Home Printer Jenis Jenis Kertas Yang Digunakan Dalam Dunia Percetakan

Jenis Jenis Kertas Yang Digunakan Dalam Dunia Percetakan [TERLENGKAP]

LIPUTANTEKNOLOGI.COM – Bila anda ingin mencetak foto, cetak dokumen atau lainnya, tentunya Anda harus melewati langkah demi langkah agar anda bisa menghasilkan cetakan yang sesuai anda inginkan. Langkah utama didalam mencetak dokumen ialah dengan anda membuat sebuah dokumen terlebih dahulu di komputer anda, apabila anda sudah memiliki sebuah dokumen anda juga membutuhkan printer sebagai alat untuk mencetak, selain itu anda juga harus memiliki kertas / bahan yang akan dicetak.

Nah untuk mendapatkan hasil cetakan yang berkualitas salah satunya ialah anda harus menggunakan bahan kertas yang sesuai dengan dokumen yang ingin anda cetak. Maka dari itulah liputanteknologi akan memberikan penjelasan mengenai jenis jenis kertas yang digunakan dalam dunia percetakan.

Keberadaan kertas didunia percetakan merupakan kebutuhan khusus yang wajib anda miliki, agar anda bisa mencetak foto atau dokumen. Meskipun harga kertas yang mahal bukan berarti bahwa Anda akan mendapatkan hasil cetakan optimal atau berkualitas, pengetahuan jenis printer dan catridge yang dipakai serta jenis kertas foto yang digunakan wajib anda ketahui, agar anda bisa mendapatkan hasil akhir cetakan yang bagus dan berkualitas.

Maka dari itulah anda harus mencocokan jenis printer dan jenis tinta serta jenis kertas untuk menghasilkan kualitas cetakan foto yang bagus, yang tentunya sesuai dengan keinginan Anda.

Berikut ini merupakan jenis-jenis kertas yang digunakan di dunia percetakan:

1. HVS

Jenis Jenis Kertas Yang Digunakan Dalam Dunia Percetakan
Kertas HVS untuk Printer Deskjet

Kertas HVS ini memiliki bahan kertasnya agak kasar, yang biasanya dipakai untuk Fotocopy / Printer Deskjet. Kertas jenis ini mudah dijumpai karena sudah banyak dijual di toko-toko buku.

Kertas jenis HVS dibuat dari pulp atau bubur kertas yang tidak mengandung lignin atau biasa kita kenal dengan perekat antar serat di dalam pohon, sehingga tidak mudah berubah warna, hanya akan menjadi kekuningan apabila diletakkan di bawah sinar matahari atau sinar lampu.

2. Art Paper & Matt Paper

Jenis Jenis Kertas Yang Digunakan Dalam Dunia Percetakan
Kertas Art Paper & Matt Paper untuk Brosur

Kertas art paper dan matt paper ini memiliki bahan kertas untuk brosur, karena permukaannya yang licin /artpaper, atau yang semi doff /matt paper. Selain karena licin, hasil yang dihasilkan dari kertas ini juga bagus, karena raster kertasnya halus.

Kertas art paper ini kurang bisa menyerap air, maka kurang cocok jika digunakan dengan printer yang menggunakan tinta dye yang merupakan tinta berbahan dasar air.

Tinta yang pas digunakan untuk mencetak dengan media kertas art paper ialah tinta art paper yang telah di desain khusus untuk head printer Epson.

Baca Juga:

3. Art Karton

Jenis Jenis Kertas Yang Digunakan Dalam Dunia Percetakan
Kertas Art Karton untuk Mecetak Kartu Nama

Kertas art karton ini memiliki bahan kertas yang sama dengan art paper, namun yang jadi pembedanya ialah kertas art karton gramasinya lebih tebal. Dan jenis kertas ini sering digunakan untuk cetakan seperti kartu nama, co profil, katalog, brosur, dan cetakan lainnya yang membutuhkan kertas agak tebal.

Biasanya setelah kertas jenis ini di cetak, maka bahan ini di lapisi laminating lagi (optional), dengan tujuan agar hasilnya lebih memuaskan. Sama seperti kertas art paper, kertas ini tidak dapat digunakan dengan tinta dye dan harus mengunakan tinta art paper yang sudah di desain secara khusus untuk head printer Epson.

4. Matte / Doff paper

Jenis Jenis Kertas Yang Digunakan Dalam Dunia Percetakan
Kertas Matte / Doff paper Untuk Bingkai Foto

Kertas matte mudah menyerap tinta sehingga dapat dipakai untuk menyembunyikan kualitas tinta dan printer. Kertas jenis ini tidak memantulkan cahaya.

Mencetak foto warna dapat dilihat dari kebutuhannya. Kalau untuk dibingkai foto maka kertas doff lebih awet dan tidak lengket apabila dipegang-pegang. Kertas jenis ini seringkali rekomendasi oleh banyak orang untuk kertas cetak foto dengan hasil yang bagus.

Baca Juga:

5. Sublime Paper

Jenis Jenis Kertas Yang Digunakan Dalam Dunia Percetakan
Kertas Sublime Paper untuk Media Perantara Gambar (sablon)

Kertas jenis sublime paper ini bukan digunakan untuk mencetak foto sebagai pajangan dirumah, atau dompet atau untuk dibingkai namun kertas jenis ini digunakan sebagai mediator /media perantara transfer gambar ke t-shirt (kaos).

Jadi Apabila anda ingin sebuah gambar dipindahkannya ke t-shirt (kaos) maka sangat cocok jika anda menggunakan kertas jenis ini. Sublim Paper adalah kertas yang mampu memindahkan tinta dengan maksimal ke t-shirt.

6. Double-Side Paper

Jenis Jenis Kertas Yang Digunakan Dalam Dunia Percetakan
Kertas Double-Side Paper untuk Mencetak Foto Kedua Sisi

Jenis kertas ini sangat cocok bila digunakan untuk mencetak foto pada kedua sisinya (depan & belakang). Dan kualitas foto yang dihasilkan juga cukup bagus, dan tidak cenderung doof serta tidak terlalu mengkilap.

Jenis kertas double side paper ini cocok bila digunakan untuk mencetak pamflet yang biasanya digunakan untuk sarana promosi, sehingga para semua orang bisa melihat dikedua sisinya.

Baca Juga:

7. Fiber Base

Jenis Jenis Kertas Yang Digunakan Dalam Dunia Percetakan
Kertas Fiber Base

Kertas Fiber Base menggunakan kertas dengan pH netral atau biasa kita sebut dengan Archival Paper, dan kertas jenis ini yang paling lama diantara jenis kertas lainnya.

8. Premium Glossy foto Paper

Jenis Jenis Kertas Yang Digunakan Dalam Dunia Percetakan
Kertas Premium Glossy foto Paper untuk Mencetak Foto

Kertas jenis ini sering sekali disebut oleh para penggunanya dengan sebutan high glossy, Karena kertas jenis ini bisa menghasilkan cetakan dengan efek yang lebih mengkilap.

Kertas premium glossy foto paper sangat cocok untuk mencetak foto dengan resolusi tinggi. Namun kelemahan dari jenis kerta ini ialah harga kertas ini lebih mahal tetapi apabila anda gunakan untuk print maka akan menghasilkan cetakan foto yang maksimal dan lebih cerah.

Baca Juga:

9. Sticker Glossy foto Paper

Jenis Jenis Kertas Yang Digunakan Dalam Dunia Percetakan
Kertas Sticker Glossy foto Paper

Kertas sticker glossy foto paper ini mampu menampilkan foto dengan warna dasar kertas putih dan mengkilap, jenis kertas ini sangat cocok untuk keperluan pembuatan sticker karena kertas ini bisa mencetak foto beresolusi tinggi.

10. Laster foto Paper

Jenis Jenis Kertas Yang Digunakan Dalam Dunia Percetakan
Kertas Laster foto Paper

Laster foto paper sering sekali digunakan untuk keperluan dokumenter karena jenis kertas ini sangat awet dan mampu bertahan hingga puluhan tahun, dan tidak mudah pudar, serta mampu menghasilkan efek doff. Tentunya kerta laster foto paper sangat cocok untuk foto dengan resolusi tinggi.

Permukaan kertas yang mirip kulit jeruk ini merupakan ciri khas dari jenis kertas ini untuk membedakan dengan jenis kertas lain. dan ketahanan hasil cetakan bisa membikin para konsumen puas, mungkin jenis kertas ini bisa anda rekomendasikan pada teman anda yang ingin serius didunia digital foto printing.

11. Glossy foto Paper / glanz paper

Jenis Jenis Kertas Yang Digunakan Dalam Dunia Percetakan
Kertas Glossy foto Paper / glanz paper

Kertas Glossy foto Paper / glanz paper merupakan jenis standar cetak foto. Jenis kertas ini memiliki permukaan memantulkan cahaya (mengkilap) dan permukaan lebih lengket terhadap kaca pigura dan warna putih bisa menghasilkan cetakan yang standar. Kertas ini mampu digunakan untuk foto resolusi tinggi dan yang paling kerennya harga kertas yang relatif murah atau standar cetak foto.

Baca Juga:

12. Canvas Paper

Jenis Jenis Kertas Yang Digunakan Dalam Dunia Percetakan
Kertas Canvas Paper

Jenis kertas ini apabila anda gunakan untuk mencetak foto akan menghasilkan cetakan dengan sentuhan canvas seperti sebuah lukisan. dan Hasil akhir cetakan ini akan mampu menghasilkan atau menampilkan foto yang persis dengan kertas canvas.

13. Inkjet Paper

Jenis Jenis Kertas Yang Digunakan Dalam Dunia Percetakan
Kertas Inkjet Paper

Kertas inkjet paper ini bila anda gunakan untuk keperluan digital foto printing tentunya sangat tidak cocok, karena jenis kertas inkjet ini dapat digunakan untuk keperluan grafis misalanya mencetak sketsa gambar,grafik bar, proof arsitektur rumah, dan sebagainya. Dan Kualitas kertas jenis ini lebih bagus dari jenis HVS karenakertasini memiliki serapan pada tinta lebih bagus dan cepat kering.

14. Metallic paper

Jenis Jenis Kertas Yang Digunakan Dalam Dunia Percetakan
Kertas Metallic paper

Seperti glossy,namun jauh lebih mengkilap lagi, karena memiliki sedikit warna keemasan /metalik. Dan kertas Metallic paper mempunyai permukaan halus dan juga terlihat sedikit mengkilat. Tentunya kertas jenis ini sangat cocok dengan namanya sebab terdapat titik-titik metallic pada permukaan kertas ini.

15. Metallic + laminating paper

Jenis Jenis Kertas Yang Digunakan Dalam Dunia Percetakan
Kertas Metallic + laminating paper

Jenis kertas ini hampir sama dengan kerta metallic paper namun yang jadi perbedaan kerta metallic dan metallic paper ialah salah satu sisi ada plastik atau sejenisnya yang menutupi.

16. Silky paper

Jenis Jenis Kertas Yang Digunakan Dalam Dunia Percetakan
Kertas Silky paper

Kertas silky paper memiliki permukaan kertas lembut namun tidak mengkilat. dan juga daya lekat tinta cukup tinggi sehingga tinta tidak mudah bercecer. Dan yang paling penting pada bagian permukaan kertas ini tidak mudah terbawa oleh head printer jadi akan membuat hasil cetakan menjadi lebih baik.

Demikianlah jenis-jenis kertas yang sudah banyak beredar dipasaran, namun sebenarnya masih banyak lagi jenis lainnya. Liputanteknologi hanya memberikan Jenis kertas yang paling mudah untuk ditemukan disekitar kita.

Kemampuan Anda sangat mempengaruhi hasil akhir cetakan, dengan anda sudah mengenal jenis kertas tentunya akan memudahkan Anda untuk menyesuaikan dengan keperluan cetak. Setiap merk kertas memiliki tingkat daya serap tinta yang berbeda, yang tentunya akan berpengaruh pada hasil cetakan. Ada baiknya apabila Anda berkonsultasi dengan penjual kertas (grosir) agar anda mengetahui hasil lebih detail.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here