitu Kota. Ingat lokasi harus indonesia ya? karena target iklan anda adalah orang-orang indonesia.
  • Age / Umur isikan rentang umur yang ingin anda target, sebagai contoh saya menarget 27 sd 31 Tahun anda bisa mengutak atik sendiri sesuai selera anda dan tetap memperhatikan Potential Reach yang ditunjukkan oleh indikator kanan atas seperti spedometer tersebut. Rentang Reach yang disarankan adalah 800.000 s.d 2.000.000.
  • Isikan Jenis Kelamin yang anda target.
  • Isi Detail Targeting atau Target iklan. Dalam menentukan detailed targeting ada indikator yang harus anda perhatikan jadi tidak asal memasukkan data.
  • Sebagai contoh jika anda ingin menyasar iklan anda ke orang-orang yang suka Motivator maka silahkan fokuskan sama tokoh motivator seperti Merry Riana, Ippo Santoso dll atau bisa Interst tentang Asuransi, Bank, MLM dll dan ingat harus satu tema target jangan dicampur-campur. Kalau anda targetnya Asuransi ya asuransi saja jangan ke target lain.

Baca Juga : Cara Menghapus Akun Facebook Secara Permanen

D. Setting Placements atau Lokasi Iklan Akan Tayang

cara membuat iklan di facebook

Didalam menu Placements ini ada dua pilihan yaitu

  • Automatic Placements adalah iklan akan ditayangkan secara otomatis oleh facebook ditempat yang sudah ditentukan oleh facebook itu sendiri. Dengan memilih Automatic ini iklan akan tayang juga di 3 aplikasi yaitu Facebook, Istagram dan Audience Network.
  • Edit Placements adalah dimana iklan akan ditayangkan sesuai yang anda inginkan entah itu hanya tayang di facebook saja atau di Istagram saja terserah kemauan anda sendiri. Caranya dengan hanya mencentang di platform yang kita inginkan saja seperti contoh iklan hanya tayang di Facebook saja.

Sesuai dengan yang sudah dipraktekkan Mini Kopdar kemarin maka anda pilih Automatic Placements.

E. Budget & Schedule / Anggaran dan Jadwal.

cara membuat iklan di facebook

Nah pada tahap Anggaran dan Jadwal ini yang harus anda lakukan hanyalah mengisi menu Budget and Schedule saja. Silahkan isikan dana yang bisa untuk iklan anda dan pilih Daily Budget yaitu sebagai contoh Rp. 13.000

Untuk melanjutkan proses pembuatan iklan Facebook Ads silahkan Klik CONTINUE

F. Setting AD

cara membuat iklan di facebook
  • Isikan Ad Name sesuai dengan Nama pada Adset, Tujuan memberikan nama yang sama adalah untuk mempermudah anda dalam menganalisa hasil iklan anda nanti, Jadi penamaan itu sangat penting untuk mengambil keputusan dalam beriklan.
  • Pada bagian Identity anda harus memilih Fanspage mana yang akan anda jadikan iklan jika anda punya banyak Fanspage jangan sampai salah pada tahap ini. Fanspage harus sesuai dengan apa yang anda iklankan dan harus ada korelasi yang sama.

G. Membuat Media Iklan atau Create AD

cara membuat iklan di facebook

Setelah anda pilih Create Ad silahkan scroll kebawah dan Pilih Media untuk menguploud konten yang akan anda iklankan silahkan pilih Add Media.

cara membuat iklan di facebook
  • Setelah anda pilih Add Media nanti anda akan dihadapkan dua pilihan yaitu Add Images dan Add Video sesuai konten yang akan anda jadikan iklan, setelah anda klik maka akan ada pilihan menggunakan media yang sebelumnya sudah anda uploud di Fanspage anda atau Uploud Media Baru. Namun karena mau iklan baru silahkan pilih Uploud
  • Pada bagian Link yaitu pada kolom Primary Texts silahkan isikan kata-kata CopyWriting sesuai target iklan anda, Buatlah kata-kata yang menarik dan bisa membuat orang penasaran dan bisa memberikan Like, Komen dan Share.

Setelah semua tahapan diatas sudah terisi dan tersetting dengan benar maka langkah selanjutnya scroll kebawah dan Klik Tombol Hijau CONFIRM untuk melanjutkan Iklan.

H. Setting Metode Pembayaran Iklan.

Untuk metode pembayaran Facebook ads ini ada tiga cara yaitu.

  1. Menggunakan Kartu Kredit atau Kartud Debit berlogo VISA
  2. Bank Transfer.
  3. Facebook Ad Coupon
cara setting pembayaran iklan di facebook

Jika anda memiliki kartu debit mandiri atau Jenius maka bisa menggunakan kartu tersebut untuk beriklan, silahkan masukkan nomer kartu, Tgl Exp dan Security Code pada kartu anda. Namun jika anda tidak punya kartu debit berlogo VISA maka anda bisa menggunakan metode transfer dari bank apa saja.

Sekian tutorial cara membuat iklan facebook ads, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua dan dapat membantu anda dalam belajar facebook ads. Tunggu artikel selanjutnya untuk settingan yang lain dari facebook ads.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here