Home Printer Cara Mengatasi Printer Error Paling Mudah

Cara Mengatasi Printer Error Paling Mudah [SEGALA TIPE]

Cara Mengatasi Printer Error Paling Mudah [SEGALA TIPE]

LIPUTANTEKNOLOGI.COM – Keberadaan printer tentunya sangat dibutuhkan untuk para pekerja khususnya karyawan kantor, meskipun sekarang era digital yang dimana semua data ter-”digitalisasi” menjadi sistem yang paperless (tanpa kertas atau hanya sedikit menggunakan kertas), namun mencetak data kedalam bentuk fisik (kertas) pun tetap diperlukan. Maka dari itu kita harus paham cara mengoperasikan printer dan tentu juga kita harus mengetahui cara mengatasi printer error karena dalam menggunakan printer terkadang ada kendala (error). Tahukan Anda bahwa memperbaiki printer sendiri itu sebetulnya mudah apabila kita mengetahui caranya. Berikut ulasan mengatasi printer error yang paling mudah.

Cara Mengatasi Printer Canon MP285 atau Canon MP287

Cara Mengatasi Printer Error Pada Canon MP285

Berikut ini cara mengatasi printer error pada canon MP285 berdasarkan kode dan cara mengatasinya.

Baca Juga: Cara Reset Printer Canon iP 2770 [MUDAH,CEPAT]

1. Kode Error E02 (Printer is Out of Paper)

Error ini dapat dibilang mudah diatasi dan biasanya terjadi karena kertas pada printer habis, atau bila kertas masih ada namun error message ini muncul, Anda bisa mencoba mengeluarkan semua sisa kertas kosong dari printer kemudian memasukkannya kembali, karena ada kemungkinan error message ini muncul disebabkan karena kertas tidak masuk dengan tepat.

2. Kode Error E03 (Paper Jam)

Sama seperti Error E02 adalah masalah kertas, namun error message ini muncul disebabkan kertas yang masuk biasanya tersangkut (stucked / jammed), untuk mengatasi hal ini Anda bisa mencoba beberapa cara, diantaranya sebagai berikut:

  • Keluarkan semua kertas kosong dari printer canon anda
  • Dan ingat termasuk kertas yang tersangkut di dalam printer juga, dan usahakan disaat menarik jangan terlalu keras karena bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen printer, selanjutnya masukkan kembali kertas kosong dan restart printer.
  • Apabila error message masih muncul, silahkan periksa apakah ada benda asing yang masuk ke roller kertas sehingga mengakibatkan kertas macet.
  • Apabila kedua cara diatas tidak berhasil kemungkinan terjadi kerusakan pada roller kertas atau bagian sensor kertas yang terletak disebelah atas roller kertas.

3. Kode Error E04 / Error E05 – Ink Cartridge cannot be recognized

Error message ini terjadi disebabkan biasanya ada masalah pada Cartridge, dan board pengenal Cartridge tersebut basah dan kotor atau mungkin sudah rusak, untuk mengatasinya Anda bisa mencabut Cartridge lalu membersihkan elemen tembaga (berwarna kuning emas) dibagian belakannya dengan tissu kering, kemudian memasangnya kembali.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Printer Canon IP 2770 Lampu Kedap Kedip Terlengkap

4. Ink Cartridge is not installed in the correct position – Kode Error E07

Hampir sama dengan error message yang sudah dijelaskan diatas, error message ini muncul karena adanya masalah pada cartridge, dan biasanya disebabkan oleh posisi cartridge yang tidak benar atau tepat di saat pemasangan, Anda bisa mengatasinya dengan cara mencabut cartridge kemudian memasangnya kembali dengan posisi yang benar/ tepat.

Apabila error message ini masih muncul meskipun cartridge sudah benar-benar dipasang dengan tepat dan benar, maka Anda  perlu me-reset printer agar dapat normal kembali printernya.

5. Ink absorber is almost full – Kode Error E08

Didalam printer dengan tinta berbentuk cair, terdapat busa yang berfungsi untuk menyerap tinta jika ada yang menetes dari cartridge saat proses printing, atau tinta yang tumpah kedalam printer secara tidak sengaja.

Beberapa printer ada yang mempunyai sensor untuk mendeteksi volume tinta yang akan diserap oleh busa penyerap tersebut, akan tetapi hal itu kerap kali tidak akurat, idealnya Anda membongkar printer Anda, melepas ink absorber (penyerap tinta atau busa tadi) membersihkannya kemudian memasangnya lagi.

Namun sebelum melakakukan hal itu, Anda bisa mereset printer dengan perangkat lunak resetter, karena ada kemungkinan ink absorber di dalam printer tersebut tidak benar-benar penuh, hanya saja terjadi kesalahan perhitungan saja oleh sistem pada printer.

6. Ink has run out – Kode Error E13 / Error E16

Tinta hampir habis atau tinta habis, namun apabila Anda yakin bahwa tinta dalam cartridge printer masih banyak, atau mungkin belum lama sudah diisi penuh, Anda dapat mencoba menekan tombol STOP/RESUME pada printer sampai indikator (display kecil pada printer) itu menunjukkan angka 1.

7. Kode Error P02 (Cartridge Error)

Error message ini terjadi dikarena masalah pada cartridge, dan biasanya disebabkan ada benda asing yang masuk ke rolller atau encoder yang kotor, encoder ialah lintasan cartridge yang berupa plastik mika yang membentang dari ujung kiri ke ujung kanan didalam printer tersebut.

Baca Juga: Penyebab Printer Macet Dan Cara Mengatasinya

Encoder sangat rentan sekali kotor yang diakibarkan dari cipratan tinta saat pengisian atau di saat pencetakan, apabila encoder kotor maka sebaiknya segera dicabut kemudian dibersihkan, atau mungkin juga disebabkan karena board pada cartridge kotor.

Cara Mengatasi Printer Canon MG2500 Error

cara mengatasi printer canon MG2500 error

Berikut ini adalah cara mengatasi printer canon MG2500 error berdasarkan kode dan cara memperbaikinya.

1. Kode Error 1000

Error message ini muncul dikarenakan kertas pada tray habis, dan cara memperbaikinya ialah dengan cara memasukkan kertas pada tray (bagian belakang) kemudian menekan tombol reset sampai printer menyala seperti biasa.

2. Kode Error 1203

Error message ini muncul disebabkan karena penutup printer terbuka saat proses printing masih berlangsung, dan memang beberapa printer khususnya Canon memang tidak mengijinkan pengguna membuka penutup printer saat proses printing berlangsung karena hal tersebut akan menggeser cartridge ke posisi recovery.

Posisi recovery tersebut digunakan untuk mencabut cartridge atau diwaktu mengisi tinta, apabila printer Anda mengalami error seperti ini, maka cara memperbaikinya cukup dengan menutup penutup printer kemudian menekan tombol reset.

3. Kode Error 1300

Error message ini sebetulnya sama dengan paper jam, namun penyebabnya dikarenakan ada kertas yang tersangkut pada roller keluaran, atau mungkin juga karena ada benda asing yang menyebabkan kertas tersangkut.

Baca Juga: Tips Memilih Printer Yang Berkualitas Baik

Cara mengatasinya, ialah dengan mem-pastikan printer dimatikan terlebih dahulu, kemudian cabut kertas yang tersangkut dengan hati-hati, dan ingat usahakan tidak terlalu keras karena bisa menyebabkan komponen printer rusak, kemudian cek dan pastikan tidak ada benda asing tertinggal didalamnya, selanjutnya nyalakan printer seperti biasa.

4. Kode Error 1687, Error 1401, Error 1403, Error 1485

Error message ini memiliki arti bahwa ada masalah pada cartridge printer, Dan biasanya masalh tersebut muncul karena cartridge tidak terpasang dengan benar atau tidak tepat, cara mengatasinya ialah dengan melepas cartridge kemudian memasangnya kembali dan silahkan pastikan kali ini terpasang dengan benar dan tepat.

5. Kode Error 1684

Bila menemui error 1684 maka yang harus anda lakukan ialah me-reset printer dengan Anda menekan tombol reset dan menahannya selama kurang-lebih 6 detik, maka printer tersebut akan memproses kemudian menyala seperti biasa, namun apabila masih muncul error message tersebut, silahkan untuk mengganti cartridge dengan yang baru karena kemungkinan cartridge rusak atau tidak lagi kompatibel dengan printer.

Sebetulnya cara-cara memperbaiki printer error yang sudah dijelaskan diatas tidak hanya berlaku untuk printer Canon saja, Namun apabila anda mengenali error message yang ditampilkan dan memahami maksudnya, maka Anda akan tahu apa yang menyebabkan error pada printer tersebut, dan tentunya cara-cara diatas bisa diterakan pada hampir semua printer, semoga berhasil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here