Home Android Cara Membuat Jaringan 4G Stabil di Semua Operator

Cara Membuat Jaringan 4G Stabil di Semua Operator

LIPUTANTEKNOLOGI.COM – 4G merupakan hasil dari pengembangan dari teknologi 2G dan 3G. Ada terdapat 2 kandidat standar 4G yang telah dikomersilkan di dunia antara lain standar WiMax dan standar Long Term Evolution atau yang biasa di sebut LTE.

Di Indonesiai, 4G LTE telah diluncurkan sejak lama. Teknologi pertama kali diluncurkan oleh PT. Internux dengan merk dagang Bolt Super 4G LTE sejak pada November 2013 lalu. Walaupun umur peluncurannya sudah terbilang cukup lama, masih saja jaringan 4G masih sedikit sulit untuk didapatkan khususnya daerah-daerah yang jauh dari kota besar.

Hal ini pun membuat jaringan 4G di daerah itu menjadi tidak stabil. Sebenarnya, ada cara yang mudah untuk mengatasi jaringan 4G. Berikut ini adalah 2 cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat jaringan 4G menjadi stabil. Namun sebelum melakukan cara dibawah ini, silahkan pastikan terlebih dahulu bila smartphone dan kartu SIM sudah mendukung jaringan 4G. Apabila sudah, langsung saja simak dibawah ini.

1. Gunakan Mode Pesawat

Pasti Anda sempat berpikir apa hubungannya mode pesawat dengan jaringan 4G tersebut. Tetapi sebenarnya, mode airplane cukup ampuh di dalam membuat jaringan menjadi 4G. Caranya ialah, dengan Anda tinggal mengaktifkan mode pesawat. Setelah itu non-aktifkan kembali mode pesawat untuk me-refresh jaringan tersebut.

Disaat Anda mengaktifkan mode pesawat, secara otomatis semua jaringan yang ada pada ponsel Anda akan mati termasuk Bluetooth dan lainnya. Dan saat Anda matikan, ponsel Anda akan secara otomatis mencari jaringan baru.

Baca Juga:

  1. Cara Mudah Menghemat Data Internet
  2. Cara Mengatasi Sinyal Tiba Tiba Hilang Di Android
  3. Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Tanpa Rooting

Tidak stabilnya jaringan 4G dapat saja terjadi karena sistem pada smartphone tidak bekerja secara normal. Untuk itu, Anda bisa melakukan reboot pada smartphone untuk membuat sistem bekerja secara normal kembali.

2. Mode Setel Jaringan

Setiap ponsel tentunya mempunyai cara yang berbeda untuk masuk ke mode untuk menyetel jaringan ini. Bagi Anda pengguna Xiaomi, cara untuk masuk ke mode ini adalah dengan masuk ke aplikasi telepon, dan kemudian panggil nomor kode jaringan *#*#4636#*#*#.

Apabila sudah, Anda akan dialihkan ke mode tersebut. Pilihlah SIM yang Anda gunakan untuk internet, misal SIM 1. Setelah itu, cari opsi yang bertulis TD-SCDMA, GSM/WCDMA, 4LTE. Klik opsi tersebut dan ubah ke 4G LTE Only. Dengan begitu, maka jaringan ponsel kalian akan stabil pada jaringan 4G.

Jika setelah melakukan kedua cara tersebut dan jaringan 4G Anda masih buruk atau tidak stabil, mungkin penyebabnya adalah dari ponsel smartphone, kartu SIM, atau wilayah Anda yang belum mendukung jaringan 4G.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here