Home Printer Tips Memilih Printer Yang Berkualitas Baik Dan Penjelasannya

Tips Memilih Printer Yang Berkualitas Baik Dan Penjelasannya

Tips Memilih Printer Yang Berkualitas Baik Dan Penjelasannya

LIPUTANTEKNOLOGI.COM –  Tips Memilih Printer Yang Berkualitas Baik– Mencetak merupakan salah satu kegiatan yang paling sering di lakukan oleh karyawan perusahaan. Teknologi alat yang bisa mencetak sesuatu dengan cepat ialah printer. Dengan adanya printer bisa mencetak segala sesuatu jauh lebih mudah dan efisien, printer merupakan sebuah perangkat keras output komputer yang berfungsi untuk mencetak dokumen maupun mencetak gambar atau foto di atas kertas.

Printer pertama kali ditemukan sekitar tahun 80-an dan pada waktu itu printer menjadi satu-satunya pengganti mesin tik yang semakin lama terus mengalami perubahan dari jenis hingga teknologi yang digunakannya. Pada awal mula munculnya printer, Printer membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk mencetak sebuah dokumen atau file dan hanya mampu mengeluarkan tinta yang berwarna hitam dan putih saja.

Baca Juga: Penyebab Printer Macet Dan Cara Mengatasinya [TERLENGKAP]

Namun dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat khususnya printer, yang dahulu membutuhkan waktu lama untuk mencetak dokumen sekarang hanya membutuhkan beberapa detik saja, sudah bisa menghasilkan cetakan dokumen. Tidak hanya itu saja, sekarang printer juga memiliki fitur tambahan yang dapat dibilang sangat lengkap. Berikut ini fitur-fitur printer yang perlu Anda ketahui.

  • Bisa mencetak foto berwarna dengan ukuran yang besar atau kecil.
  • Printer Mini, yaitu printer untuk ukuran kertas kurang dari kertas A4.
  • Bisa mencetak dengan cepat, khususnya pada printer laser jet.
  • Bisa melakukan scanning atau memindai dokumen.

Dengan beberapa fitur pelengkap printer di atas, tentunya bisa memudahkan berbagai pekerjaan misalnya mencetak / print slip gaji dengan ukuran kertas setengah letter, atau mungkin cetak foto berkualitas tinggi dan masih banyak lagi hal-hal yang memudahkan kita untuk mencetak dengan adanya fitur tambahan tersebut. Namun apabila Anda ingin membeli printer baru, tentunya anda perlu memperhatikan tips dibawah ini agar printer yang akan anda miliki awet dan tahan lama. Berikut cara memilih printer dengan kualitas terbaik yang perlu Anda tahu.

1 Pilihlah Merk Printer Dengan Kualitas Bagus

Tips Memilih Printer Yang Berkualitas Baik

Pada saat terdapat banyak sekali merk printer yang sudah tersebar dipasaran, dari yang ber-merk terkenal hingga merk printer yang tidak terkenal. Maka dari itu liputanteknologi menyarankan pada Anda apabila ingin membeli printer, carilah merk printer yang sudah terkenal, karena merk printer yang terkenal tentunya memiliki kualitas yang bagus sebab sudah teruji kualitasnya.

Berikut beberapa merk printer yang liputanteknologi sarankan untuk Anda beli antara lain, Epson, HP, Canon dan beberapa merk printer lainnya yang sudah lama terjun di dunia percetakan. Silahkan Anda memilih salah satu merk printer yang sudah liputanteknologi sebutkan diatas, dan cari spesifikasi printer yang sesuai dengan kebutuhan Anda misalnya anda membeli printer untuk digunakan di toko anda, tentunya anda membutuh printer kasih merk epson.

Baca Juga: Cara Instal Driver Printer Kasir [MUDAH]

2 Beli Printer Yang Masih Baru

Tips Memilih Printer Yang Bagus

Untuk tips memilih printer yang berkualitas yang kedua ialah Anda harus mengusahakan untuk membeli printer yang masih baru, karena seperti yang telah kita tahu bahwa printer merupakan perangkat keras yang sering sekali mengalami kerusakan (hardware). Apalagi apabila printer tidak di rawat dengan baik. Maka dari itu sangat disayangkan jika anda membeli printer second atau bekas yang tentunya sudah tidak lagi memiliki kualitas yang baik.

Maka dari itulah kenapa Anda sangat disarankan untuk membeli printer yang masih baru, agar anda tidak kecewa dibelakang hari. Anda tidak perlu menghawatirkan harga printer baru karena sekarang harga printer sangat terjangkau dan dapat dibilang tidak terlalu mahal. Selain itu jika anda membeli printer baru, tentunya anda akan di jamin kualitas hasil cetakan dan Anda juga mendapat garansi remsi dari pabrik printer yang telah memproduksi printer yang Anda beli tersebut.

Baca Juga: Cara Mengatasi Printer Error Paling Mudah [SEGALA TIPE]

3 Perhatikan Garansi Printer

Tips Memilih Printer Yang tahan lama

Hal yang wajib Anda ketahui dan perlu anda perhatikan disaat membeli printer yaitu dengan Anda memperhatikan garansi printer. Jika distributor printer memberikan garansi dengan waktu yang sebentar, alangkah baiknya bila anda berahli ke distributor printer lainnya yang berani memberikan garansi dengan waktu yang lama, karena dengan distributor memberikan garansi yang lama itu menandakan bahwa keseriusan kualitas pruduk yang mereka produksi atau jual.

Baca Juga: Cara Reset Printer Canon iP 2770 [MUDAH,CEPAT]

4 Cek Kondisi Printer

Tips Memilih Printer Yang Tepat

Melakukan pengecekan terhadap kondisi printer yang ingin Anda beli adalah sesuatu hal yang harus Anda lakukan (WAJIB). Karena meskipun printer baru terkadang juga mengalami cacat produk alias memiliki gangguan operasionalnya. Maka dari itulah diwaktu anda membeli printer anda harus mencobanya terlebih dahulu, apakah print berjalan dengan normal atau tidak.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Printer Canon IP 2770 Lampu Kedap Kedip Terlengkap

5 Beli Printer Sesuai Kebutuhan

Tips Memilih Printer Berkualitas

Tips memilih printer yang berkualitas ke lima ialah dengan anda memikirkan terlebih dahulu untuk kebutuhan apa. Misalnya anda membeli printer hanya untuk mencetak dokumen yang berupa word atau excel dengan jumlah sedikit, maka anda bisa membeli printer deskjet dengan cartidge, karena jenis printer tersebut harganya sangat terjangkau dan perawatannya pun tergolong sangat mudah.

Namun jika Anda menggunakan printer untuk mencetak dokumen, foto atau gambar, anda bisa membeli printer multifungsi, sebagai contoh printer yang mempunyai tipe laser dengan tinta yang berwarna, yang tentunya sangat bagus bila untuk mencetak foto atau gambar.

Baca Juga: Cara Mencetak Gambar Ukuran Besar Di Kertas Kecil

6 Memperhatikan Layanan After Sales

Tips Memilih Printer Bagus

Apabila Anda sudah melakukan pengecekan kondisi printer yang ingin Anda beli, maka Anda juga perlu memperhatikan layanan after sales yang sudah di berikan dari distributor printer itu. Anda harus memilih distributor yang sudah memberikan layanan after sales yang baik dan nyaman kepada ANda. Karena hal tersebut akan berhubungan erat disaat anda akan melakukan klaim garansi dan proses service printer Anda jika terjadi kerusakan. Dengan layanan after sales yang baik, tentunya akan memberikan kenyaman bagi Anda.

Demikianlah ulasan mengenai tips memilih printer yang berkualitas baik yang bisa Anda jadikan refrerensi sebelum Anda membeli sebuah printer. Dengan beberapa tips yang telah liputanteknologi berikan diatas. Maka sekarang Anda bisa membeli sebuah printer yang bagus dan berkualitas sesuai harapan Anda. Sekian dan trimaksih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here