Home Internet Jenis Teknologi Jaringan Nirkabel (WPAN, WLAN, WMAN DAN WWAN)

Jenis Teknologi Jaringan Nirkabel (WPAN, WLAN, WMAN DAN WWAN)

LIPUTANTEKNOLOGI.COM – Jaringan Nirkabel merupakan suatu kumpulan komputer atau suatu host yang membentuk kesatuan sehingga bisa berkomunikasi satu sama lain melalui media Nirkabel atau tanpa kabel. Terdapat 4 jenis jaringan nirkabel pada saat ini, dari keempat jaringan tersebut memiliki fungsi sesuai dengan cangkupan wilayah jangkauan. Pada dasarnya secara fungsi memang sama yaitu untuk menghubungkan antar perangkat yang memiliki wilayah yang berbeda berdasarkan topologi jaringan yang dipakai.

Berikut ini adalah jenis jaringan nirkabel yang kita temui dalam kehidupan sehari – hari.

1. WPAN ( Wireless Personal Area Network )

WPAN ( Wireless Personal Area Network )

WPAN ( Wireless Personal Area Network ) merupakan sebuah jaringan nirkabel yang jaraknya cukup pendek atau low-range dikarenakan menyesuaikan dengan kebutuhan pribadi saja. Dan Fungsi dari WPAN sama seperti fungsi dari Jaringan Nirkabel pada umumnya, ialah untuk menghubungkan perangkat peripheral ataupun untuk membuat suatu kesatuan dalam komunikasi yang berbasis Nirkabel ( tanpa kabel ). Berikut adalah beberapa jenis teknologi yang digunakan WPAN, diantaranya ialah:

Baca Juga: Jenis – Jenis Kabel Jaringan Komputer Beserta Fungsinya

a. Bluetooth

jaringan nirkabel bluetooth

Bluetooth ( a.k.a IEEE 802.15.1 ) merupakan salah satu jenis teknologi yang digunakan WPAN, dan diluncurkan oleh Ericsson pada th 1994 dengan kecepatan maksimal ialah 1 Mbps dan jarak maksimum tiga puluh meter saja. Teknologi ini sangat menguntungkan bagi perangkat kecil karena memakan energi yang sedikit.

b. HomeRF ( Home Radio Frequency )

jaringan nirkabel HomeRF

Teknologi yang diluncurkan pada tahun 1998 ini oleh Kelompok Kerja HomeRF ini telah memiliki kecepatan transmisi data mencapai 10 Mbps dengan jarak tempuh sekitar 50 sampai 100 meter tanpa menggunakan amplifier. Namun teknologi yang sempat didukung Intel ini sudah ditinggalkan karena banyak produsen yang lebih memilih teknologi Wireless Fidelity ( Wi-Fi ).

Baca Juga: 8 Penyebab Jaringan LAN Putus Nyambung Dan Solusinya

c. Zigbee

jaringan nirkabel Zigbee

Zigbee ( a.k.a IEEE 802.15.4 ) merupakan tekonlogi yang fungsinya untuk menghubungkan perangkat sebuah jaringan melalui media nirkabel. Harga dari teknologi ini pun sangat terjangkau murah dan sangat sedikit mengkonsumsi energi, sehingga cocok sekali bila digunakan untuk peralatan elektronik kecil. Zigbee ini juga beroperasi pada frekuensi 2,4 GHz dan juga memiliki 16 channel yang sama, serta kecepatan transmisi data hanya mencapai 250 Kbps dengan jangkauan maksimum 100 meter.

d. Infra Red

jaringan nirkabel Infra Red

Infra red adalah sebuah teknologi nirkabel yang memancarkan sensor /infra merah, yang banyak digunakan didalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam remot tv. Sensor yang dipancarkan oleh infrared bisa mencapai kecepatan beberapa megabit per detiknya.

2. WLAN ( Wireless Local Area Network )

WLAN ( Wireless Local Area Network )

WLAN (Wireless Local Area Network) adalah sebuah jaringan nirkabel yang memanfaatkan media udara dan nirkabel sebagai media utamanya. WLAN ini telah memancarkan radio ke device atau perangkat peripheral yang berada dalam jangkauannya.

Baca Juga: 4 Fungsi IP Address Dalam Jaringan Komputer Berdasarkan Cara KerjaNya

3. WWAN ( Wireless Wide Area Network )

WWAN ( Wireless Wide Area Network )

WAN ( Wide Area Network ) merupakan sebuah jaringan yang memiliki radius jaraknya mencakup sebuah negara/ benua. Dengan demikian WWAN ( Wireless Wide Area Network ) ialah sebuah teknologi jaringan nirkabel yang jangkauannya sangat luas, yang mencakup sebuah negara atau benua yang biasanya di memanfaatkan teknologi satelit ataupun kabel bawah tanah ataupun bawah laut.

Kecepatan dari teknologi ini sangat beragam, mulai dari 2Mbps, 34Mbps, 45Mbps, hingga 155 Mbps, 625Mbps dan seterusnya. Karena ukuran dan jangkauannya yang sangat luas sekali, maka teknologi ini memanfaatkan berbagai perangkat jaringan nirkabel dengan daya pancar yang sangat tinggi seperti Antenna dan berbagai jenisnya.

Baca Juga: 3 Cara Cek IP Address PC, Smartphone Dan Modem Paling Cepat

4. WMAN ( Wireless  Metropolitan Area Network )

WMAN ( Wireelss  Metropolitan Area Network )

WMAN ( Wireless Metropolitan Area Network ) merupakan teknologi jaringan nirkabel yang menghubungkan beberapa jaringan WLAN. Jadi teknologi jaringan nirkabel ini telah mencakup wilayah atau radius sebuah Kota, ataupun bisa juga radius Provinsi.

Demikianlan penjelasan singkat mengenai jenis-jenis jaringan nirkabel, semoga bisa menambah wawasan anda setelah anda membaca artikel tentang jaringan nirkabel ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here