Home Laptop Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows 7

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows 7 [MUDAH]

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows 7
Tutorial Cara Mempercepat Kinerja Laptop di Windows 7

LIPUTANTEKNOLOGI.COM – Pada artikel kali ini kita akan membasah mengenai Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows 7. Yaa karena pada saat ini banyak pengguna laptop yang masih menggunakan windows 7 sebagai sistem operasi meskipun pada saat ini sudah ada windows 8 dan windows 10. Tentunya banyak kelebihan dan kekurangan windows 7 sehingga pada saat ini menjadi pilihan untuk para penggunannya. Memang pada windows 7 mulai dari instalasinya yang mudah sampai interfacenya yang nyaman digunakan dibandingkan versi terbaru. Jadi cukup cocok bila windows7 digunakan untuk membantu pekerjaan.

Salah satu kelemahan pada sistem operasi windows 7 ialah apabila terlalu banyak beban maka kinerja pada windows 7 melambat. Lantas bagaimana cara mempercepat kinerja laptop pada windows 7 yang mudah?

Penyebab kinerja laptop melambat itu banyak sekali faktornya, apalagi jika anda memiliki laptop spesifikasi rendah, karena hal tersebut akan membuat sistem operasi windows 7 bekerja keras dan akan membuat laptop melambat. Apabila anda ingin mengetahui cara mempercepat kinerja laptop, silahkan anda perhatikan ulasan berikut ini:

CARA MEMPERCEPAT KINERJA LAPTOP

Laptop lemot, laptop melambat, kinerja laptop menurun memang sesuatu yang menyebalkan karena akan menggangu pekerjaan kita, maka dari itu liputanteknologi akan memberikan trik agar kinerja laptop cepat. Inilah 6 cara mempercepat kinerja laptop pada windows 7 yang perlu anda tahu.

1. Uninstal aplikasi bawaan

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows 7
Uninstal Aplikasi Bawaan Untuk Meningkatkan Kinerja Laptop

Salah satu penyebab laptop mengalami kelambatan dalam kinerjanya ialah dikarenakan andanya banyaknya aplikasi yang tertanam di dalamnya. Salah satunya ialah adanya aplikasi bawaan dari windows 7.  Dan Aplikasi-aplikasi tersebut sebagian besar tidak terpakai oleh para pengguna dan hanya memenuhi memori laptop. Maka dari itu jika anda ingin kinerja laptop kembali cepat. silahkan anda uninstal aplikasi bawaan yang menurut anda tidak dibutuhkan agar memori laptop memiliki ruang kosong. Karena dengan begitu maka kinerja laptop bisa menjadi lebih cepat dan ringan.

Baca Juga:

2. Tutup aplikasi yang berjalan

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows 7
Tutup Aplikasi Berjalan Agar Laptop Ringan

Penyebab kinerja laptop menjadi lambat yang kedua ialah karena banyaknya aplikasi yang terbuka secara otomatis saat laptop dinyalakan. Hal tersebut bisa anda lihat pada bagian RAM komputer pada laptop. Apabila menggunakan kapasitas RAM kurang dari 2GB sedangkan aplikasi yang diinstal terlalu banyak, maka secara otomatis kinerja pada laptop akan berkurang.

Dan agar anda bisa mempercepat kinerja laptop di windows 7 ialah dengan anda tutup aplikasi yang berjalan otomatis pada laptop. Caranya masuk ke task manager kemudian anda bisa melihat aplikasi mana saja yang terbuka. Selanjutnya klik kanan dan lalu pilih end process tree. Dengan begitu maka aplikasi tertutup. Silahkan anda tutup aplikasi yang sekiranya mengganggu kinerja pada laptop.

Baca Juga:

3. Menambah kapasitas RAM

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows 7
Menambah Kapasitas RAM untuk Meningkatkan Kinerja Laptop

Dengan menambah kapasitas RAM pada laptop tentunya salah satu cara untuk mempercepat kinerja laptop. Seperti yang sudah kita bahas di artikel sebelumnya bahwa kapasitas RAM yang kecil sangat memperngaruhi kinerja laptop, apalagi jika didalam laptop terdapat aplikasi dan software yang banyak. Tentu saja hal tersebut akan menambah kerja pada komponen-komponen komputer di laptop, terutama pada bagian RAM.

Maka dari itu, salah satu solusi untuk mempercepat kinerja laptop ialah dengan menambah RAM minimal 4GB, karena dengan anda menambah RAM pada laptop maka secara otomatis anda akan mempermudah laptop menjalankan kinerjanya. Kapasitas RAM besar akan membuat ruang kosong serta meringankan beban laptop.

Baca Juga:

4. Melakukan defrag harddisk

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows 7
Cara Membuat Kinerja Laptop Meningkat

Cara keempat untuk meningkatkan kinerja laptop pada windows 7 adalah dengan melakukan defrag pada harddisk. Pada dasarnya laptop sudah memiliki jadwal sendiri untuk melakukan defragment pada harddisk. Namun hal tersebut dapat juga terlewat karena jadwalnya sama dengan saat anda mematikan laptop. maka dari itu akan lebih baik jika anda melakukan defragment secara manual, agar kinerja laptop meningkat.

Baca Juga:

5. Membersihkan Harddisk secara berkala

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows 7
Upgrade Harddisk Laptop Untuk Meningkatkan Kinerja Laptop

Cara untuk dapat mempercepat kinerja laptop yang kelima adalah dengan melakukan pembersihan “sampah” di dalam harddisk. Perlu Anda ketahui bahwa ketika Anda menggunakan laptop, maka secara tidak langsung banyak sampah yang akan menumpuk pada bagian hardisk. Apabila “sampah-sampah” ini tidak bersihkan, maka, secara otomatis kapasitas harddisk akan semakin banyak dan semakin menumpuk. Dan hal itu akan mengakibatkan kinerja laptop semakin menurun.

Jadi bila anda ingin mempercepat kinerja laptop, maka Anda harus rajin dalam membersihkan sampah tersebut. Caranya membersihkannya bisa melalui disk clean up atau menggunakan aplikasi khsusus. Anda jangan kawatir karena penghapusan sampah ini tidak sampai menghapus file-file penting yang ada di dalam laptop Anda.

Baca Juga:

6. Matikan gadget pada desktop

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows 7
Matikan Desktop Laptop Agar Kinerja Laptop Lebih Ringan

Penggunaan gadget pada desktop memang suatu hal yang menyenangkan karena bisa membuat tampilan desktop semakin menarik, selain itu penggunaan gadget juga bisa menampilkan berbagai macam informasi di dalam laptop hanya dengan satu gadget saja. Namun Anda perlu tahu bahwa penggunaan gadget pada desktip daapt menyebabkan laptop lemot karena hal itu merupakan salah satu penyebab RAM cepat penuh.

Maka dari itu apabila Anda ingin meringankan kinerja laptop maka silahkan anda matikan gadget pada desktop dan menggantinya dengan aplikasi maupun software yang lebih penting. Jadi penyebab utama kinerja laptop menurun ialah karena memori RAM penuh, jadi silahkan anda perhatikan kondisi RAM agar kinerja leptop stabil dan cepat.

Demikianlah enam cara mempercepat kinerja laptop windows 7 dengan mudah dan cepat. Setelah kita bahas secara tuntas maka kita bisa simpulkan bahwa sebagian penyebab kinerja laptop melambat ialah karena memori RAM / memori harddisk tidak bisa menampung berbgai macam software maupun aplikasi yang berada pada laptop itu. Jadi anda harus bijak dalam menginstal software maupun aplikasi yang digunakan, dan rawat laptop dengan baik, karena dengan anda rutin merawat laptop maka kinerja laptop juga akan stabil. Sekian dan Trimakasih atas kunjungannya, semoga artikel ini dapat membantu anda didalam meningkatkan kinerja laptop anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here