Home Kwitansi Contoh Kwitansi Pembayaran dan Pembelian Terlengkap

Contoh Kwitansi Pembayaran dan Pembelian Terlengkap

 

LIPUTANTEKNOLOGI.COM – Contoh Kwitansi Pembayaran dan Pembelian Terlengkap – Kwitansi memang sebuah dokumen yang penting karena dengan adanya kwitansi maka kita memiliki bukti jual beli yang sah, tanpa adanya kwitansi tentu kita beresiko bila ada sesuatu barang yang telah kita beli mengalami masalah dikemudian harinya. Didalam membuat kwitansi sekilas terlihat mudah, namun bila kita salah menulis didalam isi kwitansi tersebut maka kemungkinan besar kwitansi itu tidak berlaku.

Maka dari itulah liputanteknologi akan memberikan sebuah informasi mengenai cara membuat kwitansi beserta contoh kwitansi pembayaran dan pembelian, untuk menambah wawasan anda didalam membuat kwitansi yang benar. Sebelum kita melangkah ke tutorial membuat kwitansi alangkah baiknya jika anda mengetahui aturan aturan didalam pembuatan kwitansi terlebih dahulu.

Didalam pembuatan kwitansi anda harus memperhatikan:

  • Nama lengkap yang akan membayar sejumlah uang didalam transaksi jual beli itu.
  • Tujuan pembayaran yang tentunya sebuah penjelasan untuk apa transaksi tersebut dilakukan, seperti membeli Printer atau lainnya.
  • Penulisan nama lengkap yang menerima pembayaran sejumlah uang tersebut didalam transaksi yang disertai dengan tanda tangan.
  • Jumlah uang yang akan dibayarkan, dan dalam didalam kwitansi penulisan jumlah uang tersebut berupa huruf dan angka.
  • Tempat dan tanggal pembayaran / transaksi tersebut dilakukan.
  • Nomor kwitansi biasanya ini diisi pada kwitansi perusahaan atau kwitansi jual beli milik lembaga atau perusahaan.
  • Stempel atau cap jika transaksi penjualan dilakukan oleh perusahaan dan yang memberi stempel sebagai penerima pembayaran sejumlah uang.
  • Materai, nah didalam kwitansi itu terkadang ada materai nya, namun penggunaan materai harus sesuai undang undang yang berlaku dan disaat tanda tangan harus mengenai sebagian materai.

Itulah beberapa penulisan didalam kwitansi yang perlu anda ketahui, selanjutnya kita ketahap penggunaan materai didalam kwitansi.

Baca Juga:

Penggunaan materai itu sudah diatur oleh kementerian, berikut data penempelan materai pada kwitansi.

  • Apabila transaksi jual beli anda dibawah RP 250.000,- maka tidak perlu menggunakan materai di dalam kwitansi.
  • Jika transaksi jual beli dengan uang Rp 250.000,- sampai Rp. 1.000.000 maka anda wajib menggunakan materai 3000 didalam kwitansi.
  • Dan untuk materai 6000 digunakan jika transaksi senilai Rp.1.000.000,- keatas.

Penggunaan materai ini, dapat dibilang sangat penting, karena keberadaan materai didalam membuat kwitansi dapat memperkuat tanda bukti pembayaran yang sah secara hukum.

Setelah anda mengetahui cara membuat kwitansi dan tata cara menggunakan materai didalam kwitansi, maka selanjutnya kita ketahap contoh kwitansi dari kwitansi pembayaran angsuran, kwitansi jual beli tanah, kwitansi sewa gedung, kwitansi hotel, kwitansi jual beli motor dan lain sebagainya, dengan tujuan agar anda bisa mengenal lebih jauh tentang jenis jenis kwitansi ini.

1. Kwitansi pembayaran angsuran ini, tidak menggunakan matrai karena sudah mengguna sistem digital dan hanya menggunakan stempel perusahaan sebagai tanda bukti bahwa sesorang telah membayar angsuran kepada perusahaan tersebut. Berikut contoh kwitansi pembayaran angsuran.

contoh kwitansi pembayaran angsuran
contoh kwitansi pembayaran angsuran

2. Kwitansi jual beli motor ini anda harus menggunakan materai karena nominal transaksi jual beli lebih dari Rp. 1.000.000,- agar bukti transaksi ini sah secara hukum, berikut contoh kwitansi jual beli motor atau mobil yang perlu anda tahu.

contoh kwitansi jual beli motor
contoh kwitansi jual beli motor |sumber wordprees.com

Baca Juga:

 
3. Kwitansi jual beli tanah, Jika anda ingin membeli tanah dari seseorang selain anda harus membuat kwitansi ini anda juga harus pergi ke notaris untuk melengkapi transaksi jual beli tanah tersebut. berikut contoh kwitansi jual beli tanah.

 

contoh kwitansi jual beli tanah
contoh kwitansi jual beli tanah

4. Kwitansi Kosong ini hanya untuk memperjelas saja, jika anda ingin membuat kwitansi sendiri. inilah bentuk dari kwitansi kosong tersebut, ada logo perusahan, nama perusahaan, alamat, nomor telp dan lain sebagainya, untuk lebih jelasnya silahkan liat saja contoh kwitansi kosong dibawah ini:

contoh kwitansi kosong
contoh kwitansi kosong

5. Kwitansi pembelian barang ini biasanya digunakan oleh toko toko yang ada dipasaran, selain untuk bukti pembayaran, biasanya kwitansi ini untuk menginput data barang yang keluar dan kwitansi pembelian barang ini berangkap 2 hingga 3. 

contoh kwitansi pembelian
contoh kwitansi pembelian barang

6. Kwitansi pembayaran pembuatan akta tanah ini dalam artian jasa. Jika anda menyuruh orang lain untuk mengurus sertifikatn tanah anda, kemungkinan anda akan diberikan kwitansi ini sebagai bukti bahwa anda telah membayar jasa tersebut.

contoh kwitansi pembayaran akta tanah
contoh kwitansi pembayaran pembuatan akta tanah

7. Kwitansi perjanjian hutang ini biasanya dibuat oleh koperasi perusaahan, berikut contoh kwitansi perjanjian hutang.

contoh kwitansi perjanjian hutang
contoh kwitansi perjanjian hutang

8. Kwitansi pembayaran biaya antar ini sama hal nya sebagai kwitansi pengurusan akta tanah yaitu jasa. inilah contoh kwitansi biaa antar itu.

contoh kwitansi pembayaran biaya antar barang
contoh kwitansi pembayaran biaya antar barang

9. contoh kwitansi yang kesembilan adalah kwitansi hotel, jika anda menghinap di hotel tentunya anda akan mendapatkan kwitansi ini. Berikut contoh kwitansi hotel.

contoh kwitansi hotel
contoh kwitansi hotel

10. Jika anda seorang pengusaha bengkel motor dan anda kebingungan cara membuat kwitansi anda bisa melihat contoh kwitansi bengkel motor dibawah ini:

contoh kwitansi bengkel motor
contoh kwitansi bengkel motor

11. Ada seorang pemilik kost maka anda wajib memiliki atau membuat kwitansi ini sebagai bukti bahwa tempat anda telah disewa. berikut contoh kwitansi sewa tanah atau kost.

contoh kwitansi sewa tanah
contoh kwitansi sewa tanah
contoh kwitansi yayasan
contoh kwitansi yayasan

Demikianlah ulasan mengenai cara membuat kwitansi dan contoh kwitansi pembayaran dan pembelian terlengkap, semoga dengan anda membaca artikel ini dapat membantu anda dalam pembuatan kwitansi. dan anda bisa memilih kwitansi mana yang anda butuhkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here