Home Berita utama Cara Mengatasi Lupa Password Laptop Dengan Mudah

Cara Mengatasi Lupa Password Laptop Dengan Mudah

Cara Mengatasi Lupa Password Laptop Dengan MUdah

LIPUTANTEKNOLOGI.COM – Pengguna laptop tentunya menginginkan file yang berada di dalam perangkat aman, lantas mereka membuat password laptop dengan maksut agar file laptop tidak diketahui orang lain, namun kadang kita lupa password laptop kita sendiri dengan alasan ketika kita mengganti password laptop atau menambahkannya kita lupa mencatat, lantas kita tidak bisa membuka perangkat komputer tersebut. Maka dari itu liputanteknologi akan memberikan beberapa cara untuk mengatasi lupa password laptop yang menggunakan windows 7, 8, dan 10. Berikut Penjelasan cara membuka kunci laptop yang mudah.

Laptop adalah salah satu perangkat elektronik yang sangat berguna untuk berbagai macam pekerjaan. Kebanyakan orang saat ini, mereka lebih memilih menggunakan laptop daripada menggunakan PC, dikarenakan design laptop yang mudah untuk dibawa kemana saja dan tidak memerlukan tempat banyak serta ringan. Dari itulah orang sekarang lebih menyukai perangkat elektronik laptop.

Baca Juga: Cara Mudah Membuka Kunci Ponsel Android Yang Lupa Kunci Dengan Aman

Selain laptop memiliki desain yang simple, laptop juga dapat menyimpan data-data penting. Seperti halnya para mahasiswa yang cenderung menggunakan laptop di saat mereka mengerjakan skripsi maupun para guru yang menggunakan laptop untuk menyimpan data nilai siswa, dan masih banyak contoh lainnya. Maka dari itu, sebagian orang akan memberikan kata sandi pada laptop untuk menjaga file yang berapa pada laptop.

Apabila kita berbicara mengenai password, maka password tentu sangat dibutuhkan untuk mengamankan data penting yang terdapat pada laptop agar terhindar dari tangan-tangan yang jahil. Lantas bagaimana jika sewaktu waktu kita lupa dengan password yang terdapat pada laptop? Untuk kasus yang satu ini, langkah awal ialah jangan panik terlebih dahulu. Karena kita dapat mengatasi permasalahan tersebut dan File file akan tetap terjaga.

Baca Juga: Cara Mudah Memperbaiki Laptop atau Komputer Yang Error

# Cara Memperbaiki Lupa Password dengan Masuk ke Safe Mode


cara membobol sandi laptop

Salah satu cara yang paling mudah untuk membuka sandi laptop ialah dengan anda masuk ke safe mode pada laptop. Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu safe mode, maka saya akan jelaskan sedikit, safe mode adalah fitur bawaan windows yang berfungsi untuk memperbaiki masalah sistem yang terjadi pada laptop. Kemudian bagaimana cara untuk masuk ke safe mode? Disini liputanteknologi menggunakan OS Windows 7.  Silahkan simak ulasan dibawah ini:

  1. Nyalakan/restart laptop.
  2. Kemudian Langsung tekan tombol F8 pada perangkat anda.
  3. Apabila anda tidak masuk ke tampilan Advanced boot options, itu pertanda bahwa anda terlambat dalam menekan tombol F8. silahkan Restart laptop dan coba lagi.
  4. Bila anda sudah berhasil masuk, maka akan muncul tampilan kurang lebih seperti pada gambar di bawah ini.
cara mengatasi lupa password laptop

Baca Juga: Cara Memperbaiki Laptop Tidak Bisa Shutdown

Apabila anda sudah masuk ke safe mode, maka anda dapat menghapus password pada laptop melalui control panel dengan menggunakan cara.

  1. Buka control panel.
  2. Pilih menu Account.
  3. Klik Manage Another Account.
  4. Klik change the password (bertujuan untuk mengganti password baru).
  5. Masukkan password terbaru (usahakan cari password yang sulit dan mudah untuk diingat).
  6. Lalu klik simpan.

# Memperbaiki Lupa Password Laptop dengan Hiren’s Boot CD


Memperbaiki Lupa Password Laptop dengan Hiren’s Boot CD

Baca Juga: Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Laptop Dengan Mudah

Memperbaiki lupa sandi laptop dengan menggunakan Hiren’s Boot CD, yang dimana anda bisa melakukan reset ulang password Windows, sehingga laptop bisa terbuka kembali meskipun anda lupa dengan password yang anda buat. Alat-alat yang bisa anda gunakan diantaranya seperti NTPWedit, NTPWD, Offline NT Password Changer, atau dengan Password Renew. Cara untuk menggunakan CD ini adalah:

  1. Silahkan masukkan DVD yang terdapat Hiren’s Boot.
  2. Pilihlah tools yang sesuai dengan yang anda butuhkan dan pilih wizard yang sama.
  3. Apabila salah satu tools yang ada pada aplikasi ini tidak berfungsi, silahkan anda bisa mencoba tools lainnya, agar password pada laptop bisa terbuka.

# Reset Password dari Flashdisk


Reset Password dari Flashdisk

Membuaka password laptop Anda juga bisa menggunakan file userkey.psw yang akan anda letakkan pada flashdisk. Cara penggunaannya seperti dibawah ini:

  1. Silahkan tancapkan flashdisk disaat laptop berproses pada login Windows.
  2. Pertama pada layar login Windows, maka opsi Reset Password akan muncul ketika password yang dimasukkan tidak benar. maka silahkan Klik opsi tersebut untuk melanjutkan proses.
  3. Klik next pada wizard yang pertama.
  4. Klik Removable Disk/USB Flashdisk.
  5. Terakhir anda harus memasukkan password baru (yang perlu diingat masukan kembali pada kolom kedua untuk konfirmasi), dan password hint. Apabila sudah klik Next.
  6. Dengan begitu maka pertanda bahwa proses reset password telah berhasil dan anda dapat klik Finish untuk mengakhiri proses tersebut.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Windows 10 Rusak atau Error Dengan Mudah

# Install Ulang Laptop


Install Ulang Laptop

Cara ini merupakan cara membuka sandi laptop yang terakhir dan apabila anda tidak memiliki cara untuk membobol password. Sebelum melakukan install ulang, maka usahakan untuk backup data-data penting anda terlebih dahulu. Dikaranekan saat proses install ulang, maka data yang terdapat pada laptop akan hilang semua.

Demikianlah cara membuka sandi laptop dan silahkan anda mencari cara mengatasi lupa password laptop yang menurut anda paling mudah. Semoga anda sukses untuk membobol sandi laptop.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here