Home Internet 8 Penyebab Jaringan LAN Putus Nyambung Dan Solusinya

8 Penyebab Jaringan LAN Putus Nyambung Dan Solusinya

 

LIPUTANTEKNOLOGI.COM – Jaringan LAN atau Local Area Network adalah salah satu bentuk jaringan komputer yang memiliki scope atau ruang lingkup yang kecil. Dan biasanya, jaringan LAN ini dikembangkan pada lokasi kecil juga, misalnya ruangan kantor, warnet, rumah dan lokasi lainnya yang tidak besar.

Tidak seperti jaringan MAN, dan jaringan LAN meskipun memiliki lingkup yang kecil akan tetapi penggunaannya lebih banyak diminati oleh banyak orang, karena saat ini berkat perkembangan jaringan komputer kini untuk mengakses internet bagi individual pun menggunakan koneksi wireless, seperti toko, rumah, cafe dan tempat lain dengan sekala kecil lainnya.

Seperti berbagai jenis jenis kabel jaringan komputer lainnya, tentu saja jaringan LAN ini juga seringkali mengalami berbagai macam masalah. Salah satu masalah yang cukup sering dihadapi ialah jaringan LAN putus nyambung. Pada dasarnya, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan jaringan LAN putus nyambung.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa menyebabkan jaringan LAN putus nyambung :

1. Banyak Tembok Beton Yang Menghalangi Sinyal Wireless

Penyebab Jaringan LAN Putus Nyambung Dan Solusinya

Salah satu hal yang bisa mempengaruhi kualitas jaringan LAN ialah karena kondisi di dalam ruangan yang memiliki banyak tembok tebal. Hal ini sering terjadi pada koneksi LAN yang menggunakan teknologi wireless (WLAN). Biasanya, sebuah koneksi WLAN seringkali terganggu apabila berada didalam ruangan, dalam hal ini putus nyambung karena faktor bentuk bangunan atau ruangan itu sendiri.

Lokasi server atau access point yang terhalang oleh tembok memang menjadi faktor yang mengganggu sinyal wireless sehingga sering kali menyebabkan jaringan menjadi down, atau dalam artian tidak tersambung, dan mengalami gejala putus nyambung.

Walaupun prinsip kerja local area network ini memang diperuntukkan pada jaringan skala kecil, akan tetapi bukan berarti dalam satu gedung tidak bisa diperluas ke segala penjuru ruangan karena terhalang tembok / pembatas lainnya.

Baca JugaJENIS JENIS TEKNOLOGI JARINGAN NIRKABEL (WPAN, WLAN, WMAN DAN WWAN)

Solusi untuk sinyal wireless sering putus nyambung ialah Mencari lokasi penempatan access point yang tepat sasaran, sehingga jaraknya radiusnya akan mampu menggapai banyak sudut ruangan dan yang tidak terhalang tembok. Atau, bisa dengan anda menggunakan eksternal receiver, sehingga bisa memperkuat penerimaan sinyal wireless yang ada.

2. Kabel Yang Kurang Baik Kualitasnya

Penyebab Jaringan LAN Putus Nyambung Dan Solusinya

Bagi anda yang menggunakan konektivitas LAN dengan kabel maka anda bisa dengan melakukan pengecekan kualitas dari kabel yang anda gunakan. Asal anda tahu bahwa kabel dengan kualitas yang buruk tidak akan sanggup untuk mentransmikan jaringan dengan baik dan benar, sehingga hal ini akan menyebabkan terjadinya gejala putus nyambung pada jaringan LAN tersebut.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Wifi Tidak Bisa Connect di Komputer

Solusi dari masalah ini ialah dengan mengecek keseluruhan kabel, dan juga menggantinya dengan kabel yang lebih berkualitas yang tentunya sudah teruji ketahanan dan juga fungsi nya.

3. Kerusakan Pada Perangkat Keras Jaringan Komputer

Penyebab Jaringan LAN Putus Nyambung Dan Solusinya

Apabila ternyata masalah bukan berasal dari kabel ataupun dari sistem konektivitas wireless, maka ada kemungkinan perangkat keras jaringan komputer yang anda gunakan tersebut telah mengalami masalah atau kerusakan. Kerusakan perangkat keras jaringan ini, selain bisa menyebabkan koneksi menjadi putus nyambung, dan juga akan menyebabkan koneksi LAN menjadi mati sama sekali.

Baca Juga: Jenis Jenis Perangkat Keras Komputer

Beberapa perangkat keras yang mungkin akan mempengaruhi kerusakan dan bisa penyebab jaringan LAN putus nyambung antara lain, Hub, Switch, Bridge, Access point, Repeater dan Router.

Solusinya ialah anda harus melakukan pengecekan terhadap masing-masing perangkat keras komputer yang anda gunakan saat ini, dan anda harus memastikan dimana letak permasalahan yang muncul.

4. Masalah pada NIC

Penyebab Jaringan LAN Putus Nyambung Dan Solusinya

Penyebab berikutnya dari jaringan LAN putus nyambung ialah berasal dari adanya masalah pada NIC atau Network Interface Card atau kartu jaringan. Kemungkinan komputer anda telah mengalami masalah pada kartu jaringan, sehingga dapat menyebabkan koneksi yang masuk ke dalam komputer anda menjadi tidak stabil, dan juga sering terjadi kondisi jaringan LAN yang putus nyambung.

Baca Juga: Cara Membuat Jaringan 4G stabil

Solusi terbaik dari masalah ini ialah dengan anda melakukan penggantian pada kartu jaringan di dalam komputer anda, karena hal tersebut nantinya dapat bekerja dengan baik lagi.

5. Masalah pada IP Address

Penyebab Jaringan LAN Putus Nyambung Dan Solusinya

Masalah pada IP address atau biasa kita sebut alamat IP adalah salah satu masalah yang sering menyebabkana jaringan lan putus nyambung. Kesalahan penerimaan alamat, yang terjadi pada sistem routing di dalam sebuah jaringan itulah yang seringkali menyebabkan jaringan LAN menjadi tidak stabil dan mengakibatkan terjadi putus nyambung.

Baca Juga: 3 Cara Cek IP Address PC, Smartphone Dan Modem Paling Cepat

Solusi dari masalah ini ialah dengan anda lakukan identifikasi IP Address dengan tepat, kemudian cek kembali tabel routing yang digunakan, apakah mengalami masalah /tidak.

6. Kesalahan Pada Saat Crimping Kabel

Penyebab Jaringan LAN Putus Nyambung Dan Solusinya

Crimping kabel adalah sebuah metode yang digunakan untuk menyusun kabel-kabel UT menjadi sebuah kabel jaringan. Didalam prosesnya, disaat menyusun kabel jaringan haruslah mengikuti aturan yang telah ditetapkan, yang berisi seperti letak dan posisi kabel di dalam socket atau jack RJ – 45.

Pada umumnya, kesalahan di dalam melakukan proses crimping ini seringkali yang menyebabkan jaringan tidak mau bekerja dengan baik, karena terjadi kesalahan posisi pada letak dari sebuah kabel yang tentunya akan mengakibatkan disconnect

Baca Juga: Daftar Troubleshooting pada Jaringan Lan dan Cara Mengatasinya

Solusi yang bisa dilakukan ialah dengan anda harus mempelajari lagi mengenai posisi dan cara peletakan kabel di dalam jack RJ – 45, kemudian memperbaiki posisi kabel yang mungkin salah ataupun terbalik posisinya.

8. Kerusakan Pada Kabel Jaringan

Penyebab Jaringan LAN Putus Nyambung Dan Solusinya

Bagi anda yang sudah menggunakan kabel jaringan dengan kualitas baik serta sudah melakukan pengecekan pada crimping dengan tepat, namun masih mengalami masalah jaringan LAN putus nyambung, maka anda harus mengurutkan kembali seluruh jaringan kabel jaringan anda. Pada umumnya jaringan kabel terkadang seringkali menjadi korban dari gigitan hewan pengerat (misal tikus) sehingga menyebabkan transmisi menjadi buruk.

Baca Juga:

Untuk melindungi hal ini, yang harus anda lakukan ialah dengan membungkus kabel jaringan anda dengan pembungkus kabel, dan jangan Anda membiarkan kabel jaringan anda berseliweran secara tidak teratur, karena hal tersebut bisa memperpendek umur dari kabel jaringan.

Demikianlah ulasan mengenai penyebab jarian LAN putus nyambung beserta solusinya, semoga dengan anda membaca artikel ini dapat membantu anda menyelesaikan masalah jaringan LAN yang putus nyambung yang tentunya akan membuat rasa jengkel karena internet tidak bisa terhubung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here