Home Epson Cara Memperbaiki Tinta Printer Epson Tidak Keluar

Cara Memperbaiki Tinta Printer Epson Tidak Keluar

Cara Memperbaiki Tinta Printer Epson Tidak Keluar Segala Tipe – Mesin pencetak atau biasa kita sebut printer memang bukan barang yang baru lagi, karena semua orang sudah memilikinya untuk kebutuhan bisnis maupun kebutuhan untuk mencetak tugas kuliyah. Bahkan sekarang banyak produsen printer yang telah memproduksi Printer Dibawah 1 Juta Dengan Kualias Baik.

Salah satu merk printer yang cukup populer dikalangan masyarakat adalah Seiko Epson yang telah menyediakan berbagai model dan kebutuhan mencetak dokumen standar hingga printer untuk mencetak gambar dengan resolusi tinggi.

Selain memiliki harga yang terjangkau printer epson juga memberikan tutorian mengenai Cara Setting Printer Epson Untuk Cetak Photo Berkualitas Tinggi yang akan mempermudahkan penggunanya untuk mencetak dengan hasil maksimal.

Meski printer merk epson memiliki banyak kelebihan, suatu saat ia akan bermasalah juga. Seperti hasil cetakan miring, hasil cetakan bergaris atau lain sebagainya. Hal tersebut merupakan wajar karena namanya perangkat elekronik suatu saat akan mengalami error juga seperti printer epson ini.

Oleh karena itu pada pembahasan kali ini, saya akan memberikan sebuah informasi mengenai cara memperbaiki printer error. Berikut tutorial cara mengatasi perinter epson yang bermasalah.

Baca Juga: Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris Termudah

Tinta Printer Tidak Keluar Saat Digunakan Untuk Mencetak

Masalah yang sering dihadapi printer epson adalah tinta printer tidak keluar disaat di gunakan untuk mencetak (Biasanya ini terjadi pada printer epson L210 dan T13x). Dalam hal ini tinta printer atau catridge tidak keluar sama sekali dan mengakibatkan hasil cetakan kosong.

Bisa juga tinta printer keluar namun hasil cetakan tidak rata dan bergaris. Hal itu biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Dan cara untuk memperbaiki printer epson dengan permasalah tersebut adalah sebagai berikut

Baca Juga: Cara Mengatasi Printer Error Paling Mudah

1. Catridge atau Tinta Printer Kosong

Pada saat ini masyoritas printer khususnya merk epson menggunakan 4 warna tinta / catridge seperti cyan, magenta, yellow dan black biasa kita kenal istilah C-M-Y-K. Namun ada juga printer epson yang menggunakan kombinasi 6 warna seperti cyan, magenta, yellow, black dan light magenta serta light cyan. Semua tergantung dari jenis dan tipe printer yang digunakan.

Yang di maksud dengan Catridge pada printer epson adalah tangki tinta, karena cartidge itu menyatu dengan head sedangkan cartidge pada printer epson terpisah dengan head. Jadi jika salah satu catridge kosong maka hasil cetakan tidak bisa optimal atau bergaris.

Maka bisa kita ambil kesimpulan jika bahwa penyebab hasil cetakan kosong itu dikarenakan catridge atau tinta printer kosong.

Cara yang harus anda lakukan untuk memperbaiki printer epson tersebut ialah dengan memeriksa dan memastikan bahwa semua tangki tinta penuh dan tidak dalam keadaan kosong.

Jika catrigde printer menggunakan jenis MCISS maka anda bisa periksa satu persatu tangki tinta printer tersebut. Sedangkan untuk catridge yang ber-jenis CISS anda bisa cabut semua tangki tinta kemudian memeriksanya satu persatu selanjutnya silahkan anda periksa dan pastikan jika semua tangki tinta terisi dan selang pada tangki tinta sudah mengalir secara normal.

Untuk memeriksa tinta printer kosong atau tidak silahkan buka control panel.

  • Buka Control Panel
  • Kemudian pilih dan klik view devices and printers
  • Lalu pada printer epson silahkan klik kanan dan pilih printing preferences
  • Maka akan muncul jendela printing presferences, lalu silahkan klik maintenance
  • Kemudian pada tombol Ink Catrige Replacement silahkan di klik kemudian next
  • Maka catrige printer epson akan bergeser ke replacement position

Baca Juga: Cara Setting Printer EPSON LX-300 / LX300+ / LX-310

2. Head Printer Epson Tersumbat

Apabila anda telah melakukan pengecekan pada catridge dan ternyata tinta printer sudah terisi penuh, maka langkah selanjutnya ialah dengan memeriksa bagian head printer. Biasanya head printer ini tersumbat karena printer sudah lama tidak digunakan untuk mencetak dan mengakibatkan tinta menggumpal atau head rusak.

Cara terbaik untuk memperbaiki printer epson yang mengalami permasalahan ini ialah menggunakan head cleaning selanjutnya cetak sample page. Apakah hasil cetak masih buram atau tidak jelas. Jika iya, silahkan ulangi proses head cleaning sampai hasil cetakan printer bagus dan jelas.

Cara head cleaning pada printer epson.

  • Buka Control Panel
  • Kemudian pilih view device and printers
  • Lalu pilih printer epson dan klik kanan kemudian pilih printing preferences
  • Maka akan mucul jendela printing preferences lalu pilih dan klik maintence
  • Selanjutnya pada klik tombol head cleaning dan Next
  • Setelah itu printer akan melakukan proses cleaning untuk memberisihkan head pada tinta printer.

Baca Juga: Cara Mencairkan Tinta Printer Yang Kering

3. Head Printer Rusak

Jika tinta sudah terisi penuh dan sudah melakukan head cleaning namun printer masih error atau tidak bisa mencetak, maka dapat dipastikan jika head printer rusak. Dan cara untuk memperbaiki printer epson yang mengalami kerusakan pada head printer adalah dengan menggantinya dengan yang baru.

Apabila anda sudah mahir atau berpengalaman maka anda bisa memperbaiki dan mengganti komponen printer yang rusak tersebut sendiri, namun bila anda belum mahir, silahkan gunakan cara teraman untuk memperbaiki printer epson tersebut yaitu dengan membawanya ketempat service printer.

Baca Juga:

Printer Menarik Kertas Lebih Dari Satu di Saat Mencetak

Kerusakan selanjutnya yang sering dialami oleh printer epson adalah printer menarik kertas lebih dari satu saat digunakan untuk mencetak dokumen. Untuk lebih jelasnya mengenai cara memperbaiki printer yang menarik kertas banyak silahkan perhatikan ulasan dibawah ini.

Disaat mencetak beberapa halaman pada sebuah printer, seharusnya printer akan menarik kertas satu persatu, namun sering sekali printer epson menarik kertas lebih dari satu dan membuat kertas kosong terselip kemudian printer memunculkan tanda error.

Cara untuk memperbaiki printer kasus ini adalah dengan mengganti roller penarik kertas dengan yang baru, dan solusi terbaik untuk mengatasi masalah printer yaitu dengan meminta bantuan teknisi ahli untuk mengganti roller penarik kertas printer tersebut.

Namun jika anda mengetahui cara memperbaiki roller penarik kertas printer tersebut dan ingin menggantinya sendiri, maka anda bisa mencari komponen printer tersebut di toko terdekat anda.

Baca Juga:

Lampu Indikator Printer Epson Berkedip (Blinking Error)

Blinking error pada printer epson memiliki 2 jenis, yaitu general error dan non general error.

General error terjadi jika terdapat kerusakan pada komponen printer yang mengakibatkan printer error sedangkan untuk non general error terjadi apabila ada kerusakan pada perangkat lunak printer seperti driver printer. (Baca Juga: Cara Install Driver Printer Kasir )

Apabila Anda mendapati warning “Blinking It’s Time To Reset Ink Level” dan “Blinking Printer’s Ink Pad Is At The End Of Its Service Live” pada layar monitor itu pertanda kerusakan non general error.

Dan cara untuk memperbaiki permasalah printer tersebut yaitu dengan melakukan reset printer epson. Anda bisa menggunakan tool resetter untuk me-reset printer epson error tersebut. Dengan begitu anda bisa mengatasi masalah blinking error pada printer.

Jika anda belum memiliki tool resetter anda bisa install di pencarian google dengan mengetik kata kunci epson t13x resetter. (Baca Juga: Cara Reset Printer Canon iP 2770 )

Apabila lampu indikator berkedip silahkan tekan dan tahan tombol reset pada printer selama 3-5 detik, dengan begitu printer akan melakukan proses head cleanng secara otomatis, namun apabila printer masih error silahkan gunakan tool resetter printer epson

Jika blinking error terjadi disebabkan karena printer mendeteksi jika sudah tidak ada tinta di dalam cartidge, maka cara untuk mengatasinya ialah dengan mengecek ketersediaan tinta dalam printer kemudian mengisinya.

Oh iya terkadang warning blinking error mucul meskipun tinta catridge masih dalam keadaan penuh. Dan hal tersebut wajar, sebab printer tidak mendeteksi jumlah tinta berdasarkan volume tinta di dalam tangki tinta, namun printer mendeteksi berdasarkan perhitungan pemakian (proses head cleaning juga dihitung karena membutuhkan tinta).

Mungkin anda juga akan mendapatkan printer error dengan warning wate ink full yang artinya bahwa tinta pembuangan dalam keadaan penuh. Jadi anda tidak perlu heran dan kawatir, melainkan anda harus cek kondisi printer, supaya bisa menggunakan cara memperbaiki printer error yang tepat.

Baca Juga:

Demikianlah cara memperbaiki printer yang error khususnya pada printer merks epson

Apabila anda pertanyaan mengenai cara memperbaiki atau mengatasi printer epson yang berkedip atau hasil cetak bergaris silahkan tulis dikolom komentar.

Sekian dan Trimaksih atas kunjungannya semoga anda berhasil mengunakan cara memperbaiki printer epson untuk mengatasi permasalah printer anda.

Cara memperbaiki printer epson error pada semua tipe epson. terdapat 11 cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasi printer epson yang error tersebut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here