Home Printer Cara Sharing Printer Melalui Jaringan Wifi / LAN di Windows 7

Cara Sharing Printer Melalui Jaringan Wifi / LAN di Windows 7 [MUDAH]

Cara Sharing Printer Melalui Jaringan Wifi / LAN di Windows 7 [MUDAH]

LIPUTANTEKNOLOGI.COM Cara Sharing Printer Melalui Jaringan Wifi di Windows 7– Sharing printer ialah salah satu manfaat dari jaringan komputer. Selain dapat menghemat pengeluaran, pemanfaatan fitur sharing printer ini juga mampu untuk menghemat waktu. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membelikan printer untuk setiap komputer / laptop Atau juga Anda tidak perlu lagi bolak-balik hanya untuk mencetak dokumen. Karena Anda cukup sediakan satu printer untuk mencetak dokumen yang mau di print di setiap komputer.

Sharing printer ini dapat anda aplikasikan pada jaringan LAN yang berbasis kabel maupun wireless. Yang terpenting ialah setiap komputer harus terhubung dengan baik pada komputer yang terkoneksi dengan printer.

Baca Juga: Cara Sharing Printer Dengan Komputer Lain Pada Windows 10 [MUDAH]

Pada windows 7 untuk melakukan sharing printer ini, Anda diharuskan untuk mengakaktifkan fitur “File and printer sharing”. Kemudian setelah fitur tersebut diaktifkan, Anda dapat langsung melakukan printer sharing. Lantas bagaimana caranya? cara sharing printer di windows 7 melalui Jaringan Wifi cukup mudah, silahkan perhatikan ulasan dibawah ini.

Cara Sharing Printer Melalui Jaringan LAN/ Wifi di Windows 7

Langkah-langkah sharing printer melalui jaringan wifi / LAN:

1. Silahkan Klik start button, kemudian pilih Devices and Printers.

Cara Sharing Printer Melalui Jaringan Wifi / LAN di Windows 7

2. Kemudian akan terbuka windows devices and printers. Di window 7 ini, Anda melihat hardware apa saja yang terhubung dengan komputer, salah satunya ialah printer. Tentukan printer mana yang ingin Anda sharing. Kemudian Klik kanan pada printer tersebut, lalu pilih printer properties.

Cara Sharing Printer Melalui Jaringan Wifi / LAN di Windows 7

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Sharing Printer Di Windows 7, 8, & 10

3. Maka akan terbuka window printer properties. lalu pilih tab Sharing pada windows tersebut.

Cara Sharing Printer Melalui Jaringan Wifi / LAN di Windows 7

4. Kemudian silahkan beri checkbox pada opsi share this printer. Anda dapat memberi nama sesuai keinginan Anda. Kemudian klik Apply, lalu Ok.

Cara Sharing Printer Melalui Jaringan Wifi / LAN di Windows 7

5.Sekarang printer sudah berhasil di sharing dan sudah siap digunakan oleh komputer lain yang terhubung. Kalau Printer sudah berhasil di sharing, Maka selanjutnya Anda dapat mengakses printer tersebut.

Baca Juga: Cara Setting Printer EPSON LX-300 / LX300+ / LX-310

Mengakses Printer Yang Terhubung Dengan Komputer Lain

Anda dapat mengaksesnya melalui windows Explorer. Pada Address bar, silahkan Anda ketikan IP address komputer yang melakukan sharing tadi. Liputan teknologi akan memberi contoh format penulisan di Address bar “192.168.10.10”, tanpa tanda petik ya. Ingat IP address disesuaikan dengan jaringan yang digunakan untuk menghubungkan.

Mengakses Printer Yang Terhubung Dengan Komputer Lain

Kemudian akan terlihat apa saja yang sudah di sharing oleh komputer tersebut salah satunya adalah printer. Nah, pada printer tersebut silahkan Anda klik kanan lalu pilih Connect danTunggu beberapa saat hingga proses Connecting selesai.

Cara Sharing Printer Melalui Jaringan Wifi

Baca Juga: Cara Setting Printer Epson Untuk Cetak Photo Berkualitas Tinggi

Setelah selesai, maka komputer sudah dapat mengakses printer yang disharing tadi, Anda dapat tes dengan cara mencetak sebuah dokumen.

Cara Sharing Printer Melalui Jaringan LAN

Biasanya sebelum mencetak, Anda akan diberikan opsi untuk memilih printer mana yang akan digunakan. Nah, pada opsi ini, silahkan Anda pilih printer yang disharing, cirinya ialah setelah nama printer pasti tertulis IP address dari komputernya. Setelah memilih printer tersebut maka selanjutnya ialah melakukan pencetakan dokumen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here