Home Laptop Cara Membersihkan Layar Laptop Touchscreen

Cara Membersihkan Layar Laptop Touchscreen

Apakah anda memiliki keinginan untuk membersihkan layar sentuh laptop? Jika itu benar maka Anda berada di artikel yang pas. Karena liputanteknologi kali ini akan memberikan tutorial secara lengkap mengenai cara membersihkan layar laptop touchscreen.

Layar sentuh laptop kotor merupakan sesuatu hal yang wajar, sebab laptop yang menggunakan touchscreen tentu selalu bersentuhan dengan jari.

Nah dengan seringnya jari menyetuh pada bagian layar laptop tersebut, maka kemungkinan besar layar sentuh laptop tersebut kotor.

Maka dari itulah saya berinisitif ingin memberikan tutorial cara membersihkan layar laptop touchscreen yang benar kepada anda semua.

Cara Membersihkan Layar Sentuh Laptop

Cara membersihkan layar sentuh laptop ini hampir mirip dengan Cara Membersihkan Monitor Terkena Jamur namun hal ini lebih membutuhkan konstentrasi. Berikut ini penjelasannya.

1. Menyiapkan Alat Pembersih Layar Sentuh Laptop

Alat pembersih layar sentuh lapto

Sesuatu hal yang akan dikerjakan tentu harus mempersiapkan alat terlebih dahulu. Seperti halnya jika anda ingin membersihkan layar laptop Touchscreen ini.

Lantas alat apa saja yang digunakan untuk membersihkan layar sentuh laptop?

Berikut ini adalah beberapa alat yang digunakan untuk Membersihkan Layar Laptop Touchscreen:

  • Kain microfiber adalah kain yang memiliki serat halus, dan biasanya di gunakan untuk lap kaca atau permukaan mobil.
  • Cairan Pembersih adalah air yang sering digunakan untuk membersihkan kaca.
  • Minyak Kayu Putih adalah minyak yang dihasilkan dari penyulingan daun dan biasa dikenal dengan Minyak atsiri yang sering digunakan sebagai minyak pengobatan, dengan cara dibalurkan ke bagian tubuh.

Ketiga alat itulah yang akan kita gunakan untuk membersihkan layar. Setalah anda sudah menyiapkan alat, yang perlu diperhatikan ialah cara membersihkan layar laptop yang baik.

2. Tips Membersihkan Layar Laptop Touchscreen

tips membersihkan Laptop Touchscreen

Setelah alat pembersih sudah siap, maka selanjutnya ke cara penggunaannya. Berikut ini lagkah-langkah untuk Membersihkan Layar Laptop Touchscreen.

  • Nyalakan laptop, kemudian ambil background yang terang. Anda bisa membuka ms word untuk mendapatkanya, hal ini bertujuan agar anda bisa melihat kotoran yang menempel pada layar sentuh laptop secara jelas.
  • Setelah anda melihat bagian mana yang kotor atau layar leptop terkena noda. Kemudian matikan laptop tersebut, lalu cabut power listrik dan baterai laptop. Hal itu agar diwaktu melakukan pembersihan tidak ada arus listrik yang masuk, untuk menghindari terjadinya konsleting.
  • Jika laptop sudah mati, semprotkan cairan pembersih tersebut ke Kain microfiber. Semprotnya secukupnya dan jangan terlalu lembab.
  • Kemudian lap layar laptop tersebut dibagian yang kotor secara pelan-pelan dan jangan ditekan. Cara lap layar laptop harus seirama, dan putar searah jarum jam.
  • Lakukan pembersihan tersebut secara berulang ulang. Kemudian gantian menggunakan minyak kayu putih untuk membersihkan layar laptop touchscreen.
  • Teteskan minyak kayu putih ke kain microfiber secukupnya saja, kemudian gosokan pada layar laptop, khususnya di bagian yang banyak noda. Jangan Terlalu menekan layar dan harus seirama diwaktu melakukan pembersihan.
  • Langkah terakhir cara membersihkan Layar Laptop Touchscreen yaitu dengan ambil kain yang halus kemudian lap layar laptop tersebut hingga kering. Dengan begitu anda sudah berhasil melakukan pembersihkan pada layar sentuh laptop. Namun untuk memastikan lakukan pengecekan.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jamur di Dalam Monitor LCD

3. Cek Hasil Pembersihkan Layar Sentuh Laptop

Cek Kondisi Layar Laptop Touchscreen

Untuk memastikan jika Cara Membersihkan Layar Laptop Touchscreen telah berhasil ialah dengan melakukan uji coba. Caranya:

  • Pasang kembali baterai laptop kemudian nyalakan (Pastikan kondisi layar sentuh laptop sudah benae-benar kering tidak adan sisa air sedikitpun.
  • Setelah berhasil menyala, silahkan buka MS WORD untuk mendapatkan background warna putih dan cerah.
  • Lalu liat di bagian layar, apakah kotoran atau noda sudah hilang? Jika sudah itu pertada bahwa anda telah berhasil jika belum lakukan langkah berikutnya.

4. Ganti Anti Gores Pada Layar Laptop

Mengganti anti gores layar sentuh laptop

Langkah ini dilakukan jika cara Membersihkan Layar Laptop Touchscreen yang sudah dijelaskan diatas belum berhasil.

Dengan mengganti anti gores pada layar laptop merupakan cara terakhir yang dapat membuat layar laptop anda seperti baru lagi.

Anda bisa membawanya ketempat service komputer untuk memasangnya.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan mengenai cara Membersihkan Layar Laptop Touchscreen. Semoga artikel ini dapat membantu anda disaat ingin melakukan pembersihkan layar sentuh laptop anda. Sekian dan trimaksih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here