Home Printer Cara Mencairkan Tinta Printer Yang Kering

Cara Mencairkan Tinta Printer Yang Kering [TERMUDAH]

LIPUTANTEKNOLOGI.COM – Printer merupakan salah satu perangkat input dan output komputer yang berfungsi untuk mencetak dokumen dari komputer ke media kertas. Dengan printer, Anda bisa mencetak berbagai gambar, laporan, hingga foto. Jenis printer yang paling banyak digunakan ialah printer inkjet, yang dimana kelebihan printer laser dibandingkan inkjet dapat Anda baca di situs liputanteknologi.com ini.

Prinsip kerja dari printer inkjet ini ialah printer ini akan mencetak dengan cara menyemprotkan tinta yang berasal dari cartridge ke media cetak / kertas. Bila anda menggunakan printer inkjet maka usahakan anda jangan langsung menyentuh hasil cetakan, sebab hasil cetakan dari printer inkjet ini membutuhkan waktu beberapa lama sebelum tinta cartridge mengering.

Di dalam printer inkjet ini juga tersedia sebuah bagian yang bernama head cartridge. Dan Pada bagian ini, terdapat lubang-lubang kecil yang berukuran kurang dari 0.1 milimeter. Dan melalui lubang-lubang inilah tinta  tersebut disemprotkan. lubang-lubang tersebut dapat dibilang sangat kecil, sehingga seringkali terjadi penyumbatan dan mengakibatkan printer tidak bisa mencetak atau membuat hasil print bergaris. (Baca: Cara mengatasi hasil Print Bergaris).

Penyumbatan tersebut terjadi dikarenakan adanya tumpukan tinta yang mengering dan tentunya akan membuat tinta yang keluar tidak stabil dan mengakibatkan hasil cetakan printer pada kertas tidak keluar sama sekali.

Dan untuk mengatasinya terdapat dua cara yaitu cara pertama dengan melakukan deep cleaning terlebih dahulu dan cara kedua dengan mengatasinya secara manual. Untuk mengatasinya secara manual, maka Anda wajib melepaskan cartridge dari printer. Nah, untuk bagian ini Anda harus berhati-hati, jangan sampai Anda memegang chip pada cartridge.

Baca Juga:

Pada artikel kali ini maka liputanteknologi akan membahas tentang cara mencairkan tinta printer yang kering. Cara-cara yang liputanteknologi jelaskan kali ini dapat Anda praktekkan pada printer semua merk, asalkan printer tersebut termasuk printer inkjet.

1. Pembersihan Tinta Dengan Software Printer

Bagi pengguna Windows, maka dapat melakukan langkah-langkah deep cleaning yang biasanya tersedia di software khusus printer di komputer. Namun sebelum itu, silahkan anda pastikan software tersebut sudah terinstal di laptop.

Dan Selanjutnya, Anda tinggal sesuaikan saja langkah-langkah yang ada di bawah ini dengan buku manual dan juga dari pengaturan pada printer Anda. Cara ini dapat dilakukan sebagai cara mengatasi tinta printer tidak keluar. Silahkan perhatikan langkah-langkah dibawah ini.

  • Pada Windows di komputer silahkan klik Start > Control Panel.
  • Pada jendela Control Panel > All Control Panel Items.
  • Dan silahkan Scroll ke bawah, dan klik “Devices and Printers”.
Pembersihan Tinta Dengan Software Printer

Selanjutnya, Anda akan melihat jendela yang berisikan daftar perangkat yang pernah tersambung pada laptop Anda. Pada jendela ini, silahkan Anda cari printer yang akan dilakukan deep cleaning.

Supaya mempermudah, maka silahkan cari nama printer yang bertuliskan nama merek printer Anda disertai dengan tipenya. Sebagai contoh, untuk printer Canon IP 2700, Anda akan menemukan tulisan “Canon IP 2700”

  • Setelah printer ditemukan, selanjutnya silahkan klik kanan pada nama printer tersebut, kemudian pilih “Printer Properties”.
cara mengatasi cartridge kering
  • Setelah itu akan muncul jendela pengaturan dari printer Anda. Silahkan Anda Pilih tab “Maintenance”. Pada tab ini, maka Anda akan menemukan beberapa hal terkait dengan perawatan printer Anda.
mencairkan tinta printer dengan deep cleaning
  • Kemudian untuk perawatan tinta printer terdapat dua opsi cleaning, antara “cleaning” (biasa) dan juga “ deep cleaning”. Pilihlah salah satu kemudian klik.
Cara Mencairkan Tinta Printer Yang Kering
  • Kemudian muncul beberapa opsi tinta, All colors BK,C,M,Y dan Black, M serta Color, C,M,Y silahkan pilih salah satu kemudian tekan execute.
Cara Mencairkan Tinta Printer Yang Kering dengan software
  • Kemudian tunggu proses pembersihan hingga selesai. Dan ingan Selama prosesnya berlangsung, Anda tidak boleh menggunakan printer selain untuk kepentingan perawatan.
  • Setelah proses pembersihan selesai selanjutnya matikan printer Anda selama 24 jam. Hal tersebut karena printer membutuhkan waktu untuk bisa berfungsi normal kembali setelah melakukan pembersihan.
  • Setelah 24 jam sudah terlewati, silahkan Anda lakukan pencetakan kertas pada printer, menggunakan fitur “Nozzle Check”. Caranya ialah buka kembali jendela pengaturan printer Anda. kemudian pilih pada tab “Maintenance” selanjutnya”, klik “Nozzle Check”.
Cara merawat Tinta Printer dengan software
  • Dan silahkan anda Ikuti petunjuk selanjutnya yang muncul pada layar untuk melakukan Nozzle Check tersebut.

Baca Juga:

 

Silahkan Anda Bandingkan hasil gambar yang tercetak pada kertas dengan gambar yang ditampilkan di layar laptop anda. Apabila hasilnya sudah sesuai atau hasil cetak bagus, itu pertanda bahwa proses cleaning yang dilakukan berhasil. Namun Apabila hasil cleaning yang dilakukan kurang bagus, maka Anda harus membersihkan cartridge secara manual.

2 Pembersihan Tinta Printer Secara Manual

Sebelum Anda melakukan cara perbaikan cartridge secara manual, terlebih dahulu Anda harus menyiapkan beberapa barang untuk membersihkan cartridge, antara lain:

  • Air hangat dalam 1 mangkok.
  • Tisu atau kain halus.
  • Obeng minus.

Setelah barang yang dibutuhkan untuk membersihkan tinta secara manual sudah siap maka selanjutnya kita melangkah ketahap berikutnya yaitu tentang cara mencairkan tinta printer yang kering untuk membersihkan cartridge secara manual dengan mudah:

  • Siapkan air hangat di dalam mangkok/piring
  • Lepaskan cartridge dari printer.
cara mencairkan tinta printer yang kering untuk membersihkan cartridge secara manual
  • Kemudian buka bagian atas penutup cartridge dengan cara mencongkelnya memakai obeng minus yang tadi sudah disiapkan.
  • Lalu ambil busa yang ada di dalam cartridge.
  • Kemudian, rendam busa tersebut ke dalam air hangat, lalu bersihkan sampai bersih.
  • Selanjutnya rendam sambil goyang-goyangkan head cartridge dengan air hangat kurang lebih selama 15 menit. Pada tahap ini Anda harus berhati-hati, karena pada bagian chip pada cartridge jangan terkena air.
cara perbaikan cartridge secara manual
  • Setelah cartridge sudah selesai direndam, selanjutnya silahkan tuangkan sedikit air hangat ke dalam bak dari cartridge sambil dibilas hingga bersih.
  • Bila dirasa perlu, silahkan kuras terlebih dahulu tinta di dalam cartridge dengan jarum suntik. Hal ini dilakukan karena tinta di dalam cartridge sebelumnya sudah  kemasukan air. Sehingga warna yg dikeluarkan pada kertas menjadi kurang maksimal.
Cara Mencairkan Tinta Printer Yang Kering
  • Bersihkan bagian bak cartridge dengan menggunakan tisu. Dan keringkan busa dan juga cartridge dengan panas matahari sampai cartridge benar-benar kering.
  • Setelah dirasa sudah kering semua selanjutnya ialah dengan Pasangkan kembali cartridge ke printer seperti semula. Anda dapat memakai lem untuk menyatukan penutup cartridge. Kemudian isi cartridge dengan tinta kurang lebih sebanyak 4 ml ke dalam cartridge. Setelah itu biarkan tinta meresap selama 20 menit.
  • Selanjutnya Lakukan uji coba pencetakan dengan kertas. Apabila printer masih belum bisa mengeluarkan tinta, maka silahkan Anda diamkan kembali sampai beberapa jam. Baru kemudian dicoba lagi.

Baca Juga:

KESIMPULAN: Untuk mengatasi tinta kering pada cartridge printer inkjet, Maka Anda harus melakukan terlebih dahulu proses pembersihan menggunakan software bawaan printer Anda tersebut. Setelah itu, Anda dapat mencairkan tinta yang kering secara manual. Pastikan Anda telah melakukan langkah-langkah yang telah liputanteknologi sampaikan di atas dengan benar. Ingat, jangan sampai air hangat yang Anda gunakan untuk membersihkan cartridge mengenai bagian chip cartridge ya, karena bisa mengakibatkan konsleting listrik Dan tentunya printer tidak bisa digunakan kembali. Demikianlah artikel kali ini dari liputanteknologi seputar cara mencairkan tinta printer yang kering. Semoga informasi yang liputanteknologi berikan dapat menambah pengetahuan Anda seputar perawatan dan juga perbaikan printer inkjet yang Anda miliki tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here