Home Microsoft Word Cara Membuat Grafik di Microsoft Word dan Modifikasinya

Cara Membuat Grafik di Microsoft Word dan Modifikasinya [MUDAH]

Cara Membuat Grafik di Microsoft Word dan Modifikasinya – Grafik ialah sesuatu yang bisa digunakan untuk menyampaikan informasi menggunakan bentuk grafis. Hal ini termasuk juga grafik dalam dokumen yang dapat membantu Anda di dalam menggambarkan data numerik, misalany perbandingan dan tren, sehingga akan membuat lebih mudah dibaca dan dipahami.

Bicara mengenai grafik, merupakan sebuah penyajian informasi dalam bentuk grafik bisa dilakukan menggunakan software pengolah kata. Dan salah satu fungsi software pengolah kata ialah untuk mengubah teks di dalam dokumen menjadi tampilan grafik. Dan sebagai salah satu software pengolah kata, Microsoft Word sudah menyediakan fungsi tersebut didalamnya.

Lantas bagaimana cara membuat grafik di Microsoft Word? Selum ketopik pembahasan alangkah baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu apa itu grafik di dalam sebuah dokumen serta macam-macam grafik tersebut. Langsung saja kepembahasan

Jenis Grafik di Ms Word

Ada banyak sekali jenis grafik di dalam Microsoft Word yang bisa Anda pilih. Supaya Anda bisa menggunakan grafik dengan efektif, Tentunya Anda harus memahami terlebih dahulu ciri khas dari masing-masing jenis grafik tersebut. Berikut ini merupakan informasi lebih lanjut tentang jenis grafik yang tersedia di Ms Word:

  • Grafik kolom adalah jenis grafik yang menggunakan batang vertikal untuk menyampaikan sebuah data. Dab Grafik ini juga bisa digunakan untuk berbagai jenis data, akan tetapi grafik ini pada umumnya digunakan untuk membandingkan beberapa data di dalam sebuah informasi.
  • Grafik garis adalah Jenis grafik yang berguna untuk menampilkan tren dan titik -titik data saling terhubung dengan garis. Hal tersebut tentunya akan memudahkan pembaca untuk melihat apakah tren sebuah atau melihat beberapa data cenderung meningkat ataupun menurun dari waktu ke waktu.
  • Diagram Pie adalah jenis grafik ini terdiri dari potongan sebuah lingkaran yang seperti potongan pie. Grafik ini bisa mempermudah pembaca ketika pembaca ingin membandingkan proporsi, yang dimana setiap nilai ditampilkan sebagai sepotong kue. Tentunya pembaca bisa dengan mudah untuk melihat nilai-nilai yang membentuk persentase dari jumlah keseluruhannya.
  • Grafik Batang adalah grafik yang mirip seperti grafik kolom. Yang membedakannya ialah grafik ini menggunakan batang horisontal, dan bukan vertikal.
  • Grafik Area adalah jenis grafik yang menyerupai grafik garis, tetapi terdapat daerah terisi yang ada di bawah garis tersebut.
  • Grafik Permukaan adalah grafik untuk menampilkan data pada tampilan 3D (3 dimensi). Dan jenis Grafik ini sangat cocok digunakan untuk sebuah data yang besar dan banyak, yang sangat memungkinkan anda untuk merepresentasikan berbagai informasi pada waktu yang sama.

Bagian-Bagian di Dalam Grafik di Microsoft Word

Selain anda harus mengetahui jenis grafik untuk mengetahui cara membuat grafik di microsoft word, Maka anda juga perlu memahami yang penting juga dalam grafik yaitu cara membaca grafik. Grafik mengandung beberapa bagian atau unsur, yang dapat membantu Anda untuk menginterpretasikan data yang akan anda sampaikan di dalam grafik. Berikut adalah bagian-bagian yang berbeda dari grafik.

  • Vertical Axis / Sumbu vertikal / sumbu y adalah bagian vertikal dari sebuah grafik. dan Sumbu vertikal mengukur nilai dari kolom tersebut.
  • Chart Title /Judul grafik adalah Judul ini harus menggambarkan apa sih data yang akan disampaikan pada grafik secara jelas dan benar.
  • Horizontal Axis / Sumbu horizontal / sumbu x adalah bagian horisontal dari sebuah grafik. dan pada umumnya sumbu horizontal mengidentifikasi kategori pada informasi yang ingin disampaikan dalam grafik.
  • Data Series adalah Seri data yang terdiri dari titik-titik data yang terkait di dalam sebuah grafik.
  • Legend /Legenda memiliki Fungsi untuk mengidentifikasi setiap seri data yang akan mewakili masing-masing bentuk atau warna dari sebuah grafik.

Dan untuk menambahkan grafik ke dalam dokumen Word, maka Anda harus memanfaatkan jendela spreadsheet yang terpisah untuk memasukkan dan juga mengedit data yang dibuatkan grafik, seperti membuat spreadsheet di Microsoft Excel. Dan proses memasukkan data di dalam spreadsheet cukup sederhana dan mudah.

Cara Membuat Grafik di Microsoft Word dan Modifikasinya

Oke, setelah sebelumnya liputanteknologi telah memberikan sebuah informasi mengenai cara membuat tabel di Word, sekarang saatnya bagi liputanteknologi untuk memberikan informasi seputar cara membuat grafik di microsoft word. silahkan anda pastikan telah menginstal Microsoft Office di komputer atau laptop Anda.

1. Menambahkan grafik di Ms Word

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat atau menambahkan grafik di dalam dokumen Word ialah dengan menggunakan cara sebagai berikut:

Silahkan tempatkan kursor teks di sudut dokumen yang dimana Anda akan munculkan grafik. Anda tidak tahu kursor teks? kursor teks adalah garis yang kedip-kedip di dokumen Word Anda.

Kemudian arahkan kursor mouse ke tab Insert, selanjutnya klik Chart pada kelompok Illustrations seperti pada gambar dibawah ini.

membuat grafik di ms words

Maka selanjutnya sebuah kotak dialog berisikan jenis-jenis grafik akan muncul dilayar di word. Silahkan anda pilih jenis grafik dari panel kiri, kemudian pilih model grafik di sebelah kanan. Maka Anda akan menemukan beberapa pilihan grafik yang bisa Anda pilih.

Lalu pilih grafik yang Anda inginkan, kemudian klik OK.

membuat grafik dengan ms word

Maka sebuah grafik dan jendela spreadsheet Excel akan muncul. Kenapa ada spreadsheet Excel? Jadi, nanti kolom dan baris di dalam spreadsheet akan menjadi tempat yang Anda isi dengan data sumber Anda. dan Data sumber itulah yang akan digunakan Word untuk membuat grafik.

membuat grafik

  • Kemudian masukkan data sumber Anda ke spreadsheet. Silahkan Anda sesuaikan juga kategori dan juga seri datanya ya. membuat grafik
  • Data yang terdapat pada kotak biru ialah data yang akan muncul pada grafik. Apabila diperlukan, maka silahkan klik dan tarik kotak biru ke sudut kanan bawah secara manual jika anda ingin menambah atau mengurangi rentang data.membuat grafik
  • Setelah proses memasukkan data selesai, maka selanjutnya klik ikon Close untuk menutup jendela spreadsheet. membuat grafik
  • Maka tampilan grafik akan muncul di dokumen Word Anda. membuat grafik

NOTE: Apabila Anda ingin mengubah data pada grafik Anda, maka Anda bisa memilih grafik yang hendak diubah, selanjutnya klik Edit Data pada tab Design. Maka jendela spreadsheet Excel dari data Anda dimunculkan kembali. membuat grafik di ms words

Baca Juga:

2. Membuat Grafik di Ms Word dengan Data Excel

Apabila Anda sudah memiliki data di dalam file Excel dan anda ingin juga menggunakan dokumen Word, maka langkah yang bisa anda tempuh ialah dengan Anda melakukan copy dan paste data dari file tersebut, dengan begitu maka anda tidak perlu memasukan data secara manual. dengan cara buka spreadsheet di Excel, lalu salin data, selanjutnya paste sebagai sumber data di Word. Beres dehh.

Selain dari data yang sudah ada di exsel, Anda juga bisa menambahkan grafik Excel yang sudah ada, ke dalam dokumen Word Anda. Apabila anda memperbarui berkas Excelnya suatu saat, maka grafik yang muncul di Word akan diperbarui juga secara otomatis menyesuaikan perubahan yang anda buat. Jadi, Anda tidak perlu kerja dua kali untuk mengubah data di Excel dan Word.

Memodifikasi Tampilan Grafik

Ada banyak cara untuk mengatur grafik di dokumen Word. Seperti Anda bisa mengubah jenis grafik, dan mengatur ulang data, atau bahkan anda juga bisa mengubah tampilan grafik yang sudah dibuat. Berikut ini merupakan penjelasannya:

a. Menukar data baris dan kolom:

  • Anda perlu mengubah cara mengelompokan data grafik Anda. Seperti pada grafik di bawah ini, terdapat data survai yang line dimedia sosial berdasal jenis media sosial yang digunakan. Kita Anda ingin menukar datanya agar tersaji data akan dikelompokkan berdasarkan jenis media sosial. Dalam kasus kedua, grafik berisi data yang sama, dengan cara yang berbeda. Berikut ini adalah cara menukar data tersebut : membuat grafik
  • Pilih grafik yang ingin diubah. kemudian Tab Design lalu, klik Edit Data pada bagian Data. edit grafiks
  • Selanjutnya klik grafik lagi untuk memilih ulang, kemudia klik Switch Row / Column. edit grafiks
  • Setelah anda klik maka baris dan kolom dari data akan dibalik. seperti pada contoh dibahah ini.
Cara Membuat Grafik Pada Microsoft Word

b. Mengubah jenis grafik di Ms Word

Apabila Anda merasa jenis grafik yang digunakan sudah tidak cocok untuk data Anda, maka Anda bisa mengubahnya ke jenis grafik yang berbeda. Berikut ini adalah contoh akan mengubah jenis grafik dari grafik kolom menjadi grafik garis. Berikut ini adalah cara mengubahnya:

  • Silahkan anda pilih grafik yang ingin diubah. kemudian tab Design akan muncul.
  • Lalu dari tab Design, selanjutnya klik perintah Change Chart Type.
  • Maka sebuah kotak dialog akan muncul. Silahkan anda pilih jenis grafik yang Anda inginkan, kemudian klik OK. grafik
  • Maka jenis grafik baru akan diterapkan pada data Anda. Tentunya grafik garis akan mempermudah kita dan para pembaca untuk melihat tren dari waktu ke waktu.

c. Mengubah tata letak grafik di Ms Word

Tata letak /layout sebuah grafik bisa sangat mempengaruhi beberapa elemen, seperti judul grafik dan label data. Apabila Anda hendak mengubah tata letak grafik silahkan perhatikan berikut ini:

  • Pilih grafik yang ingin Anda ubah dengan klik Tab Design lalu kluk quick layout.
  • Kemudian silahkan pilih layout yang Anda inginkan dari menu drop-down.
  • Apabila Anda tidak menemukan layout grafik anda butuhkan di tab tersebut, maka Anda bisa mengklik Add Chart Element pada tab Design untuk menambahkan grindliner, title axis, serta elemen grafik lainnya. sSeperti untuk mengisi placeholder, judul grafik atau judul axis silahkan klik elemen dan masukan teks judul grafik Anda.

d. Mengubah gaya grafik di Ms Word

Anda bisa mengubah desain grafik, termasuk gaya, warna, unsur-unsur tata letak tertentu agar grafik di dokumen Word terlihat lebih indah

  • Pilih grafik yang ingin diubah. dengan Tab Desain lalu klik panah drop-down More pada bagian Chart Styles seperti pada gambar di bawah ini.
  • Sebuah menu drop-down yang berisikan pilihan gaya grafik akan muncul kemudian silahkan anda pilih gaya grafik yang Anda inginkan.
  • Maka gaya grafik yang dipilih akan diterapkan di grafik Anda.

Baca Juga:

Untuk memodifikasi gaya grafik dengan lebih cepat silahkan anda gunakan shortcut pemformatan di sebelah kanan grafik Anda. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan elemen grafik, gaya grafik, dan menambahkan filter untuk data Anda secara cepat. Demikianlah cara membuat grafik pada Ms Word semoga dapat bermanfaat bagi anda yang ingin membuat grafik. Sekian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here