Home Laptop Cara Membersihkan Monitor Terkena Jamur

Cara Membersihkan Monitor Terkena Jamur

Apakah monitor anda terkena jamur dan ingin menghilangkan jamur di monitor tersebut? Berikut penjelasan mengenai cara membersihkan monitor terkena jamur yang perlu diketahui.

Layar monitor LCD sering menjadi masalah utama diwaktu kita ingin mempergunakan komputer atau laptop untuk bekerja.

Salah satu masalah yang sering timbul di dalam monitor laptop kita adalah adanya jamur di dalam layar monitor LCD.

Munculnya sebuah jamur itu bukan hanya suatu kebetulan namun bisa disebut sebagai suatu kesengajaan. Karana bila monitor terkena jamur itu pertanda bahwa anda kurang melakukan perawatan pada laptop khususnya pada bagian layar. Padahal Cara Membersihkan Layar Laptop tergolong sangat mudah.

Asal anda tahu bahwa penyebab monitor terkena jamur itu bisa juga terjadi karena laptop jarang digunakan. Apabila laptop jarang dipakai akan membuat kelembapan didalamnya sehingga akan membuat monitor LCD terkena jamur.

Cara Membersihkan Monitor LCD Yang Terkena Jamur

Cara Menghilangkan Jamur di Dalam Monitor LCD memang perlu di ketahui oleh pengguna laptop yang tidak pernah melakukan perawatan.

Karena jika monitor terkena jamur akan membuat kita terganggu diwaktu menggunakan laptop untuk menulis atau lain sebagainya.

Berikut ini penjelasan mengenai cara membersihkan monitor yang terkena jamur.

1. Menyiapkan Alat Pembersih Monitor

kain pembersih layar monitor

Tentu sebelum anda memulai untuk melakukan pembersihkan jamud di dalam layar monitor ialah dengan menyiapakn alat pembersih terlebih dahulu.

Alat pembersih layar laptop itu antara lain kain microfiber atau kain halus, air bersih, cotton but dan air pembersih kaca.

Meskipun terlihat sederhana, namun alat tersebut satu satunya yang mampu digunakan untuk menghilangkang jamur di dalam monitor.

Setelah anda sudah menyiapkan alat pembersih monitor tersebut, maka selanjutnya kita ke tahap pembersihan.

Baca Juga: Cara Membersihkan Layar LCD HP Termudah

2. Membersihkan Layar Monitor Terkena Jamur.

Menghilangkan jamur di dalam monitor

Langkah kedua untuk membersihkan layar monitor ialah dengan mematikan komputer atau laptop terlebih dahulu.

Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan ulasan tentang cara membersihkan monitor dibawah ini.

  • Silahkan dipastikan, jika tidak ada arus listrik yang masuk (cabut kabel power + Baterai Laptop). Hal tersebut bertujuan agar tidak terjadi konsleting diwaktu membersihkan jamur yang menempel di monitor.
  • Kemudian perhatian titik jamur yang berada di monitor. Apakah jamur berada di tengah monitor, di dalam monitor atau di pojok monitor.
  • Jika anda sudah menemukan titik jamur di monitor, maka silahkan ambil kain microfiber yang disiapkan tadi kemudian semprotkan air pembersih kaca tersebut di kain halus tersebut. Ingat jangan sampai basah kuyup namun yang agak lembab.
  • Setelah itu, usapkan kain microfiber pada bagian titik jamur monitor secara perlahan dan seirama. Jangan terlalu menekan diwaktu menghilangkan jamur di monitor. Sebab Layar monitor sangat reta sekali, bila terlalu keras bisa mengakibatkan kerusakan komponen monitor.
  • Lakukan cara memberihkan monitor tersebut secara berulang, hingga jamur pada monitor dipastikan menghilang.
  • Dan pada bagian sisi monitor yang terkena jamur, gunakan cotton but, caranya semprotkan air pembersih ke cotton but, kemudian lakukan pembersihkan di sela sela monitor dengan pelan-pelan dan seirama.

Setelah anda melakukan cara membersihkan monitor yang terkena jamur diatas, maka sudah dapat dipastikan jika jamur pada monitor telah hilang. Untuk memastikan lakukan pengecekan pada monitor.

Baca Juga: Cara Membersihkan Layar Laptop Touchscreen

3. Menyalakan Monitor / Laptop

Menghilangkan Jamur di dalam Monitor LCD

Apabila anda merasa bahwa menghilangkan jamur di monitor LCD telah berhasil, maka selanjutnya ialah dengan memastikan apakah jamur sudah beneran menghilang dari layar monitor. Caranya ialah.

  • Menyalakan laptop, namun sebelum menyalakan pastikan terlebih dahulu jika layar sudah benar-benar kering dan tidak ada sisa air sedikitpun.
  • Setelah laptop berhasil menyala kemudian buka MS word, hal ini bertujuan untuk mendapatkan background yang cerah. Jika layar monitor cerah tentu anda akan mengetahui apakah masih terdapat sisa jamur yang menempel atau tidak.
  • Jika sudah, maka anda bisa memastikan bahwa layar monitor sudah bersih dan jamur sudah menghilang dari dalam monitor.

Baca Juga:

Demikianlah tutorial cara membersihkan monitor yang terkena jamur. Silahkan sayangi perangkat komputer anda, dengan cara merawatnya khususnya pada bagian monitor. Agar tidak menjadi penyebab monitor terkena jamur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here