Home Android Cara Menghapus Adware Pada Ponsel Android

Cara Menghapus Adware Pada Ponsel Android

LIPUTANTEKNOLOGI.COM – Adware merupakan virus iklan yang sering muncul ketika smartphone sudah terinfeksi. Iklan ini pada biasanya banyak muncul dengan bentuk pop-up yang mengajak Anda untuk mengunduh aplikasi. Maka biar tidak mengganggu anda harus menghapus adware dari ponsel android anda

Pastinya sangat mengganggu bukan? Apalagi virus iklan ini sering mucul diandroid anda. Maka hal yang sangat wajib untuk menghapus virus iklan tersebut. Biasanya, adware ini menjelma sebagai aplikasi yang mungkin menurut kalian itu adalah aplikasi sistem. Untuk menghapusnya, ikutilah cara dibawah ini.

Cara Menghapus Adware pada Ponsel Android

Cara Menghapus Adware pada Ponsel Android

Pertama, buka ponsel android anda terus silahkan cari menu Setting lalu Security kemudian Device Administrator.
Setelah itu ponsel akan menampilkan aplikasi dengan administrasinya yang aktif. Jika Anda melihat ada aplikasi yang mencurigakan dengan akses administrasi yang aktif, maka segeralah untuk mematikannya.

Apabila sudah, carilah aplikasi mencurigakan tersebut di manajemen aplikasi ponsel, kemudian hapus aplikasi tersebut. Sebelum Anda menghapusnya, sangat disarankan untuk menghapus data dan cache pada aplikasi itu.

Demikianlah cara untuk menghilangkan adware pada ponsel Android. Namun apabila Anda mendapati virus iklan tersebut masih ada, maka besar kemungkinan adware tersebut menjelma menjadi aplikasi sistem yang tidak dapat terlacak di manajer aplikasi.

Untuk menghilangkannya, Anda harus masuk kedalam safe mode untuk mencari aplikasi adware yang mencurigakan itu, kemudian menghapusnya. Tenang ya sob, cara ini tidak memerlukan akses root.

Baca juga:

  1. Cara Ampuh Menemukan Ponsel Android Yang Hilang
  2. Tips Agar Smartphone Dapat Bertahan Lama dan Awet
  3. Cara Menghilangkan Iklan di HP Android Dengan Mudah
  4. Cara Menonaktifkan Antivirus Avira di Windows Dengan Mudah
  5. Cara Menonaktifkan Antivirus Avast di Windows Dengan Mudah
  6. Cara Menonaktifkan Antivirus McAfee di Windows 10 Dengan Mudah

Cara Menghapus Adware Melalui Safe Mode

Cara Menghapus Adware Melalui Safe Mode

Pertama, buka hp android anda kemudian masuk ke dalam safe mode, yang perlu diingat setiap ponsel android memiliki cara yang berbeda-beda untuk masuk ke safe mode. Ponsel saya yang saya gunakan ini menggunakan kombinasi tombol power dan volume untuk masuk ke safe mode. Dan silahkan saja anda cari cara untuk masuk safe mode pada ponsel Android.

Dalam safe mode, Anda tidak akan menemukan aplikasi yang terinstal di ponsel Anda. Hanya aplikasi sistem saja yang bisa ditemukan di safe mode. Adware kali ini, dapat saja menyamar sebagai aplikasi sistem. Dan silahkan cari aplikasi yang mencurigakan tersebut.

Jika sudah menemukannya, maka uninstall aplikasi tersebut di dalam safe mode. dan apabila sudah, segera restart ponsel. Dengan begini, maka sudah dapat dipastikan adware yang ada di ponsel Anda tidak akan ada lagi. Caranya ini cukup mudah bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here