Home Surat Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil Bekas Yang Benar

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil Bekas Yang Benar

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil Bekas Yang Benar
Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil Terlengkap

LIPUTANTEKNOLOGI.COM – Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil Bekas Yang Benar – Disaat Anda ingin membeli mobil bekas tentunya anda harus memperhatikan kondisi mobil dan juga kelengkapan dokumen transaksi jual beli mobil seperti BPKB, STNK dan FAKTUR, selain itu salah satu alat penting untuk melakukan transaksi jual beli ialah dengan membuat surat perjanjian jual beli mobil. Meskipun surat perjanjian sebagai syarat formal hukum di Negara Indonesia, namun surat jual beli mobil ini juga bisa dijadikan sebagai kwitansi tanda bukti pengesahan bahwa pemilik mobil (pihak pertama) telah memberikan mobil tersebut kepada pembeli (pihak kedua). Dengan maksud agar tidak ada kesalahpahaman kedua belah pihak dikemudian hari.

Lantas bagaimana contoh surat perjanjian jual beli mobil bekas yang benar? Sebelum kita membahas mengenai bentuk surat perjanjian jual beli mobil alangkah baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu fungsi dan manfaat akta jual beli mobil bagi penjual maupun pembeli. Dengan maksud setelah anda mengetahui fungsi akta jual beli secara detail maka anda akan mengerti tentang apa yang harus anda tulis di surat perjanjian jual beli mobil.

Baca Juga: Dokumen Yang Diperlukan Saat Transaksi Jual Beli Mobil Bekas

Fungsi Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil Bekas Yang Benar
Manfaat Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

Berikut ini adalah fungsi atau manfaat akta jual beli mobil yang wajib anda tahu sebelum anda ingin memutuskan melakukan transaksi jual beli.

  • Memastikan pihak pertama dalam surat ialah sebagai pemilik dari mobil yang diperjualbelikan.
  • Memastikan adanya metode pembayaran yang benar sehingga tidak akan terjadi sebuah penipuan dalam transaksi jual beli mobil.
  • Memastikan bahwa spesifikasi dan kondisi mobil sudah sesuai dengan kesepakatan yang telah diketahui bersama baik itu pihak penjual maupun pihak pembeli.
  • Memastikan agar penjual benar-benar sudah melakukan pemindahan tangan mobil yang dijual kepada pihak pembeli secara legal.
  • Memastikan tidak ada komplain kemudian hari, yang berada di luar kesepakatan yang telah ditulis.

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil Bekas

Setelah Anda sudah mengetahui fungsi surat perjanjian jual beli mobil ini, dan selanjutnya kita membahas cara membuat surat perjanjian jual beli mobil bekas. Sebagai penjual maupun pembeli harus memahami dengan benar apa yang dituangkan dalam surat perjanjian. Berikut ini contoh surat perjanjian jual beli mobil bekas yang benar, silahkan liat gambar berikut ini.

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil Bekas Yang Benar
Pembukaan Surat Perjanjian Jual Beli Mobil
Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil Bekas Yang Benar
Isi Surat Perjanjian Jual Beli Mobil
Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil Bekas Yang Benar
Penutupan Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

Apabila anda kerepotan untuk membuat Format surat perjanjian, Anda bisa melihat di Format Surat Perjanjian Jual Beli Mobil Bekas kemudian anda klik dan download surat perjanjian jual beli mobil ini, kemudian anda rubah sesuai keinginan.

Surat perjanjian yang sudah di jelaskan atas sudah secara legal diterima oleh hukum di Indonesia. Anda bisa membuat format surat perjanjian jual beli mobil bekas di word atau dengan anda menekan format surat diatas.

Baca Juga:

Bagaimana sudah paham, kan? Apa saja yang perlu dituangkan dalam setiap pasal dalam surat perjanjian jual beli mobil bekas maupun baru. Semuanya ialah hasil penjabaran yang ditulis dalam bentuk pasal agar antara kedua belah pihak lebih jelas mengenai bagaimana kesepakatan yang telah disepakati.

Melalui surat ini, maka kedua belah pihak tidak akan dapat melakukan klaim yang merugikan satu sama lain. Lantas kapan sih surat tersebut diperlukan? Apakah semua jenis mobil perlu melakukan transaksi secara resmi menggunakan surat perjanjian jual beli seperti di atas?

Tentu tidak, karena terdapat beberapa spesifikasi khusus yang mengharuskan penjual dan pembeli mengeluarkan surat perjanjian yang harus disetujui bersama.

Syarat Formal Penggunaan Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil Bekas Yang Benar
Cara Penggunaan Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

Berikut ini merupakan penjelasannya mengenai penggunaan perjanjian jual beli mobil bekas:

  • Nilai jual beli transaksi yang cukup besar, dan sangat dikhawatirkan apabila kemudian hari akan sangat merugikan apabila ada kecurangan.
  • Pelunasan dilakukan secara bertahap /non tunai.
  • Mengurangi resiko perselisihan diantara kedua belah pihak yang ikut dalam transaksi jual beli.
  • Sebagai barang bukti transaksi sudah dilakukan yang terbukti secara hukum di Indonesia.

Demikianlah cara membuat surat perjanjian jual beli beserta contoh surat perjanjian jual beli mobil bekas yang benar. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu anda di saat ingin melakukan transaksi jual beli mobil anda. Sekian dan trimaksih atas kunjungannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here