Home Printer Cara Membersihkan Printer Infus Yang Tepat

Cara Membersihkan Printer Infus Yang Tepat

Cara Membersihkan Printer Infus – Printer merupakan suatu alat yang digunakan untuk mencetak dokumen dan alat ini biasanya sering kita jumpai diperkantoran. Jenis printerpun bermacam-macam ada yang menggunakan catridge ada pula yang menggunakan infus.

Banyak orang yang menyukai printer infus, karena printer ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan printer lainnya, dan biasanya printer infus ini digunakan untuk usaha percetakan seperti rental komputer, dll.

Kelebihan printer infus ini salah satunya ialah mudah melakukan pengisian ulang tinta dan hal itu tentu akan membuat penghematan didalam penggantian catridge baru.

Walaupun begitu tak jarang pula kita melakukan kesalahan di waktu pengisian ulang tinta infus, hingga tinta berceceran di sekitar printer. Dan kita harus membersihkan printer infus tersebut.

Cara Membersihkan Printer Infus Yang Benar

tips membersihkan printer infus

Diwaktu membersihkan printer infus, kita harus memperhatikan langkah-langkah yang tepat, agar diwaktu printer infus dibersihkan tidak mengalami kerusakan. Berikut ini cara membersihkan printer infus yang terkena tinta.

1. Buka Pengait Botol Tinta Infus

Silahkan anda melepaskan botol tinta yang berada disamping printer kemudian letakan diluar. Oh iya usahakan botol tintanya sejajar dengan printer. Hal tersebut bertujuan agar botol infus saat dibersihkan tidak mudah tumpah dan menambah noda pada printer.

Untuk menghindari terjadinya tumpahan tinta, silahkan anda minta tolong teman anda untuk memegang bagian botol tinta diwaktu anda memberiskan printer infus tersebut. Namun jika anda sendirian dan tidak ada teman yang membantu, maka lebih baik Anda letak kan botol tinta di atas printer, Namun jangan terlalu lama ya, karena meletakan botol diatas printer, dapat memicu kerusakan komponen printer.

Baca Juga: Jenis Printer Infus Terbaik dan Terbaru 2019

2. Bersihkan Tinta Dengan Lap Yang Lembab

Setelah anda sudah menyelesaikan poin pertama maka selanjutnya ialah dengan perisiapkan lap yang sudah dibasahi menggunakan cairan pembersih untuk digunakan membersihkan printer infus.

Namun anda perlu ingat bahwa pada bagian ini anda jangan menggunakan cairan pemberish yang terlalu banyak (lap jangan benar benar basah kuyup) karena jika lap yang bayah kuyup digunakan untuk memberishkan bagian printer infus, dapat membuat komponen printer terjadi korsleting. Jadi silahkan usahakan kainnya lembab saja.

Setelah semua siap sekarang lakukan pemberishkan pada bagian printer infus yang terkena noda atau pada bagian kotor karena tetesan sisa tinta. oh ya jangan sampai anda menekan terlelu keras diwaktu pengerjaannya karena hal tersebut bisa mengakibatkan bagian penting printer lainnya bisa rusak.

Baca Juga: Rekomendasi Printer Infus Murah Kualitas Terbaik

3. Memberisihkan Bagian Rolers dengan Tisu

Ya bagian terpenting dari printer adalah rolers, karena bagian ini yang membuat hasil cetakan keluar dari printer. Dan untuk membersihkannya, pertama-tama silahkan anda cabut kabel power tersebut hingga tidak ada aliran listrik.

  • Setelah printer tidak ada aliran listrik maka langkah selanjutnya buka penutup printer
  • Kemudian disana nanti akan terlihat rolers, silahkan cek apakah bagian printer infus ini juga terkena noda sisa tinta.
  • Lalu bersihkan dengan menggunakan tisu pada bagian rolers tersebut hingga bersih.

Catatan: Pastikan bagian roles ini benar-benar bersih karena jika kondisi rolers kotor maka anda tidak bisa menggunakan printer untuk mencetak, karena hal tersebut juga menjadi penyebab Printer Tidak Bisa Cetak Kertas Foto Tebal. Jadi pastikan hingga bersih dan kering.

4. Lakukan Head Cleaning

Apabila semua langkah diatas sudah dilakukan dengan tepat maka langkah berikutnya untuk membersihkan printer infus ialah dengan melakukan head cleaning. Salah satu fungsi head cleaning adalah dapat Memperbaiki Hasil Cetakan Tinta Printer Yang Kabur. Karena pada bagian ini akan membersihkan tinta dari sisi software.

Caranya ialah dengan masuk ke control panel, kemudian pilih device & printer, lalu piih jenis printer yang anda pasang dan yang ingin anda bersihkan.

Setelah anda sudah menemukan printer yang anda gunakan, lalu klik kanan kemudian pilih printer properties, maka akan muncul jendela printer poperties.

selanjutnya klik tab maintenance untuk melakukan perawatan tinta printer anda. Cleaning untuk membersihkan tinta dalam mode biasa sedangkan untuk deep cleaning untuk mode berat.

5. Perawatan Printer Infus Rutin

Cara terakhir untuk merawat printer infus ialah dengan melakukan pemberishan rutin, silahkan anda atur jadwal untuk membersihkan printer infus, bisa seminggu sekali atau dua minggu sekali. Karena printer yang kurang perawatan merupakan salah satu penyebab printer macet , tentu hal itu sangat menyebalkan bukan.

Akan tetapi perawatan printer yang baik adalah seminggu sekali, jadi usahakan anda mengikuti langkah-langkah pemberishkan diatas dalam waktu seminggu sekali.

Note: Merawat printer secara runtin tentu akan membuat printer tahan lama.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan atau tutorial cara membersihkan printer infus yang tepat. Dengan anda membersihkan dan merawat printer secara rutin tentu anda akan mengurangi permasalahan yang akan di alami oleh printer anda seperti printer error.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here