Home Printer Cara Memperbaiki Scanner Barcode yang Tidak bisa Scan Barcode

Cara Memperbaiki Scanner Barcode yang Tidak bisa Scan Barcode [MUDAH]

Cara Memperbaiki Scanner Barcode yang Tidak bisa Scan Barcode
Tutorial Lengkap Tentang Cara Memperbaik Scanner Barcode Rusak

LIPUTANTEKNOLOGI.COM – Cara Memperbaiki Scanner Barcode yang Tidak bisa Scan Barcode. Apasih scanner barcode itu? Scanner barcode adalah sebuah alat yang digunakan untuk membaca kode-kode yang berbentuk garis vertikal. Dan garis vertikal itulah yang disebut dengan barkode.

Scanner barcode ini biasanya digunakan oleh kasir supermarket, alat yang bisa memancarkan warna merah dan untuk mengecek barang yang dibeli oleh konsumen. Keuntungan menggunakan scanner barkode ini banyak sekali antara lain:

  • Barcode dapat memperkecil risiko kesalahan didalam menginput data barang yang diakibatkan oleh kesalahan operator komputer ataupun kasir.
  • Barcode bisa mempercepat proses di dalam memasukan data sehingga bisa mengurangi panjangnya antrian.

Namun alat barcode ini seperti halnya barang elektronik lainnya yaitu tidak selamanya mulus dan awet. Dan apabila alat barcode rusak solusi terbaiknya ialah dengan memperbaikinya karena apabila anda membeli barcode baru tentunya akan mengeluarkan uang banyak, apalagi kita sudah tahu bahwa harga barcode mahal. Lantas Bagimana solusi bila scanner tidak bisa scan barcode?

Cara untuk mengatasi scanner barcode rusak tentunya sangat berbeda dengan cara mengatasi scanner tidak terdeteksi. Maka dari itulah liputateknologi pada artikel kali ini akan membantu dengan memberikan informasi mengenai Cara Memperbaiki Scanner Barcode yang Tidak bisa Scan Barcode, dengan tujuan agar anda bisa menyelesaikan masalah scanner barcode rusak sendiri tanpa harus membeli alat yang baru.

Berikut ini adalah tutorial cara mengatasi scanner barcode tidak bisa scan:

1. Perbaikan dari software

Cara Memperbaiki Scanner Barcode yang Tidak bisa Scan Barcode
Perbaiki Software Scanner Barcode

Contoh ini dari perbaikan Scanner LXE MX8. Maksud dari perbaikan dari software scanner barcode ini ialah dengan mengembalikan setingan yang terdapat pada Scanner Barcode atau biasa kita kenal dengan istilah reset pabrik. Dan cara untuk mengembailkannya secara default scanner barkode ini adalah sebagai berikut.

  • Ketika scanner dalam keadaan nyala, silahkan anda klik Star lalu Run. Selanjutnya silahkan anda, tulis “CLEARHIVE” kemudian silahkan klik OK. Apabila nanti akan muncul notifikasi reset ke default, maka silahkan anda langsung klik OK saja.
  • Setelah anda menekan OK maka otomatis Scanner akan restart sendiri. Kemudian silahkan tunggu sampai scanner muncul jendela home atau desktop.
  • Setelah itu maka scanner barcode sudah kembali normal dan sudah bisa melakukan scan barcode kembali.

Note: Jika scanner masih belum dapat scan barcode, maka silahkan anda lanjut ke proses selanjutnya dibawah ini.

Baca Juga:

2. Perbaikan dari Hardware

Cara Memperbaiki Scanner Barcode yang Tidak bisa Scan Barcode
Perbaiki Hardware Scanner Barcode

Cara kedua untuk memperbaiki scanner barcode tidak bisa scan barcode ini apabila cara pertama yang sudah dijelaskan diatas belum bisa membuat scanner barcode kembali normal/belum bisa untuk scan barcode. Langkah kedua untuk mengatasinya ialah dengan memperbaiki bagian hardware.

Pada bagian hardware ini tidak hanya melalui software saja karena cara ini juga melibatkan komponen hardware dari scanner itu sendiri. Cara memperbaiki scaner barcode dengan hardware ini ialah pertama yang harus dilakukan ialah dengan melepas baterai utama kemudian juga lepas baterai backup yang berada di bagian dalam scanner. Cara seperti ini tentunya hampir sama seperti kita melakukan reset setingan bios komputer. Hal tersebut mirip itu pada bagian cara melepas baterai CMOS-nya. Yaitu dengan membongkarnya terlebih dahulu karena baterainya ada di dalam scanner.

Berikutnya ialah dengan mengganti komponen scanner pada bagian laser. Dan letaknya berada sibagian sisi atas scanner yang biasanya mengeluarkan cahaya laser ketika disaat scanner melakukan scan. Perlu Anda ingatkan, penggantian laser dilakukan apabila lasernya tidak mengeluarkan cahaya pada saat proses scan.

Apabila laser sudah diganti namun scanner barcode masih tidak bisa scan, maka selanjutnya ialah dengan cek pada bagian mainboard. Apabila anda memiliki suku cadang yang masih bagus, silahkan anda coba untuk menukarnya agar dapat memastikan bahwa mainboarnya tidak mengalami kerusakan. Oh iya perlu anda ingat, pada saat melepas secket kabel baterai backup atau pada baterai yang ada di dalam, silahkan anda pastikan melakukannya secara hati-hati karena kabel tersebut sangat rapuh sehingga mudah putus.

Baca Juga:

3. Periksa Kabel Data

Cara Memperbaiki Scanner Barcode yang Tidak bisa Scan Barcode
Perbaikan Kabel Data Scanner Barcode

Setelah anda membongkar baik dari sisi hardware maupun sisi software namun scanner barcode masih belum bisa untuk scane barcode. Maka selanjutnya silahkan anda coba cek bagian kabel datanya, karena hal ini sering menimpa Scanner Barcode yang tidak bisa scan hanya karena kabel datanya terhubung sebagian (colokan tidak sampai mentok). Maka dari itu untuk menekan kabel datanya ke port USB sampai mentok (benar-benar tertancap). Jika kabel data sudah disambungkan sampai mentok dan ternyata masih gagal / tidak bisa juga, maka cobalah pakai kabel data yang lain.

Demikianlah 3 cara memperbaiki scanner barcode yang tidak bisa scan barcode. Sebetulnya masih ada beberapa faktor lain yang bisa menjadi penyebab scanner tidak bisa scan, antara lain.

  • Barcode produk sudah rusak
  • Barcode yang tidak sesuai dengan scanner.
  • Scanner Barcode yang belum di setting dengan beberapa jenis barcode yang mau di scan. Maka dari itulah ada beberapa yang masih belum compatible.
  • Ukuran Barcode yang terlalu kecil sehinggga sangat menyulitkan disaat menggunakan Scanner Barcode.
  • Jarak Barcode dengan Scanner Barcode terlalu dekat

Dan, apabila yang menjadi kendala saat melakukan scan barcode atau scanner tidak bisa scan barcode karena alasan-alasan di atas, maka silahkan anda ikutilah tips agar scanner barcode bisa untuk scan kembali. Berikut ini:

  • Disaat melakukan scan, silahkan dan pastikan bila anda sudah melakukan memposisikan barcode pada tempat yang tidak terlalu gelap atau tempat yang terlalu terang karena dapat berpengaruh pada sinar infra merah yang terdapat pada Scanner Barcode tersebut.
  • Kemudian lihatlah posisi lampu scanner apakah lurus /condong ke bawah.
  • Pada saat dilakukan scanning, silahkan anda gunakan gerakan scanner dari atas barcode atau dari bawah barcode secara perlahan-lahan dan tepat. Jangan digerakan secara acak atau secara cepat dari atas kebawah.
  • Selanjutnya perhatikan juga jenis Scanner serta fungsinya, Apabila yang digunakan Scanner Barcode berjenis laser, linear imager, dan juga 2D imager, maka silahkan anda gunakan jarak di antara 5cm-30cm. APabila yang digunakan berjenis CCD Scanner, maka  silahkan anda gunakan jarak di antara 1cm-5cm.
  • Berikutnya pada ukuran Barcode. Jika ukuran Barcode semakin kecil, maka gunakan scan pada jarak yang dekat. Sebaliknya, jika ukuran Barcode lebih besar, maka gunakan scan pada jarak yang agak jauh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here