Home Laptop Cara Mengatasi Laptop Mati Saat Main Game

Cara Mengatasi Laptop Mati Saat Main Game [TERMUDAH]

LIPUTANTEKNOLOGI.COM – Mungkin Anda pernah merasakan disaat asyik bermain game berat tiba-tiba laptop mati, Memang bermain game itu sesuatu yang menyenangkan karena bisa membuat hati menjadi nyaman, namun rasa nyaman itu bisa berubah menjengkelkan apabila laptop tiba-tiba mati disaat bermain game. Pada dasarnya semua game berat mampu berjalan dengan baik di laptop, akan tetapi apabila laptop anda mengalami masalah tentunya bisa mengakibatkan laptop mati secara mendadak, apalagi jika anda gunakan untuk bermain game berat.

Penyebab laptop mati mendadak itu banyak sekali faktornya bukan hanya karena anda gunakan bermain game berat saja. Terlepas dari itu liputanteknologi berinisiatif ingin memberikan sebuah infomasi mengenai cara agar laptop tidak mati mendadak saat bermain game. Siapa tahu dengan anda membaca ulasan yang akan liputanteknologi jelaskan dibawah ini dapat membantu permasalah anda tentang laptop mati mendadak disaat bermain game.

1. Besihkan Laptop

Cara Mengatasi Laptop Mati Saat Main Game
Membersihkan Laptop dari Debu

Salah satu penyebab kenapa laptop mati mendadak yang pertama adalah karena adanya tumpukan debu yang menempel pada komponen-komponen komputernya. Debu atau beberapa kotoran yang menempel pada bagian sirkulasi udara laptop menyebabkan hawa panas pada laptop tidak bisa keluar dengan lancar. Dan akan mengakibatkan hawa panas pada laptop berkumpul di dalam laptop kemudian akan menyebabkan laptop menjadi panas lalu laptop akan mati dengan sendirinya. Jadi untuk mengatasi laptop yang mati mendadak karena suhu laptop tinggi yaitu dengan anda membersihkan debu yang menempel pada sirkulasi udara laptop. Ingat sebelum anda membersihkannya silahkan anda matikan terlebih dahulu laptop anda.

Baca Juga:

2. Cek RAM saat bermain game

Cara Mengatasi Laptop Mati Saat Main Game
Cek RAM disaat Bermain Game di Laptop

Cara kedua agar laptop anda tidak mati mendadak disaat bermain game ialah dengan anda melihat kapasitas RAM komputer yang berada di dalam laptop terlebih dahulu sebelum anda menginstal game. Perlu anda tahu bahwa apabila RAM yang ada dalam laptop 2GB atau mungkin kurang, jika untuk bermain game maka silahkan anda bermain game game ringan saja. Karena jika anda paksakan untuk bermain game berat pada laptop yang memiliki RAM kecil maka akan cepat panas dan bisa juga akan mengakibatkan laptop mati mendadak.

Jadi apabila anda ingin bermain game di laptop apalagi anda bermain game berat untuk lebih amannya silahkan anda menambah kapasitas RAM terlebih dahulu, karena jika RAM pada laptop besar, sangat kecil kemungkinan bila laptop akan mati tiba-tiba disaat bermain game. Kapasitas RAM laptop untuk bermain game ialah minimal 4GB.

Baca Juga:

3. Gunakan cooling fan

Cara Mengatasi Laptop Mati Saat Main Game
Kipas Pendingin Untuk Laptop Agar Tidak Cepat Panas

Untuk mengatasi laptop mati saat main game yang ketiga ialah dengan anda menggunakan cooling fan. Mungkin Anda pernah melihat ada sebuah papan yang memiliki kipas dibawahnya. Nah, papan yang mempunyai kipas tersebut dinamakan cooling fan. Fungsi cooling fan ialah untuk pendingin laptop. Dan udara yang dihasilkan dari cooling fan ini bisa anda gunakan untuk memberikan suhu dingin pada laptop dan juga dapat untuk membuang udara panas di dalamnya. Cooling fan ini sangat cocok apabila digunakan untuk aktivitas di depan laptop pada waktu yang lama, contohnya seperti bermain game. Karena pada dasarnya laptop mati mendadak itu karena laptop over heat, jadi jika anda ingin bermain game di laptop usahakan anda menggunakan coolung fan agar laptop tidak mati mendadak.

Baca Juga:

4. Cek VGA Card

Cara Mengatasi Laptop Mati Saat Main Game
Cek VGA Card Sebelum Bermain Game di Laptop

VGA Card adalah salah satu komponen komputer yang terdapat pada komputer dan laptop. Fungsi VGA Card ini ialah bisa anda gunakan sebagai alat untuk menampilkan grafis di dalam laptop. Dan pada Jenis-jenis VGA card tentunya berbeda-beda yang tentunya sesuai dengan fungsinya masing-masing. Cobalah anda mengecek VGA card yang digunakan pada laptop/ komputer. Apabila VGA card yang digunakan hanya cocok untuk bermain game-game ringan, maka jangan anda paksakan untuk memasang game yang berat. Namun bila anda tetap ingin memainkan game berat, maka silahkan anda ganti VGA card dengan VGA yang lebih cocok untuk bisa memainkan game berat.

Baca Juga:

5. Cek baterai laptop

Cara Mengatasi Laptop Mati Saat Main Game
Cek Kondisi Baterai Laptop Sebelum Bermain Game

Banyak orang disaat memainkan laptop mereka lupa dengan kondisi baterai. Padahal peran baterai sangat penting untuk memberikan daya pada komponen-komponen laptop. Apabila anda menggunakan baterai untuk memainkan game, apalagi memainkan game berat tentunya hal itu sangat berpengaruh pada kinerja baterai.

Maka dari itulah apabila anda memiliki kondisi baterai laptop yang masih bagus, sebaiknya jangan terlalu memainkan game yang berat. hal ini bertujuan agar baterai tidak cepat habis dan yang paling penting kualitas baterai masih terjaga. Namun apabila kualitas baterai sudah menurun, maka silahkan anda membeli baterai baru atau dengan anda tidak menggunakan baterai disaat bermain game. Karena dengan anda melepas baterai laptop disaat bermain game tentunya kualitas baterai akan selalu terjaga dan awet. Jadi nanti anda cukup mengunakan kabel charge untuk menghidupkan laptop lalu bermain game.

Bermain game di dalam komputer atau laptop memang sangat menyenangkan dan sangat menghemat biaya. Karena anda bisa melakukan berbagai aktivitas dalam satu perangkat saja, dari aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan ataupun hanya sekedar bermain game. Dengan banyaknya aktivitas yang dilakukan oleh laptop maka anda perlu menjada dan merawat laptop dengan baik, karena jika anda tidak merawat laptop dengan baik maka laptop mudah rusak. Demikianlah penjelasan mengenai cara mengatasi laptop mati saat main game. Sekian dan trimakasih atas kunjungannya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda khususnya bagi orang yang menggunakan laptop untuk bermain game.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here