Home Aplikasi 7 Aplikasi Penghemat Kuota Internet di Smartphone

7 Aplikasi Penghemat Kuota Internet di Smartphone

7 Aplikasi Penghemat Kuota Internet di Smartphone

LIPUTANTEKNOLOGI.COM – Di zaman digital sekarang ini, kuota data internet merupakan kebutuhan  yang diperlukan oleh masyarakat modern. Namun, permasalahan yang sering terjadi kuota internet sering habis begitu cepat. Namun Anda tidak perlu kawatir karena sekarang sudah ada aplikasi penghemat kuota internet.

Smartphone menyediakan beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk penghematan kuota dan aplikasi ini bisa dinduh secara gratis di Google Play Store. Berikut aplikasi penghemat kuota internet yang dapat diunduh di Play store.

# 1 My Data Manager

aplikasi penghemat data seluler

Aplikasi My Data Manager fungsinya adalah untuk melacak berapa banyak data yang digunakan sehingga dapat memantau penggunaannya secara bijaksana agar tidak kehabisan kuota internet secara tiba-tiba. Aplikssi ini akan menginformasikan kepada para penggunanya bahwa aplikasi yang paling banyak menggunakan data serta akan menghentikan aplikasi tersebut untuk menghemat penggunaan kuota.

Tidak hanya untuk memantau penggunaan data tetapi My Data Manager juga bisa memantau pemakaian data ketika terkoneksi dengan Wi-Fi.

# 2 Opera Max

aplikasi penghemat kuota 50%

Aplikasi Opera Max bisa mengompres semua data yang masuk baik melalui browser, atau aplikasi, maupun  game. Dengan kompresi data yang cukup tinggi, dapat membuat komunikasi data semakin ringan sehingga selain menghemat kuota internet, juga dapat mempercepat koneksi internet.

Opera Max akan melacak penggunaan data aplikasi dan juga memberikan saran mengenai bagaimana cara terbaik untuk mengurangi data terbuang, menghemat uang serta melindungi privasi.

Aplikasi Opera Max juga bisa digunakan untuk memblokir komunikasi data aplikasi tertentu, ini cukup efektif untuk mematikan iklan di smartphone terutama pada game-game gratis. Selain itu memiliki keamanan yang kuat, Opera Max akan meningkatkan konektivitas Wi-Fi untuk aplikasi saat sinyal lemah ataupun hotspot Wi-Fi yang penuh.

# 3 CM Data Manager

aplikasi pengatur data seluler

CM Data Manager adalah aplikasi handal yang membantu  mengelola data selular. Aplikasi ini memungkinkan untuk memeriksa penggunaan data dan juga kecepatan jaringan secara instan sepanjang waktu, serta memantau semua penggunaan data seluler di latar belakang dan latar depan.

Aplikasi ini bahkan dapat melindungi tagihan ponsel dengan memblokir aplikasi yang membuang-buang paket data jadi aplikasi ini merupakan salah satu cara menghemat kuota data internet.

# 4 DataEye

aplikasi penghemat data kuota internet

Aplikasi DataEye berfungsi untuk menghemat kuota serta baterai ponsel dengan membiarkan pengguna mengelola lalu lintas data selular secara mandiri.

Aplikasi ini akan memberikan saran untuk bisa menyimpan data dan mengatur kuota yang dinginkan. Pengguna bisa mengendalikan berdasarkan aplikasi per aplikasi.

Baca Juga:

  1. Cara Mengatasi Sinyal Android Yang Hilang
  2. Cara Membuka Ponsel Android Yang Terkunci
  3. Aplikasi Terakurat Untuk Melacak Smartphone

Sama dengan aplikasi-aplikasi yang lainnya, DataEye juga telah dilengkapi dengan track yang dapat memperlihatkan berapa banyak data yang sudah digunakan. Selain itu, pengguna juga bisa memblokir juga background yang tidak diinginkan.

Selain dengan mengelola data, aplikasi ini juga akan membantu Anda untuk mengatur kekuatan baterai.

# 5 Opera Mini

software penghemat data internet

Aplikasi browser yang satu ini bisa mengompresi data dan kecepatan internet. Dalam aplikasi ini, para pengguna hanya perlu memilih mode kompresi data “High” ataupun “Extreme”. Dengan kata lain, aktivitas browsing dengan menggunakan Opera Mini akan lebih terkontrol.

Opera Mini dapat menghemat penggunaan data dengan mengurangi kualitas gambar, text wrap, serta protokol, dan masih banyak lagi. Sama seperti Google Chrome, Anda dapat mendownload Opera Mini secara gratis di Google Play Store.

# 6 Yandex Browser

aplikasi penghemat kuota internet

Ini merupakan aplikasi browser yang intuitif dan dilengkapi dengan berbagai fitur keren lainnya. Yandex Browser telah menawarkan Turbo Mode, yang berfungsi untuk mengompres aktivitas disaat membuka halaman web untuk menghemat data serta memuat halaman secara lebih cepat.

Mode Turbo ini dapat diaktifkan atau dinon-aktifkan kapanpun  membutuhkannya. Aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk mengompres video di saat  streaming dengan menggunakan Yandex Browser.

# 7 Datally

aplikasi android penghemat data internet

Aplikasi ini adalah aplikasi resmi dari Google untuk menghemat konsumsi data smartphone. Melalui apalikasi Datally, pengguna dapat mendapat gambaran terkait penggunaan kuota internet per jam, hari, minggu ataupun bulanan, sekaligus menerima tips untuk menghemat kuota data.

Baca Juga:

Sederhananya, fitur ini bakal memblokir penggunaan data yang berjalan di background, sehingga akan membuat  kuota hanya akan berkurang saat pengguna membuka aplikasi. Kalau perlu, pengguna juga dapat menyetop akses internet seluler pada aplikasi-aplikasi tertentu.

Google menyebutkan, bahwa Datally berhasil menghemat sekitar 30% konsumsi data selama mengujinya di Filipina Datally saat ini sudah tersedia secara di Play Store secara global untuk ponsel yang menjalankan Android versi 5.0 ke atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here