Home Antivirus Cara Menonaktifkan Antivirus Avast di Windows Dengan Mudah

Cara Menonaktifkan Antivirus Avast di Windows Dengan Mudah

LIPUTANTEKNOLOGI.COM – Avast adalah salah satu antivirus terbaik pada saat ini selain AVG, Kaspresky, Avira dan banyak antivirus lainnya yang sangat populer. Anda kemungkinan sudah menginstal antivirus avast di komputer / laptopmu. Liputanteknologi beranggapan bahwa antivirus ini merupakan antivirus yang paling keren karena benar-benar keren apalagi desainnya. Mungkin itu salah satu alasan para pengguna perangkat komputer memilih antivirus avast ini untuk menjadi satpam di komputer atau laptopnya.

Avast merupakan produk antivirus yang memiliki rekam jejak sangat panjang. Taukan Anda bahwa avast berdiri sejak tahun 1988 dan Avast sebagai program antivirus yang pertama rilis di windows x64, Tentunya dengan pengalamannya bertahun tahun sebagai security komputer, tentunya Avast tidak diragukan lagi kemampuannya untuk mengamankan komputer dari virus. Avast adalah perusahan antivirus yang telah dikembangkan oleh Alwil Software di Praha, Republik Ceko.

Baca Juga: Cara Mudah Menghapus Adware Pada Ponsel Android

Namun para pengguna perangkat komputer ini tak jarang pula merasa perlu memastikan Avast untuk sementara waktu atau mungkin mematikan Avast untuk selamanya karena beberapa alasan. Maka dari itu liputanteknologi pada artikel kali ini akan memandu anda cara mematikan avast di komputer anda. dan cara ini juga berlaku untuk semua produk antivirus Avast.

# Mematikan Seluruh Proteksi Keamanan dari Avast

Dengan Anda mematikan seluruh proteksi dari Avast, itu pertanda bahwa antivirus ini akan nonaktif secara menyeluruh. Maka dari itu silahkan pastikan jika anda mengaktifkannya lagi untuk mengurangi resiko komputermu terkena serangan virus, malware atau program jahat lainnya yang sering menyerang komputer. Untuk melakukan antivirus mati sementara, berikut ini adalah caranya:

Baca Juga: Cara Menonaktifkan Antivirus McAfee di Windows 10 Dengan Mudah

Cara pertama untuk mematikan antivirus Avast adalah dengan anda buka sistem tray di taskbar Windows anda. Kemudia cari dan temukan ikon Avast yang terdapat disana. Atau dengan anda klik tanda panah ke atas bila anda tidak menemukannya, pada biasanya ikon Avast tersembunyi di dalam sana, terutama pada Windows 10.

cara mematikan antivirus avast free antivirus

Cara kedua untuk menonaktifkan antivirus Avast di windows adalah apabila Anda sudah menemukan ikon Avast, maka silahkan Anda klik kanan pada ikon tersebut, kemudian pilih Avast shields control, selanjutnya silahkan pilih dan klik salah satu pilihan tergantung dari berapa lama anda ingin menonaktifkan antivirus Avast tersebut. Ada sejumlah pilihan antara lain pilihan 10 menit, 1 jam, hingga pada saat komputer di restart, atau Avast dinonaktifkan permanen.

Baca Juga: Cara Menonaktifkan Antivirus AVG di Windows (7, 8.1 & 10) Dengan Mudah

Cara ketiga mematikan antivirus Avast adalah setelah Anda memilih, maka Avast antivirus kemudian memunculkan jendela untuk mengkonfirmasi apakah Anda benar-benar ingin mematikan Avast Antivirus. kalau iya maka silahkan Pilih Yes. Setelah itu, maka seluruh perlindungan Avast Antivirus akan nonaktif di komputer Anda.

cara mematikan antivirus avast di windows 10

# Cara Mematikan Sementara Antivirus Avast untuk Proteksi Tertentu

Cara yang sudah dijelaskan diatas merupakan cara mematikan seluruh perlindungan Avast. Namun ada juga yang hanya mematikan proteksi tertentu saja. Berikut ini adalah cara mematikan sementara antivirus avast untuk proteksi tertentu saja:

Cara pertama adalah silahkan bukan Avast Antivirus. Anda dapat Buka Pengaturan (ikon Gear di sudut kanan atas), lalu klik Components. DI Avast versi tua, menu tersebut bernama Active Protection. Dan disana Anda akan menemukan seluruh proteksi Avast antara lain File System Shield, Mail Shield dan juga Web Shield.

Cara kedua adalah dengan memilih proteksi mana yang ingn Anda aktifkan dan kemudian klik switch ON. Lalu beberapa pilihan akan muncul untuk menentukan berapa lama yang anda inginkan untuk mematikan antivirus Avast , pilihan tersebut antara lain 10 menit, 1 jam, sampai komputer restart, atau hingga mematikan avast permanen.

cara menghapus antivirus avast sementara

Apabila anda sudah memilih maka tombol yang tadinya ON akan berubah menjadi OFF. Dan jendela Avast pun akan berubah warna menjadi kuning dengan mengeluarkan pesan You Are at Risk. Untuk dapat mengaktifkan antivirus avast kembali, Anda hanya perlu mengklik Turn on. Maka dengan begitu Avast akan menyala kembali, dan pesan yang bertulis You Are Protected akan muncul.

# Cara Menghapus Antivirus Avast

Beberapa orang para pengguna perangkat komputer mungkin lebih memilih untuk menghapus antivirus Avast. Karena mungkin masa versi trial yang mereka gunakan sudah habis, atau mungkin juga lisensi satu tahun yang mereka miliki sudah habis, dan tidak ingin memperpanjang lisensi tersebut. Maka dari itu Anda dapat menghapus Antivirus Avast dengan menggunakan langkah-langkah berikut ini:

Baca Juga: Cara Menonaktifkan Antivirus Avira di Windows

Cara pertama, Silahkan Anda buka Control Panel dengan cara klik kanan pada menu Start (ikon Windows) lalu Control Panel). Kemudian klik Uninstall a program.

cara menghapus avast secara permanen

Cara kedua, cari software Avast, kemudian pilih dan  klik Uninstall, maka proses uninstall akan berjalan. dan tunggu sampai selesai.
Selesai, Avast telah dihapus dari komputermu.

Demikianlah cara mematikan antivirus Avast yang dapat Anda lakukan, atau Anda juga dapat menghapus antivirus Avast secara permanen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here