Home Surat Cara Membuat Faktur Penjualan

Cara Membuat Faktur Penjualan [CONTOH & DOWNLOAD FAKTUR PENJUALAN GRATIS]

LIPUTANTEKNOLOGI.COM – Pada artikel kali ini kita akan membahas secara lengkap mengenai faktur penjualan, dari mulai cara membuat faktur penjualan, contoh faktur penjualan hingga download faktur penjualan menggunakan software gratis.

Apakah ada yang tau apa itu faktur penjualan? Faktur penjualan ialah sebuah lembaran bukti transaksi kepada pelanggan atas pembelian suatu barang/jasa.

Apa umumnya faktur penjualan ini dikirim oleh pemasok bersamaan dengan pengiriman barang. Namun juga sudah banyak para supplier juga mengirimkan faktur penjuan setelah barang diberikan.

Dalam membuat faktur penjualan sebetulnya tidaklah sulit karena terdapat banyak sofware akutansi. atau dengan membuat faktur penjualan secara manual menggunakan excel.

Maka dari itu liputanteknologi akan memberikan informasi cara manual membuat faktur penjualan di excel berserta contoh dan download format faktur penjualan jika anda tidak bisa membuatnya sendiri.

Cara Membuat Faktur Penjualan Secara Manual Dengan Excel

Jika anda bertanya tentang cara membuat faktur penjualan. Maka anda berada di Artikel yang pas karena secara garis besar liputanteknologi akan membahas mengenai cara membuat faktur penjualan salah satunya dengan menggunakan template invoice dalam excel.

Kita tidak hanya menggunakan blank page. Cara membuat faktur penjualan bisa dilakukan dengan memilih format invoice yang berada dalam template business.

Silahkan perhatikan cara membuat faktur penjualan menggunakan Excel yang ada dibawah ini :

  • Langkah awal untuk membuat faktur penjualan ialah dengan anda membuka Aplikasi Microsoft Excel.
Cara Membuat Faktur Penjualan
Cara Membuat Faktur Penjualan di Excel
  • Kemudian Pilih File lalu New From Other Template. Kemudian ada beberapa pilihan yang ada, silahkan anda pilih template invoice.
Cara Membuat Faktur Penjualan
Pilih Menu Invoice
  • Selanjutnya akan muncul beberapa template invoice, silahkan anda pilih bentuk invoice yang anda inginkan.
Cara Membuat Faktur Penjualan
Bentuk Faktur penjualan
  • Selanjutnya, akan keluar tampilan seperti pada gambar dibawah ini apabila anda memilih simple invoice. Kemudian silahkan anda ganti logo, alamat, telepon, maupun alamat email badan usaha / perusahaan didalam isi invoice. (Bila Anda)
Cara Membuat Faktur Penjualan
Isi Faktur Penjualan

Setelah anda sudah mengisi silahkan anda bisa cetak faktur penjualan yang anda buat.

Berikut cara pengisian faktur penjualan:

  • Identitas Perusahaan – Berisi secara lengkap mengenai nama perusahaan, slogan dan alamat perusahaan yang bisa Anda ganti.
  • Nama customer/konsumen – Berisi identitas konsumen, meliputi : nama dan alamat konsumen.
  • Kode/nomor transaksi – Poin untuk membedakan satu transaksi dengan transaksi lainnya.
  • Tanggal transaksi – Berisi mengenai sebuah informasi kapan tanggal transaksi terjadi.
  • Detail barang yang ditransaksikan – Berisi tentang daftar nama barang yang sudah ditransaksikan, harga satuan, dan juga jumlah diskon bila ada.
  • Sub Total, PPN, dan jumlah total –  merupakan jumlah harga dari setiap barang, dan PPN merupakan pajak yang diambil dari subtotal harga. sedanagkan Total merupakan jumlah yang harus dibayar oleh customer/konsumen.
  • Nama dan tanda tangan kasir – berisi tentang identitas dan tandatangan kasir yang bertugas menerima uang dari customer.
  • Nama dan tanda tangan penerima – untuk merekam kepada siapa konsumen melakukan transaksi itu. Sehingga bisa diketahui kepada siapa barang itu telah diberikan.
  • Stempel resmi perusahaan – untuk memastikan dan membuktikan bahwa faktur penjualan ini adalah sebuah dokumen resmi yang dikeluarkan perusahaan.
  • Keterangan lain – Keterangan tambahan pada transaksi misalnya barang yang sudah dibeli tidak bisa ditukar/dikembalikan.

Apabila sudah mengetahui cara membuat faktur penjualan, kemudian apa anda tahu manfaat dari faktur penjualan. Berikut ini Manfaat faktur penjualan.

  • Sebagai sebuah informasi barang/jasa yang dibeli pelanggan/konsumen.
  • Informasi nilai dan juga termin pembayaran yang wajib dibayar oleh pelanggan.
  • Pelanggan bisa memperbaiki barang/jasa yang dibeli apabula yang tercantum dengan faktur tidak sesuai pesanan.
  • Rujukan yang sah Apabila barang/ jasa yang tercantum akan dijual ke pihak lain.
  • Suatu Rujukan sah untuk kasus-kasus tertentu.
  • Suatu Rujukan yang sah agar dapat memasukan transaksi ke pembukuan keuangan.

Baca Juga:

Contoh Faktur Penjualan

Setelah anda sudah bisa membuat faktur penjualan maka selanjutnya liputateknologi akan memberikan contoh faktur penjualan untuk menambah wawasan anda disaat ingin faktur penjualan. Berikut Contoh Faktur penjualan.

Contoh Faktur Penjualan
Contoh Faktur Penjualan
Contoh Faktur Penjualan
Contoh Faktur Penjualan
Contoh Faktur Penjualan
Contoh Faktur Penjualan

Itulah beberapa contoh faktur penjualan, oh iya gambar faktur penjualan diatas, liputanteknologi ambil dari zahir accounting ya. (Selengkapnya: Contoh Faktur Penjualan dan Pembelian Terlengkap)

Baca Juga:

Download Faktur Penjualan

Meski anda sudah mengetahui cara membuat faktur penjualan tetapi anda malas membuatnya, anda tidak perlu kawatir karana liputanteknologi juga sudah membuatkan format faktur penjualan secara gratis, jadi anda bisa download format faktur penjualan itu kemudian anda rubah isi faktunya sesuai apa yang anda inginkan.

Silahkan anda klik download faktur penjualan kemudian silahkan ganti isi faktur penjualan sesuai keinginan anda.

Demikianlah ulasan mengenai cara membuat faktur penjualan dan contoh faktur penjualan serta download faktur penjualan secara gratis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here